Pemkab Bogor dan FISIB Unpak bersinergi melestarikan budaya lokal di Pamijahan - WisataHits
Jawa Barat

Pemkab Bogor dan FISIB Unpak bersinergi melestarikan budaya lokal di Pamijahan

Kabupaten Bogor (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggandeng Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya Universitas Pakuan (FISIB Unpak) untuk melestarikan budaya lokal di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Dekan FISIB Unpak Henny Suharyati di Bogor, Selasa mengatakan di Desa Ciasmara Kecamatan Pamijahan, pelestarian budaya telah dilakukan melalui pembangunan desa, rekayasa sosial, kearifan lokal dan pelestarian kearifan lokal.

“Sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi FISIB Unpak dan sebagai wujud komitmen kita mendukung pelestarian budaya dengan beberapa program penelitian yang didukung pemerintah,” kata Henny.

Menurutnya, melalui program ini, dosen dan mahasiswa melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar ilmunya tidak hanya disimpan dan didokumentasikan di perpustakaan.

Ia berharap desa wisata lain yang sedang dikembangkan dapat menyerap pemikiran, ide dan tindakan mahasiswa dan fakultas FISIB Unpak.

“Ini sebenarnya dilakukan oleh fakultas kami, kemudian mahasiswa kami juga mendapatkan PHP2D (Program Holistik Pembangunan dan Pemberdayaan Desa). Jadi pengembangannya berdasarkan sinergi dengan apa yang ada di fakultas dan di desa yang lebih tinggi ini,” ujarnya.

Henny mengatakan pihaknya juga memiliki cita-cita menjadi pusat kebudayaan dan pariwisata. Menurutnya, FISIB dapat berpartisipasi penuh di masyarakat melalui desa binaan khususnya desa wisata.

“Artinya semua ilmu yang diteliti bersinergi, bisa dikembangkan kemudian juga dibagikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat desa wisata juga akan berkembang, FISIB juga akan berkembang dengan baik,” jelas Henny.

Sementara itu, Kepala Desa Ciasmara Junaedi mengaku beruntung bisa bekerja di Universitas Pakuan. Menurutnya, membangun desa membutuhkan dukungan berbagai elemen.

“Saya sangat berterima kasih kepada Universitas Pakuan dan mahasiswa muda yang telah bekerja sama dengan Desa Ciasmara untuk melakukan KKN (Kerja Nyata) dan pengabdian masyarakat di Desa Ciasmara,” kata Junaedi.

Baca juga: Pimpinan DPRD Bogor Ajak Warga Utamakan Budaya Lokal di HUT ke-539
Baca Juga: Proyek Heritage City Bukan Ciri Kearifan Lokal

Source: megapolitan.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button