Pemerintah Kabupaten Sleman mendapat nilai tertinggi dalam Pengawasan Eksternal Arsip - WisataHits
Yogyakarta

Pemerintah Kabupaten Sleman mendapat nilai tertinggi dalam Pengawasan Eksternal Arsip

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Pemerintah Kabupaten Sleman kembali meraih skor tertinggi dalam pengawasan eksternal arsip tingkat DIY yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPAD) Yogyakarta.

Bahkan, Kepala DPAD DIY Monika Nur Lastiyani menyampaikan laporan audit kepada Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo, Senin (21/11/2022) atas hasil pemantauan eksternal tersebut.

Pelaksanaan audit penilikan eksternal ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun oleh Tim Pengawasan Eksternal DPAD DIY dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Baca Juga : 20 Contoh Ucapan Selamat Pagi Bahasa Inggris Lengkap Dengan Terjemahannya

Kepala DPAD DIY Monika Nur Lastiyani mengatakan Pemkab Sleman mendapat nilai 95,83 dalam laporan audit eksternal hasil pengawasan arsip.

Ia mengatakan, skor yang diraih Pemkab Sleman pada tahun 2022 meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya dan merupakan skor tertinggi di tingkat DIY.

“Dari laporan audit eksternal, Pemkab Sleman memperoleh skor 95,83, meningkat sangat besar dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya dalam keterangan resmi Pemkab Sleman.

Monika menjelaskan, pada tahun 2022 akan ada perubahan pada asuhan yang diberikan. Pada tahun sebelumnya, 5 OPD terbaik dibina secara internal dan eksternal, sedangkan tahun ini hanya 2 OPD terbaik yang dibina. Menurutnya, ini merupakan tantangan bagi kabupaten/kota.

Indikator dalam pemantauan eksternal ini terkait dengan sumber daya manusia (SDM), infrastruktur dan empat pilar pengaturan kearsipan, yaitu Tata Naskah, Sistem Klasifikasi dan Jadwal Retensi Arsip (JRA).

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam kesempatan tersebut mengatakan, capaian yang diraih Pemkab Sleman tak lepas dari kerja keras banyak pihak, termasuk dukungan provinsi dan ANRI.

Baca Juga: Museum Gunung Merapi Ditutup, Pajak Pariwisata Sleman ‘Hilang’ Kemungkinan Setengah Miliar Rupiah

Lebih lanjut Kustini menegaskan, capaian ini menjadi motivasi bagi pemerintah Kabupaten Sleman untuk lebih meningkatkan kinerja kearsipan.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras. Berbagai inovasi terus kami upayakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” jelas Kustini. (Tidak)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button