Pemenang pandemi Sandiaga Uno minta kepala daerah perhatikan desa wisata dengan baik: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

Pemenang pandemi Sandiaga Uno minta kepala daerah perhatikan desa wisata dengan baik: Okezone Travel

Pemenang pandemi Sandiaga Uno minta kepala daerah perhatikan desa wisata dengan baik: Okezone Travel

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para kepala daerah untuk lebih memperhatikan pengembangan desa wisata karena terbukti efektif dalam mendorong revitalisasi ekonomi.

“Wisata desa merupakan program unggulan karena sudah terbukti Pemenang Pandemi. Di tengah situasi pandemi, jumlah kunjungan wisatawan meningkat signifikan,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta Diantara.

Menurut Sandi, dalam dua tahun terakhir, jumlah kunjungan wisatawan ke desa wisata meningkat 30 hingga 50 persen, terutama di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Pihaknya menyebut desa wisata Tinalah, Kabupaten Kulonprogo, DIY mengalami peningkatan jumlah wisatawan dari 3.300 wisatawan pada 2021 menjadi 6.000 wisatawan pada 2022.

Infografis desa wisata tradisional Indonesia

Kemudian, desa wisata Sembungan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah mengalami peningkatan jumlah wisatawan dari 105.000 wisatawan pada tahun 2021 menjadi 140.000 wisatawan pada tahun 2022.

Di Desa Wisata Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, jumlah wisatawan meningkat dari 92.000 wisatawan pada 2021 menjadi 99.000 wisatawan pada 2022, dengan pendapatan juga naik 100 persen dari sebelumnya.

Di Desa Wisata Tondok Bakaru, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, akan ada 11.000 wisatawan sepanjang tahun 2022, dengan puncaknya menjelang Natal dan Tahun Baru mencapai 10.000 wisatawan.

Ikuti Berita Okezone di Berita Google

Bahkan, lanjut Sandi, Presiden Jokowi secara khusus meminta daftar desa wisata, dengan tujuan agar dalam setiap kunjungan kerjanya Presiden menyempatkan diri untuk mengunjungi desa wisata atau desa bertema.

Karena itu, ia berharap desa wisata kita bisa mendorong pergerakan wisatawan domestik yang tahun ini diperkirakan mencapai 1,4 miliar pergerakan.

Meski dengan anggaran terbatas, Sandi mengajak para kepala daerah untuk bekerja sama dengan kementeriannya, baik dalam hal kegiatan pendukung maupun dalam hal pembinaan dan pendampingan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button