Pemerintah memperkirakan pergerakan wisatawan akan mencapai 800 juta pada akhir tahun - WisataHits
Yogyakarta

Pemerintah memperkirakan pergerakan wisatawan akan mencapai 800 juta pada akhir tahun

Pemerintah memperkirakan pergerakan wisatawan nusantara dan mancanegara ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia mencapai 800 juta selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (Menparekraf) mengatakan pemerintah optimistis bisa mencapai 703 juta pergerakan wisatawan nusantara, sedangkan wisatawan mancanegara setidaknya mencapai 5,3 juta pergerakan.

“Mudah-mudahan pergerakan wisatawan ini melampaui 800 juta dan angka 800 juta itu berarti over the ceiling atau target optimistis 703 juta pergerakan wisatawan domestik,” ujarnya saat dikutip Senin (26/12/2022). Di antara.

Pemerintah optimistis target tersebut bisa tercapai karena penelusuran kegiatan pariwisata di Indonesia sudah menembus angka 2,8 miliar, melampaui Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

Sandiaga mengatakan perjalanan wisata selama liburan Nataru berjalan lancar dengan pergerakan 44-45 juta wisatawan selama ini.

Pekan depan pemerintah masih memantau pergerakan wisatawan selama libur Nataru.

Oleh karena itu, Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, menginstruksikan Menteri Perhubungan (Menhub) untuk menambah slot penerbangan guna mengakomodir pergerakan wisatawan yang diperkirakan meningkat sekitar pergantian tahun.

Sandiaga menjelaskan slot akan ditambah di sejumlah bandara besar, seperti Jakarta (CGK), Bali (DPS), Surabaya (SUB), Yogyakarta (YIA) dan Kualanamu (KNO), serta penambahan slot di destinasi wisata.

Sedangkan untuk tujuan wisata di Wakatobi, Morotai, dan penerbangan tambahan ke Danau Toba dan Likupang, Sulut,” kata Sandiaga.

Tiga daerah wisata dengan kunjungan wisatawan tertinggi adalah Bali, Yogyakarta, dan Bandung.

Turis asing terbanyak kini datang dari Australia, Singapura dan Malaysia (ant/rum/ipg).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button