Pemkab Bekasi menggenjot perbaikan jalan di kawasan perbatasan Cibarusah - WisataHits
Jawa Barat

Pemkab Bekasi menggenjot perbaikan jalan di kawasan perbatasan Cibarusah

TEMPO.CO, cikarang – Pemerintah Kabupaten Bekasi melakukan perbaikan jalan di kawasan perbatasan untuk menunjang kegiatan ekonomi warga selama masa pemulihan dari pandemi Covid-19.

Bina Marga, Kepala Dinas Sumber Daya Air Kabupaten Bekasi, dan Dinas Pengembangan Konstruksi Iwan Ridwan mengatakan, perbaikan akses jalan tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi Pj Bupati Bekasi tentang percepatan pembangunan.

“Kami terus meningkatkan akses jalan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk di perbatasan,” kata Iwan Ridwan, Sabtu, 20 Agustus 2022 di Cikarang.

Salah satu jalan yang diperbaiki berada di Kecamatan Cibarusah, selatan Kabupaten Bekasi. Jalan tersebut merupakan pintu gerbang penghubung warga menuju Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang.

Perbaikan jalan di Cibarusah diharapkan dapat merevitalisasi sektor ekonomi masyarakat setempat, termasuk pariwisata, industri kreatif, dan industri. Ivan mengatakan wilayah selatan Kabupaten Bekasi banyak sekali Pekerjaan pariwisata mungkin.

“Pelaku UMKM di daerah juga sangat aktif karena juga menjadi jalur utama para pekerja menuju kawasan industri,” ujarnya.

Biaya perbaikan infrastruktur jalan ini akan ditanggung oleh anggaran pemerintah provinsi untuk Pembangunan Jalan Cikarang Cibarusah dan oleh pemerintah daerah. “Kami mengajak masyarakat agar jalan yang nanti diperbaiki perlu dijaga dan dirawat agar tidak cepat rusak dan bisa digunakan dalam waktu lama,” kata Ivan.

Camat Cibarusah Muhamad Kurnaepi mengatakan, ada beberapa perbaikan jalan di wilayahnya, yakni jalan perbatasan dari Desa Sirnajati hingga Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

“Pengaspalan jalan utama desa Cibarusah Kota hingga perbatasan kecamatan Jonggol dan Pangkalan, Kabupaten Karawang sudah selesai,” katanya.

Pemerintah juga melakukan betonisasi Jalan Cigutul di Desa Wibawamulya. Jalan tersebut rusak meski bisa menjadi jalan alternatif menuju Kabupaten Karawang dan Pusat Industri.

“Akses jalan paling strategis karena merupakan alternatif kawasan industri dan kompleks perkantoran Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Perbaikan jalan ramah lingkungan juga telah dilakukan di Desa Ridogalih serta jalan ramah lingkungan lainnya di Kecamatan Cibarusah. “Pembangunan jalan lingkungan ini sangat penting terutama di Desa Putat dan Ridogalih karena jalan ini mendukung kegiatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Targetkan Perbaikan Jalan di 31 Lokasi, Habiskan Anggaran Rp 400 Miliar

Source: metro.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button