Pelari dari seluruh dunia ikut serta dalam Half Marathon Dataran Tinggi 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Pelari dari seluruh dunia ikut serta dalam Half Marathon Dataran Tinggi 2022

JAKARTA (ANTARA) – Race Director Idea Run Safrita Aryana mengatakan para pelari dari berbagai negara akan memeriahkan Highlands Half Marathon (HHM) pada 27 November di kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Sebulan sebelumnya acara Selama acara tersebut, banyak peserta dari luar negeri yang mendaftar, antara lain Amerika Serikat, Jepang, India, Kanada, Madagaskar, dan Belanda.

“Pendaftaran masih dibuka. Kami menargetkan 3.500 pelari untuk mengikuti Half Marathon Highlands 2022,” kata Safrita dalam konferensi di Hutan Kota by Plataran, kawasan GBK, Jakarta, Jumat.

Baca Juga: Atlet Sponsor BIN Odekta Naibaho Targetkan Dua Ajang Besar Tahun Depan

Setelah edisi pertama di tahun 2019, acara ini memiliki daya tarik tersendiri. Karena selain berlari, para peserta juga menikmati pemandangan alam yang indah dan iklim yang relatif sejuk di ketinggian sekitar 200-500 meter di atas permukaan laut.

Seperti sebelumnya, tahun ini lokasi pusat lomba tetap di Jalan Siliwangi dan lokasi desa lomba di kawasan Taman Budaya, Sentul City.

Kompetisi lari memiliki sejumlah fitur khusus lainnya selain rute lari berbukit.

Baca Juga: Borobudur Marathon 2022 Menawarkan Lintasan yang Menantang

Kelas yang dilombakan terbagi menjadi Kelas Terbuka (di bawah 40 tahun), Kelas Master untuk kelompok usia 41-50 dan kelas 51 ke atas.

“Dengan demikian, diharapkan kegiatan ini dapat mewadahi para juara lari dengan filter usia yang lebih bersahabat,” ujar konsultan HHM Jimmy Tjahjanto.

Para peserta bertanding dalam tiga kategori, yaitu jarak 21 km/half marathon (HM), 10 km dan 5 km. Keuntungan lainnya adalah cut off time (COT) yang relatif longgar. Sebagai gambaran, untuk kategori jarak HM, COT atau batas maksimal pelari mencapai garis finis adalah empat jam.

“Hal ini dilakukan agar pelari dapat menikmati rute dan merespon situasi akibat pandemi yang dapat mengakibatkan pelari tidak berlatih seintens biasanya,” tambahnya.

Hal ini memungkinkan pelari untuk mencapai garis finish dengan nyaman dan menerima medali finisher masing-masing dalam acara ini, yang memperebutkan total hadiah Rs 200 juta.

Baca Juga: Ockben Sinaga Wakili Indonesia di Philippine Masters Running Championship

Seperti di tahun 2019, pihak penyelenggara tidak hanya menghadirkan lomba lari tetapi juga berbagai hiburan.

“Kami menyiapkan menyampaikan pesan pemain keren”, Direktur Komersial Sentul Highlands Golf Club yang juga Ketua Panitia HHM, Aida Ristany.

Pelari juga dapat menikmati berbagai hiburan di atas panggung sambil menikmati pilihan makanan dan minuman yang disediakan secara gratis.

“Kami juga akan menyajikan durian kepada para pelari. Alur distribusi makanan dan minuman juga sudah diatur dengan baik untuk memastikan pelari mendapat bagian, termasuk finisher yang datang belakangan,” tambah Aida.

Intinya, manajemen Sentul City Group mendedikasikan kompetisi dengan konsep “Move the City” untuk memuaskan para peserta.

“Agar energi positif dapat diperoleh melalui kegiatan ini, yang akan berkontribusi pada semangat produktivitas dan positivisme setelah hampir tiga tahun situasi tidak menentu akibat pandemi,” tegas Aida.

Baca Juga: PB PASI Berharap Wajah Baru Muncul di Podium Borobudur Marathon 2022

Di sisi lain, acara ini juga dimaksudkan sebagai kontribusi untuk tujuan yang lebih luas, termasuk menjadi bagian dari destinasi wisata wisata olahraga atau wisata olahraga di Jawa Barat.

Kehadiran 3.500 pelari yang sebagian datang bersama keluarga atau rombongan akan berdampak pada pergerakan ekonomi masyarakat setempat.

Oleh karena itu, kompetisi ini bertujuan untuk menjadi kegiatan yang akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang dan menjadi destinasi bergengsi bagi para penggemar lari untuk dapat berlari sekaligus berwisata di Kabupaten Bogor.

“Ini salah satu bentuk dukungan yang bisa kami persembahkan melalui HHM Kabupaten Bogor ini antara lain,” kata Aida.

Baca juga: Wirausaha Atlet Pensiun

Reporter: Muhammad Ramdan
Penerbit: Aditya Eko Sigit Wicaksono
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button