Pembatasan Akses, Sandiaga Uno Siapkan Pola Wisata Borobudur Ke Karimunjawa - WisataHits
Jawa Tengah

Pembatasan Akses, Sandiaga Uno Siapkan Pola Wisata Borobudur Ke Karimunjawa

JEPARA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno mengunjungi Pesantren Raudlatul Mubtadiin di Balekambang, Mayong pada Selasa malam (26 Juli). Ia berkesempatan memberikan kuliah umum di Politeknik Balekambang. Di sana ia dikukuhkan oleh Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta, bahwa Jepara memiliki potensi global di Karimunjawa yang perlu dioptimalkan. Karena saat ini masih terdapat kendala akses. Sebagai tanggapan, Sandiaga berencana untuk mempersiapkan pola perjalanan untuk menghubungkan wisatawan Borobudur ke Karimunjawa.

Edy menjelaskan, selama ini akses menuju Karimunjawa hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kapal.

“Penerbangan dari Semarang dan Karimunjawa saat ini sedang dihentikan. Kami mohon izin menteri untuk memberikan bantuan,” kata Edy dalam kuliah umum tersebut.

Menanggapi hal itu, Sandiaga mengaku akan memberikan catatan untuk berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan maskapai yang akan melayani untuk menghidupkannya kembali.

“Kami membantu menyiapkan media iklan. Semi-LED bisa diusulkan sebagai media iklan,” katanya.

Selain itu, dia punya rencana besar. Siapkan ….. pola perjalanan atau pola perjalanan yang akan menyusun rencana perjalanan wisata. Dalam hal ini, Sandi berencana melibatkan otoritas Borobudur sebagai fungsi koordinasi. Diharapkan wisatawan dari destinasi prioritas Candi Borobudur juga dapat mengunjungi Karimunjawa sebagai satu kesatuan.

Di Pesantren Balekambang, Sandi juga berkesempatan menjajal mobil listrik yang dikembangkan oleh santri dari Balekambang. Dia duduk di sebelah kiri kemudi. Mobil itu dikemudikan di sekitar pondok pesantren. Ia tampak menikmati menjadi penumpang di dalam mobil yang memiliki kecepatan tertinggi 40 kilometer per jam itu.

Ditegaskannya, di era yang penuh tantangan saat ini, mahasiswa harus mau terus berinovasi. Dengan hadirnya kendaraan listrik yang dikembangkan santri Pondok Pesantren Balekambang, dia mengapresiasi. Sebaliknya, ia berharap kendaraan tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Oleh karena itu diharapkan juga dapat menjadi sarana penunjang transportasi wisata di sekitar pesantren.

“Elon Musk, hati-hati! Balekambang akan ditingkatkan mobil listrik yang saat ini masih prototipe. Suatu saat pasti akan bersaing dengan Tesla,” candanya usai menjajal mobil tersebut.

Dalam kuliah umum tersebut, Sandi mengajak mahasiswa untuk menjadi generasi yang inovatif, adaptable, dan kolaboratif dalam menghadapi ekonomi pasca-Covid-19. “Menghadapi era Industri 5.0 yang serba digital, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, berdaya saing dan kompeten. Saatnya mahasiswa memanfaatkan peluang menjadi pelaku industri pariwisata dan kreatif,” kata Sandiaga Uno. (Roma/Zen)

Reporter: Moh.Nur Syahri Muharrom

Source: radarkudus.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button