Pelindo sambut kunjungan kapal pesiar perdana di masa pandemi - WisataHits
Jawa Timur

Pelindo sambut kunjungan kapal pesiar perdana di masa pandemi

SURABAYA (ANTARA) – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) siap menyambut kedatangan kapal pesiar Laperouse asal Australia yang merupakan kunjungan pertama di masa pandemi COVID-19.

“Ini merupakan kunjungan kapal pesiar pertama ke Indonesia di masa pandemi,” kata Ardhy Wahyu Basuki, Kepala Daerah 3 Pelindo, di Surabaya, Sabtu.

Kapal pesiar sepanjang 131 meter itu membawa sekitar 70 turis asing dan dijadwalkan sandar di Pelabuhan Kalabahi, Nusa Tenggara Timur, pada 16 September 2022.

Kemudian melanjutkan perjalanan ke sederet pelabuhan dan kota di Indonesia yang salah satunya akan singgah di Pelabuhan Benoa, Bali pada 19 September 2022.

Untuk itu, kata dia, Pelindo melakukan percepatan pembangunan Pusat Wisata Bahari Bali (BMTH), termasuk penyiapan dan koordinasi dengan berbagai pihak dalam penyiapan infrastruktur operasional pedoman protokol kesehatan bagi wisatawan asing.

“Ini adalah dinamika yang sangat dinanti-nantikan setelah hampir dua tahun tanpa kunjungan kapal. Selain mempercepat pengembangan BMTH sebagai pusat pariwisata jalur laut Indonesia, bersama dengan pengambil kebijakan seperti Otoritas Pelabuhan, Departemen Kesehatan Pelabuhan dan agen lokal, kami sedang mempersiapkan lebih dan lebih khusus untuk kunjungan serupa di masa depan, “katanya.

Ardhy menambahkan Pelindo menerima sedikitnya 39 kunjungan pada 2022, sedangkan kapal pesiar terjadwal sebanyak 125 kunjungan pada 2023.

“Ini perlu dipersiapkan dengan baik agar berdampak pada perekonomian pariwisata di Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan PT Djakarta Lloyd I Nyoman Sudama selaku agen lokal untuk jalur pelayaran Bali menyambut baik rencana kunjungan tersebut sehingga menjadi titik balik kebangkitan pariwisata internasional di Tanah Air, khususnya di Bali.

“Ini adalah sesuatu yang sangat dinanti selama pandemi selama sekitar dua tahun. Semoga bisa menjadi kebangkitan ekonomi pariwisata Indonesia,” ujarnya.

Di sisi lain, kedatangan kapal pesiar tentu saja membuat para pelaku UMKM bersemangat dan menyampaikan kegembiraannya menyambut wisatawan asing di masa pandemi.

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button