Pemandangan & Tengara di Wonosobo - WisataHits
wisatahits

Pemandangan & Tengara di Wonosobo

Pemandangan & Tengara di Wonosobo

Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki wilayah yang didominasi oleh perbukitan. Memang kawasan ini dikelilingi oleh beberapa gunung besar yaitu Gunung Sindoro, Sumbing dan Dataran Tinggi Dieng.

Wilayah Kabupaten Wonosobo berbatasan langsung dengan Kabupaten Temanggung dan Magelang di sebelah timur, Kabupaten Purworejo di sebelah selatan, Kabupaten Kebumen dan Banjarnegara di sebelah barat serta Kabupaten Batang dan Kendal di sebelah utara.

Berbicara tentang wisata di Kabupaten Wonosobo tidak lepas dari kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau.

Tempat wisata Dieng Wonosobo di Jawa Tengah sendiri sebenarnya terbagi menjadi dua kabupaten yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Pada kesempatan ini Wisatabagus.com akan meninjau kira-kira tempat wisata di wonosobo yang sangat keren. Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tempat wisata di Wonosobo berikut ini wajib dikunjungi

1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Wisata Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu wisata yang paling populer di Wonosobo.

Meski sebenarnya kawasan Dieng berada di antara wilayah Wonosobo dan Banjarnegara, namun banyak orang Indonesia yang percaya bahwa Dieng ada di Wonosobo.

Ada banyak tempat wisata alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi di kawasan ini.

Wisata di kawasan Dataran Tinggi Dieng antara lain :

  • Pemandian air panas
  • Kunjungan ke air terjun
  • Kuil
  • Kawah
  • Danau
  • Pegunungan yang menyuguhkan panorama alam yang menyegarkan mata

Jadi agar perjalanan Anda lebih nyaman dan tidak perlu pusing mencari alamat setiap tempat wisata di Dieng, Anda bisa melalui biro perjalanan dan wisata.

Untuk mengunjungi sirkuit di Dieng, Anda bisa melalui agen yang menawarkannya Paket Wisata Dieng yang akan membuat kunjungan Anda lebih nyaman.

Di kota wonosobo banyak sekali Agen perjalanan Dieng yang siap menjadi guide dan mengantarkan kunjungan anda ke Dieng.

Namun pastikan untuk memilih agen tour and travel yang terpercaya agar perjalanan Anda tidak menemui hambatan apapun. Nah, salah satu travel agent terpercaya dan hemat adalah Diengtrip.co.id.

2. Perkebunan Teh Tambi

Tempat Wisata Perkebunan Teh Tambi di Wonosobo

Mengingat kondisi geografis yang banyak terdapat perbukitan, maka daerah Wonosobo sangat cocok untuk budidaya teh. Salah satu tempat wisata di Kebun Teh Wonosobo adalah Kebun Teh Tambi.

Kebun teh ini terletak di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Tempat wisata Kebun Teh Wonosobo ini berada di jalan Wonosobo-Dieng, jadi bagi anda yang berencana ke Dieng bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi Kebun Teh Tambi terlebih dahulu.

Pemandangan alam yang disajikan di Kebun Teh Tambi ini berupa perkebunan teh yang hijau segar dan pemandangan pegunungan yang mengelilinginya.

Luas perkebunan teh Tambi sendiri sekitar 800 ha. Di tempat wisata kebun teh ini, pengunjung bisa beraktivitas teh dengan berjalan kaki di areal penanaman.

3. Danau Menjer

Tempat wisata Danau Menjer di Wonosobo

Tempat Wisata Telaga Menjer merupakan sebuah telaga yang terletak di Desa Menjer Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo yang merupakan salah satu tempat wisata alam di Wonosobo.

Tempat wisata tersebut adalah tempat wisata Telaga Menjer yang berjarak sekitar 12 km dari kota Wonosobo menuju dataran tinggi Dieng. Tempat wisata Telaga Menjer merupakan sebuah telaga yang terbentuk dari proses vulkanisasi dan berada pada ketinggian 1300 mdpl di lereng Gunung Pakuwaja.

Luas lokasi wisata Telaga Menjer sendiri mencapai 70 hektar dengan kedalaman mencapai 45 meter. Di sekitar tempat wisata Telaga Menjer terdapat perbukitan dengan hijaunya pohon pinus yang menambah keindahan Telaga Menjer Wonosobo.

4. Waduk Wadaslintang

Tempat Wisata Waduk Wadaslintang di Wonosobo

Obyek wisata Waduk Wadaslintang ini dibangun pada masa pemerintahan Orde Baru. Salah satunya berfungsi sebagai sarana irigasi di Wonosobo, Kebumen dan sekitarnya.

Tidak hanya digunakan sebagai sarana irigasi, Waduk Wadaslintang juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Saat liburan, banyak wisatawan domestik yang mengunjungi Waduk Wadaslintang, karena pemandangannya memang sangat indah.

Selain menikmati pemandangan, ada juga yang memanfaatkan waduk sebagai tempat memancing. Lokasi Waduk Wadaslintang sendiri berada di perbatasan Kebumen dan Wonosobo tepatnya di Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo.

