Pemandangan desa wisata Demak Karangmlati yang mengubah ban bekas menjadi kursi - WisataHits
Jawa Tengah

Pemandangan desa wisata Demak Karangmlati yang mengubah ban bekas menjadi kursi

Demak, Jawa Tengahnews.id – Salah satu ekonomi kreatif di Desa Wisata Karangmlati (Deswita), Kabupaten Demak, Prefektur Demak adalah membuat kursi dari ban bekas.

Tidak hanya kursi, sisa ban karet juga diubah menjadi barang lain yang bisa digunakan dan bernilai ekonomis, seperti pot dan tempat sampah.

Baca juga: Badan Pariwisata Demak mempromosikan pengembangan desa wisata

“Masyarakat melihat bahwa karet adalah bahan yang tidak berharga, tetapi jika diolah dengan baik bisa memiliki nilai,” kata Yuharis Suhariman, pembuat kursi karet, baru-baru ini kepada Jatengnews.id.

Menurut penuturannya sendiri, sumber bahan baku untuk pembuatan mebel sendiri berasal dari sekitar Demak dan luar daerah, serta pemasaran.

“Penjualan akan menjangkau Jepara, Kudu, Semarang dan sekitarnya,” ujarnya.

Suhariman mencontohkan dari daerah Ambarawa, Semarang, di mana ada seorang kepala desa yang membeli pot karet untuk menyukseskan salah satu program desa.

Produk Ekonomi Kreatif Desa Wisata Karangmlati, Demak. (Foto: dok).

“Kami membeli sekitar 75 pot karet di sini. Jadi setiap rumah di sana mendapat pot, ”katanya.

Orang yang akrab disapa Haris itu juga mengatakan beberapa mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga telah membeli produk darinya untuk mendukung kegiatan KKN.

Sejauh ini, Haris telah mempekerjakan beberapa orang untuk membantu produksi. Meski bisnis yang digelutinya membutuhkan lebih banyak keterampilan, ia tidak segan-segan untuk membagikan ilmunya.

Baca juga: Dinpermasdes: Panitia Pilkades Desa Wonokerto, Demak Berencana Mundur

“Ada ibu-ibu PKK di sini, kadang minta belajar proses pembuatannya,” ujarnya.

Jika Anda tertarik dengan produk ban bekas karet, Anda bisa datang langsung ke Desa Wisata Karangmlati, Demak. (Iklan/Zaidi-02)

Source: www.jatengnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button