Pembukaan Muktamar Muhammadiyah di Solo diperkirakan akan dihadiri jutaan orang - WisataHits
Jawa Tengah

Pembukaan Muktamar Muhammadiyah di Solo diperkirakan akan dihadiri jutaan orang

semarang

Jutaan orang dari seluruh Indonesia diperkirakan akan menghadiri pembukaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Stadion Manahan, Solo. Peminat yang datang diharapkan tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah Tafsir selaku penanggung jawab mengatakan, kelompok yang berasal dari Jawa Tengah cukup banyak. Dikatakannya, salah satu pengurus cabang sudah menyiapkan 10 bus.

“Kemarin PC (branch manager) hanya menyiapkan 10 bus. Itu hanya satu, seperti sekitar 500 PC. Ini bisa mencapai lebih dari satu juta orang,” kata Tafsir di kantornya, Rabu (9/7/2022).

Sekretaris Panitia Konferensi Bambang Sukoco menambahkan, dasar penghitungan sudah mencapai jutaan orang.

“Angka jutaan atau diperkirakan 2-3 juta mengacu pada kehadiran jutaan warga dan simpatisan Muhammadiyah di kongres Yogja dan Makassar,” kata Bambang hari ini.

Bambang memperkirakan konvensi di Solo akan menjadi momen bagi warga sekitar dan pendukung Muhammadiyah untuk lebih bersemangat menyambut silaturahmi pascapandemi.

“Jutaan orang akan menghadiri klimaks pada saat pembukaan, setelah pembukaan, para pemandu sorak biasanya mengunjungi booth Expo Bazaar, Rihlah atau tur konvensi dan tetap berhubungan satu sama lain,” lanjutnya.

Ia juga memperkirakan ada simpatisan atau warga Muhammadiyah yang menghadiri kongres hanya satu hari dan kemudian melanjutkan perjalanan. Ada juga yang berpartisipasi penuh dalam Kongres dari awal hingga akhir.

“Bahkan ada rombongan dari Makassar yang sudah memastikan akan hadir mulai 17-21 November,”

Rangkaian Muktamar Muhammadiyah di Solo

Seperti diketahui, Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 akan digelar di Solo pada 18-20 November 2022. Grand opening rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 19 November 2022 di Stadion Manahan Solo.

Usai rangkaian acara pembukaan, Sidang Muhammadiyah akan dilaksanakan di Auditorium Universitas Muhammadiyah dan untuk Aisyiyah di GOR Universitas Muhammadiyah.

Ketua Panitia Muktamar Muhammadiyah ke-48 sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sofyan Anif mengatakan, koordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengamanan termasuk rekayasa lalu lintas sudah dilakukan.

“Kegiatan konvensi sebelumnya selalu melibatkan hingga jutaan pemandu sorak. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Khusus di solo, jumlah peserta plus pemandu sorak diperkirakan sekitar tiga juta orang,” kata Sofyan dalam keterangannya di situs resmi muhammadiyah.or.id.

Ia menghimbau kepada para pemandu sorak yang hadir untuk tidak membawa kendaraan sendiri, karena khawatir tidak akan cukup tempat parkir.

“Bila memungkinkan, pesaing dan pemandu sorak menggunakan bus. Bila ada jutaan orang, jumlah kendaraan bermotor otomatis bisa mencapai ribuan unit. Ini juga harus diperhatikan sebelum Kongres digelar,” jelasnya.

Tonton video Suasana Sholat Idul Fitri di halaman kantor PP Muhammadiyah Jakarta
[Gambas:Video 20detik]
(sip/saya)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button