Peluncuran besar gedung 7 lantai Grha Padmanaba, seri Lustrum XVI Padmanaba • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Peluncuran besar gedung 7 lantai Grha Padmanaba, seri Lustrum XVI Padmanaba • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Jogjakarta genap berusia 80 tahun pada 19 September 2022. Lustrum Ke-16 sekolah yang dijuluki Padmanaba ini diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan siswa, alumni, dan guru.

Menariknya, pada 17 September 2022, Lustrum XVI Padmanaba juga diisi dengan peresmian/peresmian gedung Grha Padmanaba.

Peresmian akan dilakukan oleh Gubernur DIJ Sri Sultan Hamengku Buwono X dan akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Grha Padmanaba adalah bangunan tujuh lantai dengan biaya sekitar Rp. 17 miliar. Gedung ini dibangun sebagai persembahan alumni kepada almamater.

“Untuk menambah kebutuhan ruang, melestarikan bangunan bersejarah dan mendukung program belajar mandiri pemerintah,” kata Ketua Panitia Pembangunan Grha Padmanaba Triyanto.

Ketua Keluarga Alumni (KBA) Padmanaba Hendri Saparini mengatakan Lustrum kali ini diadakan, dihadiri oleh alumni dari semua angkatan.

“Kami berusaha menunjukkan bahwa alumni komunitas rukun tetap peduli terhadap sekolahnya dan masyarakat yang membutuhkan,” ujar ekonom senior dan pendiri Core Indonesia ini.

Ketua Lustrum XVI Padmanaba Zudan Arif Fakrulloh mengatakan sejumlah acara telah digelar. Selain itu, akan digelar hingga puncak acara Lustrum Padmanaba ke-16.

“Ulang tahun Padmanaba yang ke-80 jatuh pada 19 September 2022. Temanya: Melayani Tanpa henti, Berbagi Setiap Hari,” kata Direktur Jenderal Kependudukan dan Status Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Dalam Lustrum XVI ini, guru dan siswa juga terlibat dalam sejumlah kegiatan Lustrum. Tentunya mempererat tali silaturahmi antara alumni, guru, siswa dan almamater.

“Hal ini membuat Padmanaba menjadi lebih kompak dan kuat,” kata bos SMAN 3 Jogja Kusworo.

Pada 26 Juni 2022, dilaksanakan khitanan massal bagi 80 anak di Bantul. Dilanjutkan pada 23 Juli 2022 dimana 80 guru dan staf dari Padmanaba berbagi kegembiraan pariwisata. Pada tanggal 15 Agustus 2022 akan diadakan pemeriksaan mata gratis untuk 80 anak.

Rangkaian acara sharing lainnya antara lain: Berbagi pengalaman sukses dalam 8 cara berbeda pada 26 Agustus 2022, Berbagi air bersih dengan membangun sumur di Kulonprogo pada 31 Agustus 2022, Seminar Psikologi persiapan ujian masuk PTN pada 10 September 2022) , Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Grha Sehat Padmanaba dari tanggal 10-17 September 2022. Di Padmanaba juga terdapat 21 kegiatan kelas yang menyalurkan sembako kepada 21 panti asuhan.

Acara tersebut akan berlangsung serentak pada 17 September 2022. Diawali dengan Bike to Share, Bersepeda sambil berbagi, Operasi Katarak Gratis untuk 80 pasien, Lomba Interclass yang diikuti mahasiswa Padmanaba, Padmanaba Golf, Inisiasi Grha Padmanaba, Duel Antar Angkatan Part II dan UMKM Padzar.

18 September 2022 akan Padmanaba Run, Padmataya flash mob “Ini Padmanaba”, Musyawarah Nasional dan Pemilihan Ketua KBA Padmanaba, Tasyakuran dan Upacara Bendera pada 19 September 2022.

Kegiatan Grha Sehat Padmanaba merupakan kerjasama alumni di bidang kedokteran dan kesehatan. Membantu seluruh keluarga Padmanaba dan masyarakat Jogjakarta yang membutuhkan bantuan medis.

Pada tanggal 10 September 2022 diadakan screening operasi katarak gratis oleh tim alumni Padmanaba untuk masyarakat umum. Bekerja sama dengan tim dokter mata, dr. RS Sardjito Jogjakarta. Pemutaran film di lantai dasar Grha Padmanaba.

Donor darah akan dilaksanakan pada tanggal 11 September 2022 untuk masyarakat umum dan para pendonor darah. Bekerjasama dengan PMI Yogyakarta. Acara dimulai pukul 09.00 WIB di lantai dasar Grha Padmanaba

Konsultasi kesehatan dan fisioterapi gratis dari tanggal 12 hingga 16 September 2022. Merupakan kerjasama dari empat dokter umum, 10 spesialis dan lembaga fisioterapi yang siap membantu sesuai jadwal yang telah ditentukan. Konsultasi kesehatan di lantai dasar Grha Padmanaba. Secara khusus, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa datang langsung dengan membawa KTP.

Dalam Lustrum ini juga dibuka Layanan E-KTP dan Digitalisasi KTP di Aula SMAN 3 Jogjakarta untuk keluarga besar Padmanaba dan masyarakat. Sedangkan pembagian air bersih dilakukan karena warga Jetis, Desa Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kulonprogo sangat membutuhkannya. Terutama sumber air bersih. (*/iwa/dwi)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button