Pemeriksaan kapal pesiar yang masuk wilayah RI, Bea Cukai melakukan zoeking kapal - WisataHits
Jawa Tengah

Pemeriksaan kapal pesiar yang masuk wilayah RI, Bea Cukai melakukan zoeking kapal

“Masa lalu Perjalanan dengan perahuBea dan Cukai dapat mencegah peluang yang mungkin muncul, seperti upaya penyelundupan oleh individu atau bahkan sindikat yang bekerja sama dengan awak kapal,” kicau akun Twitter @beacukaiRI, seperti dikutip pada Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga: Tarif CHT 2023 Naik, DJBC Harapkan Industri Rokok Tarik Pita Cukai

DJBC mengatakan pemeriksaan angkutan laut atau Perjalanan dengan perahu dilakukan oleh pejabat DJBC terhadap kapal yang memasuki wilayah Pabean atau wilayah kedaulatan Indonesia, baik kapal niaga maupun kapal wisata atau kapal pesiar, sebelum berlabuh di dermaga. Perjalanan dengan perahu dilakukan oleh unit vertikal DJBC yang memiliki wilayah kerja pelabuhan.

Misalnya, Bea Cukai Kupang menerapkannya Perjalanan dengan perahu terhadap kapal pesiar MV Regatta di pelabuhan Tenau, Kupang. Kapal pesiar berbendera Republik Kepulauan Marshall (Inggris) ini membawa 280 turis dan 386 awak kapal.

Selain pemeriksaan dokumen dan muatan kapal, petugas juga memberikan pelayanan pemeriksaan deklarasi kapal, Deklarasi pabeandan pemeriksaan fisik bagasi penumpang.

Baca juga: Wah! Libatkan 14 perusahaan, Bos Tekstil membuat faktur pajak fiktif

“Tentunya selama kunjungan kapal regatta MV di Kupang harus bisa memenuhi syarat-syarat izin masuk wilayah Indonesia,” cuit @beacukaikupang.

Di sisi lain, hal itu juga dilakukan oleh Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Perjalanan dengan perahu saat kapal pesiar MV Le Laperouse akan sandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Kapal pesiar berbendera Prancis itu mengangkut 127 turis asing dan 118 awak kapal dari Singapura.

Dengan kapal pesiar, wisatawan mengunjungi beberapa objek wisata di Jawa Tengah, termasuk Kepulauan Karimunjawa.

Baca Juga: Kemudahan Pembayaran Pita Cukai 90 Hari Disalurkan ke 123 Pelaku Usaha

Tidak hanya MV Le Laperouse, Pelabuhan Tanjung Emas juga melayani kedatangan 3 kapal pesiar lainnya pada bulan ini yakni MV Viking Orion, MS Regatta dan MV National Geographic Orion.

“Melalui Perjalanan dengan perahuBea Cukai #JagaIndonesiaKita melawan penyelundupan dan perdagangan ilegal serta memantau semua pergerakan barang, baik yang masuk maupun keluar Indonesia,” tulis @beacukaIRI. (sap)

Baca Juga: Terjerat Kasus Tindak Pidana Pajak, 2 Truk Milik Perusahaan Disita DJP

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button