Pembukaan UKM Expo Jawa Tengah 2022 di Makassar langsung menghasilkan sejumlah deklarasi niat - WisataHits
Jawa Tengah

Pembukaan UKM Expo Jawa Tengah 2022 di Makassar langsung menghasilkan sejumlah deklarasi niat

Makassar – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah menggelar Pameran UKM Expo Jateng di Phinisi Point Mall Makassar, Sulawesi Selatan (Sulawesi Selatan) pada 21-23 Oktober 2022. Pameran dibuka oleh Ketua Dekranasda Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo, Jumat (21/10/2022).

Atikoh menjelaskan, Sulawesi Selatan dipilih sebagai lokasi expo tahun ini karena provinsi tersebut merupakan pintu gerbang Indonesia Timur seperti perdagangan, pendidikan dan lain-lain. Ikon dari pameran ini adalah Banyumasan.

“Ada 45 UMKM yang mengikuti pameran ini. Selain itu, ada business matching yang menghasilkan beberapa MOU, seperti bisnis kopi, tie-dye dan lainnya,” ujarnya.

Atikoh berharap kerjasama ini akan semakin mempererat tali silaturahmi antara Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah. Berbagai kegiatan menarik berlangsung di acara ini, antara lain talk show, festival seni budaya dan kuliner khas Banyumas, lomba foto, vlog dan reel.

Selain itu, tambahnya, acara di Makassar akan membuka peluang yang lebih baik bagi pasar UKM di Jawa Tengah dan menghasilkan nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan acara serupa di provinsi lain.

Atikoh mengungkap keberhasilan pameran di Samarinda, Kalimantan Timur, yang mencatat nilai transaksi Rp 683 juta, ritel Rp 418 juta dan repeat order Rp 264 juta. Ada juga kerjasama dalam bentuk pelatihan bagi UKM di bidang tenun.

“Pada 2019, di Palembang, Sumsel total transaksi Rp 800 juta, dengan volume retail Rp 715 juta dan pemesanan Rp 85 juta. Ada juga kerja sama reseller dan kerja sama paket wisata.”, lanjutnya.

Diakui, di masa pandemi Covid-19, pihaknya tidak pernah menggelar pameran iklan konvensional dalam dua tahun terakhir, yakni 2020 dan 2021. Yang mengadakan lebih banyak pameran secara virtual. Namun, hasilnya tetap menakjubkan.

“Pesanan Daster sangat meningkat. Mungkin jika acara Zoom bersifat virtual yang harus Anda lakukan adalah memberikan blazer dan selesai. Peluang untuk pangsa pasar luar negeri juga luar biasa. Dikatakan di sana bahwa jika itu tidak disebut gaun musim panas, itu adalah gaun rumah. Lebih keren,” ujarnya.

Atikoh berharap ada manfaat dari diadakannya pameran ini. Baik UKM dari Jawa Tengah maupun Sulawesi Selatan. Hadir dalam kesempatan tersebut Naoemi Octarina, Kepala Dekranasda Sulawesi Selatan, Ema Rachmawati, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah, dan Kepala Dekranasda dari sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina berharap kegiatan ini dapat mendukung para pelaku UMKM khususnya di Sulsel dalam perkembangannya. Salah satunya dengan bekerja sama dengan UKM di Jawa Tengah.

“Mudah-mudahan Sulsel juga bisa berekspansi ke Jawa Tengah,” kata Naoemi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Ema Rachmawati menjelaskan, Jateng UKM Expo 2022 digelar untuk mengembangkan jaringan pasar UMKM Jateng. Makassar dipilih karena merupakan kota terbesar keempat di Indonesia dan didukung oleh infrastruktur dan potensi daya beli masyarakat yang kuat.

Kegiatan tersebut melibatkan UKM unggulan di Jawa Tengah di bidang fashion, kerajinan tangan, home decor dan gastronomi. Ada juga keseruan lain yang dimuntahkan Banyumas Exotica. (Ak/Ul, Diskominfo Jawa Tengah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button