5. Air Terjun Sikarim

Tempat Wisata Air Terjun Sikarim di Wonosobo

Tempat wisata air terjun sikarim bisa dibilang sebagai tempat wisata tersembunyi di kabupaten wonosobo. Untuk dapat mencapai lokasi tempat wisata Air Terjun Sikarim, pengunjung terlebih dahulu harus berjalan melewati semak belukar.

Namun sesampainya di sana, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang indah dengan latar bukit Sikunir. Tempat wisata air terjun ini memiliki ketinggian 4 meter.

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata menarik di Wonosobo yang ada di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Wonosobo, Jawa Tengah.

6. Curug Winong

Tempat Wisata Curug Winong di Wonosobo

Keindahan alam Kabupaten Wonosobo lainnya yang masih alami dan belum banyak terjamah manusia adalah tempat wisata Curug Winong. Memang nama air terjun ini masih kalah dikenal dibanding wisata di Dieng.

Namun, sebenarnya tempat wisata Curug Winong ini memiliki panorama yang tak kalah menarik. Tempat wisata Curug Winong merupakan sebuah air terjun di Kabupaten Wonosobo yang memiliki air yang jernih.

Airnya mengalir menuruni turunan curam berupa bebatuan hitam. Pemandangan air terjun ini sangat indah sehingga banyak pengunjung yang ingin berfoto di air terjun ini.

Lokasi tempat wisata Air Terjun Winong sendiri berada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

7. Pemandian Air Panas Kalianget

Tempat Wisata Pemandian Kalianget di Wonosobo

Tempat Wisata Air Panas Kalianget terletak di Jalan Raya Wonosobo – Dieng tepatnya di km 3, Desa Kalianget, Kabupaten Wonosobo.

Tempat wisata pemandian air Kalianget Wonosobo ini cukup mudah dikenali karena berada di jalur kunjungan dataran tinggi Dieng.

Kita tahu bahwa di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng banyak terjadi fenomena dari aktivitas vulkanisasi. Tempat Wisata Air Panas Kalianget merupakan salah satu kegiatan vulkanisasi tersebut yang juga dapat ditemui tidak jauh dari dataran tinggi Dieng.

Di Pemandian Air Panas Kalianget terdapat sumber air panas alami. Tempat Wisata Pemandian Air Panas Wonosobo berupa Pemandian Air Panas Kalianget mengandung belerang yang dipercaya mampu memuliakan berbagai jenis penyakit kulit.

Jika anda tertarik untuk datang ke tempat wisata ini, anda tidak perlu khawatir karena tempat ini sudah berkembang dengan baik, bahkan tempat parkirnya juga sangat luas.

8. Kolam Mangli

Tempat Wisata Kolam Mangli di Wonosobo

Berenang di mata air alami akan memberikan perasaan segar dan nyaman. Berbeda dengan berenang di kolam renang yang menggunakan air olahan, Anda tentu akan terganggu dengan bau kaporit yang tidak sedap.

Salah satu mata air alami tersebut bisa Anda temukan di Mangli Pool, Kabupaten Wonosobo. Bagi warga Wonosobo, Mangli Pool tentunya sudah tidak asing lagi karena lokasinya yang masih berada di Kota Wonosobo.

Kolam ini pada hari minggu dan hari libur banyak dikunjungi wisatawan yang sebagian besar masih berasal dari Wonosobo sendiri. Tempat wisata kolam renang Mangli sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

9. Lubang Sewu

Tempat Wisata Lubang Sewu di Wonosobo

Tempat wisata di Lobang Sewu Wonosobo saat ini sedang menjadi trend di masyarakat. Tempat wisata di Lubang Sewu ini menyuguhkan pemandangan seperti Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat.

Namun bedanya, di Wonosobo, tebing ini awalnya terbuat dari batu kapur. Batugamping ini terdapat di daerah Waduk Wadaslintang.

Gugusan tebing kapur ini membentuk lubang yang sangat banyak sehingga penduduk setempat menyebutnya Lobang Sewu. Karena keindahannya, banyak pengunjung yang akhirnya datang untuk melihat dan berfoto di kawasan Lobang Sewu Wonosobo.

Untuk lokasinya sendiri terdapat tempat wisata di Desa Erorejo Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo yang merupakan salah satu wisata Wonosobo terbaru.

10. Kolam Tirta Ria Tembelang

Kolam Renang Tirta Ria Tembelang Tempat Wisata di Wonosobo

Saat liburan tiba, jangan lupa ajak si kecil berenang di Kolam Tirta Ria Tembelang Wonosobo. Tempat wisata kolam renang Tirta Ria Tembelang ini letaknya tidak jauh dari kota Wonosobo.

Tempat wisata ini menawarkan kolam renang yang dilengkapi dengan berbagai permainan air. Pastinya akan sangat menyenangkan bagi anak-anak kita.

Lokasi Kolam Tirta Ria Tembelang berada di Jalan Kertek Wonosobo, Desa Tembelang, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Baca juga : Kawah Sikidang Banjarnegara

Nah itu beberapa tempat wisata di kabupaten wonosobo yang dapat dikunjungi.

Setelah berkunjung ke Kabupaten Wonosobo, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Wonosobo yaitu Mie Ongklok dan Sate Sapi. Mie ongklok rasanya enak, apalagi saat masih panas.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button