Pelatihan Bahasa Arab Kelompok Sadar Wisata Masyarakat Desa Cisaat - WisataHits
Jawa Barat

Pelatihan Bahasa Arab Kelompok Sadar Wisata Masyarakat Desa Cisaat

RADARBANDUNG.id, SUBANG – Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta mengadakan kegiatan pelatihan bahasa Arab bekerjasama dengan Pemerintah Desa Cisaat Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Cisaat pada 17-19 Juli 2022 ini bertema “Meningkatkan Kesadaran Wisata Masyarakat Melalui Pelatihan Bahasa Arab Untuk Pemajuan Desa Cisaat, Subang, Jawa Barat”.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Cisaat, Subang.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan dengan sambutan Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta oleh Bapak Andri Ilham, SS, MA.Hum.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Pak Suryana selaku kepala desa Cisaat. Dalam sambutannya Bapak Suryana menyambut baik kegiatan pelatihan bahasa arab tersebut.

Menurutnya, kegiatan pelatihan seperti ini penting dilakukan karena Desa Cisaat sebagai desa wisata sering dikunjungi wisatawan mancanegara dari mancanegara. Salah satunya adalah wisatawan dari negara-negara Arab. Oleh karena itu, pelatihan ini diharapkan dapat membawa manfaat dalam upaya penguatan kapasitas Pokdarwis sebagai pelaku pariwisata di desa Cisaat.

Usai acara pembukaan, dilakukan kegiatan pelatihan dengan penyampaian materi oleh Bpk. Andri Ilham, SS, MA.Hum. tentang bahasa Arab dasar dalam kaitannya dengan perkenalan, dialog dan kosa kata bahasa Arab yang berkaitan dengan pariwisata.

Materi ini diberikan agar Pokdarwis dapat mengenal dan memahami bahasa Arab dasar yang dapat diterapkan saat wisatawan Arab berkunjung ke Desa Cisaat.

Pada sesi ini, peserta juga berkesempatan untuk mempraktekkan bahasa Arab yang diajarkan, baik dengan memperkenalkan diri maupun bercakap-cakap dengan peserta lain dalam bahasa Arab. Kegiatan hands on ini difasilitasi langsung dan dibantu oleh empat mahasiswa yang tergabung dalam Tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi materi yang belum dipahami oleh peserta. Para peserta menunjukkan antusiasme dengan banyak pertanyaan. Secara umum, para peserta menyambut positif kegiatan ini dan berharap pelatihan semacam ini dapat dilanjutkan secara berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang bahasa Arab. (sesuai)

Source: www.radarbandung.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button