Pemkab Berau meniru perkembangan pariwisata di Banyuwangi - WisataHits
Jawa Timur

Pemkab Berau meniru perkembangan pariwisata di Banyuwangi

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB – Kabupaten Banyuwangi terletak di ujung timur Pulau Jawa dan kini berkembang dengan sektor pariwisatanya.

Tumbuhnya pariwisata di daerah yang tahun ini baru saja menginjak usia 251 tahun menjadi acuan bagi jajaran Pemkab Berau untuk mengumpulkan informasi dan berbagi pengalaman guna mengembangkan pariwisata secara berkelanjutan, khususnya wisata bahari.

Hal itu disampaikan kepada TribunKaltim.co pada Rabu 21 Desember 2022 oleh Bupati Sri Junarsih.

Saat itu Gugus Tugas Kabupaten Berau diketuai langsung oleh Pemkab Berau, Sri Juniarsih Mas, beserta beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah terkait di Pendopo Sabha Swagata, Bupati diterima Sekda Kabupaten Banyuwangi, Mujiono. Perwakilan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani didampingi sejumlah pimpinan OPD Pemkab Banyuwangi.

Baca juga: Bupati Sri Juniarsih Selidiki Dugaan Jual Beli Tanah oleh Pedagang di Pinggiran Berau

Bupati Sri Juniarsih Mas mengatakan kunjungan ke Banyuwangi ini untuk berbagi informasi dan pengalaman dalam pengembangan pariwisata.

Pasalnya, Banyuwangi mampu berkembang menjadi magnet wisatawan domestik maupun mancanegara hanya dalam beberapa tahun.

Tentunya hal ini tidak lepas dari peran pemerintah dalam bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat.

Kabupaten Berau memiliki potensi wisata yang besar dan kami datang ke Banyuwangi untuk belajar bagaimana mengoptimalkan sektor ini.

“Saya sudah meminta OPD mencatat detail apa yang harus dilakukan setelah kembali dari daerah ini,” katanya.

Baca Juga: Destinasi Wisata Berau Siap Dibuka, Wakil Bupati Agus: Boleh Kembali Normal Sesuai Protokol Kesehatan

Salah satu potensi Berau yang dikembangkan di Banyuwangi adalah budidaya karang hias.

Tentunya di Berau keanekaragaman karang juga berpotensi untuk dibudidayakan oleh masyarakat dan yang bernilai uang ekspor tentunya akan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami ingin melihat seperti apa peluang bisnis ini, dengan tetap melihat pariwisata yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Banyuwangi Mujiono menyampaikan terima kasih atas kunjungan Pemkab Berau yang dipimpin langsung oleh Bupati Sri Juniarsih.

Banyuwangi dan Berau disebut memiliki potensi yang sama. Sehingga kunjungan dan pertemuan antar kedua daerah dapat saling bertukar informasi dan pengalaman untuk pengembangan pariwisata di masing-masing daerah.

Menurutnya, Pemkab Banyuwangi terus menggairahkan pariwisata daerah dengan mempromosikan Banyuwangi Reborn, mengatasi pandemi, memulihkan ekonomi dan merajut kerukunan.

Membuat kemajuan yang menguntungkan bersama dengan melibatkan semua orang yang terlibat. Berbagai acara diselenggarakan di Banyuwangi, tidak hanya diselenggarakan oleh pemerintah tetapi juga difasilitasi oleh pihak swasta.

“Kita memiliki potensi pariwisata yang sama, dan kunjungan ini diharapkan dapat berbagi informasi untuk pembangunan bersama,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button