Pemerintah Kabupaten Pasuruan bertujuan untuk membuat kabupaten koperasi - WisataHits
Jawa Timur

Pemerintah Kabupaten Pasuruan bertujuan untuk membuat kabupaten koperasi

Pasuruan (ANTARA) –

Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus bercita-cita menjadi kabupaten koperasi karena saat ini terdapat ribuan koperasi di kabupaten setempat.

Wakil Bupati Pasuruan Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) mengatakan dalam keterangan pers di Pasuruan, Jumat, jumlah koperasi di Kabupaten Pasuruan telah mencapai lebih dari 1.000 koperasi.

Mulai dari koperasi wanita (kopwan), koperasi pondok pesantren, koperasi pegawai, koperasi simpan pinjam, koperasi unit desa dan koperasi lainnya, ujarnya pada pembukaan Harkop Festival 2022 Memperingati Hari Koperasi Indonesia ke-75 di Wisata Pandaan Cheng Hoo. Daerah, Jumat. .

Dari jumlah tersebut, kata dia, jika dikembangkan lebih lanjut akan menjadi koperasi penunjang, sehingga akan muncul koperasi-koperasi baru yang didedikasikan untuk pengembangan usahanya lebih lanjut.

“Total ada sekitar 1.070 koperasi di Kabupaten Pasuruan. Jumlah itu bisa terus bertambah jika mereka berusaha keras untuk mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Untuk mencapai kawasan koperasi, Gus Mujib meminta peran serta semua pihak mulai dari koperasi dan jasa usaha mikro, dinas perindustrian dan perdagangan serta pihak-pihak lain yang telah berkontribusi terhadap kemajuan koperasi khususnya melalui pelibatan koperasi dalam semua sektor.

“Salah satunya festival koperasi seperti hari ini yang menjadi titik awal revitalisasi koperasi di Kabupaten Pasuruan. Semua harus bergerak, bersinergi dan bersinergi membangun koperasi agar cepat maju. Mangga-alpukat, perikanan, itu harapannya, semua sektor harus ada koperasi, insya Allah tercapai,” ujarnya.

Hanya saja, kata dia, banyak koperasi di Kabupaten Pasuruan yang terbengkalai bahkan bisa disebut suspensi karena dua tahun dilanda pandemi.

Oleh karena itu, Gus Mujib mendorong koperasi-koperasi yang tadinya “mengambang” agar bisa bangkit dan berkembang menjadi koperasi-koperasi besar.

“Untuk kandang yang naik turun, ayo berdiri. Tidak hanya Anda tetapi banyak orang lain yang juga terkena dampak COVID-19 dan mulai bangkit sekarang. Bismillah, kalau kita niat dan berdoa kepada Allah SWT, insya Allah akan berhasil,” ujarnya.

Ketua Dewan Koperasi Daerah Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Pasuruan, Sulistiyanto, mengaku bersedia mendukung pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam mewujudkan kabupaten koperasi.

Ia menegaskan, banyak koperasi yang terdampak pandemi COVID-19. Namun saat ini tidak sedikit koperasi yang bangkit, bahkan dalam mengelola koperasinya secara cerdas untuk memanfaatkannya secara digital. pemasaran.

“Digital pemasaran Semua produk banyak dikerjakan oleh koperasi di Kabupaten Pasuruan. Ini jelas merupakan tanda transformasi dunia koperasi di Kabupaten Pasuruan,” ujarnya.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button