Pemandangan makam kakek Empu Supo, Guru Gandring, pencipta Puspa Naga dan Keris Ken Arok - WisataHits
Jawa Tengah

Pemandangan makam kakek Empu Supo, Guru Gandring, pencipta Puspa Naga dan Keris Ken Arok

Batu, koranmemo.com – Siapa yang tidak kenal dengan Empu Supo alias Mbah Patok yang makamnya berada di Kawasan Wisata Songgoriti, Desa Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Menurut cerita, makam Empu Supo alias Mbah Patok hanya terdiri dari dua batu nisan yang menyerupai pasak. Luas Punden Mbah Patok alias Empu Supo ini sekitar 72 meter persegi.

Menurut sejarah, Empu Supo alias Mbah Patok hidup sebelum tahun 888 M. Diyakini bahwa Empu Supo adalah orang yang membangun Candi Songgoriti.

Empu Supo alias Mbah Patok juga dikenal sebagai pembuat keris dengan kekuatan luar biasa. Menurut Supardi, Empu Supo adalah kakek dari guru Empu Gandring, pembuat puspa naga dan juga pembuat keris Ken Arok.

Baca Juga: Mahasiswa Lewati Jalan Santai, Jembatan Gantung di Probolinggo Runtuh, Puluhan Mahasiswa Terjun ke Kali

Salah satu peninggalan tersebut adalah pemandian air panas alami di kawasan Candi Songgoriti. Cerita lain menyebutkan bahwa Empu Supo alias Mbah Patok bisa membuat keris hanya dengan satu kaki.

Pusaka tersebut direndam dalam sumber air sebagai proses akhir pendinginan besi keris. Karena kekuatannya, celupan keris buatannya itu mendidihkan air yang terletak di tengah Candi Supo atau Candi Songgoriti. Juga, bau keris besi terkait dengan bau air panas di Candi Supo hingga hari ini.

Asal usul Empu Supo adalah pada zaman pertama Kerajaan Jawa Kuno hingga zaman Majapahit. Pekerjaannya di Kris menurun karena banyak etnis Tionghoa datang ke Jawa untuk berdagang.

Baca Juga: HUT ke-21, DPC Partai Demokrat Kota Batu Targetkan 5 Kursi DPR

Hingga saat ini lokasi makam Empu Supo alias Mbah Patok masih terjaga dengan baik dan terkadang banyak peziarah yang mengunjungi makam ini.

Source: www.koranmemo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button