Pelaku UMKM didorong untuk menggunakan pemasaran digital - WisataHits
Jawa Tengah

Pelaku UMKM didorong untuk menggunakan pemasaran digital

bernasnews.com Pandemi Covid-19 berdampak pada sejumlah industri. Salah satu yang terkena dampaknya adalah ekonomi. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mendorong perekonomian. Salah satunya adalah Pujafest 2022 (Prambanan UMKM Java Festival).

Kemenparekraf, Direktur Pemasaran Industri Kreatif, Yoana Rohma Astuti, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada UMKM untuk merevitalisasi perekonomian.

“Kemenparekraf selalu mendorong kegiatan tersebut agar para pelaku di industri kreatif, termasuk gastronomi, kerajinan dan fashion, benar-benar dapat meningkatkan penjualannya,” kata Yoana, Kamis (4/8/2022).

Yoana juga menyampaikan bahwa UMKM memberikan kontribusi yang cukup tinggi bagi perekonomian Indonesia di masa pandemi Covid-19.

“Seperti yang kita ketahui, UMKM paling tangguh di saat krisis. Semangat postingannya sampai 61%,” jelas Yoana.

Selain itu, Yoana berharap nantinya bisa menambah opini lagi dengan adanya kegiatan di tempat-tempat wisata.

“Saya berharap acara ini bisa dihadiri oleh masyarakat umum, kehadirannya sangat banyak, stand-stand di sini cukup banyak mendapat perhatian, atau transaksinya menjadi besar,” harap Yoana.

Selain itu, Yoana juga menjelaskan bahwa peran periklanan dengan digital marketing bagi pelaku UMKM juga dibutuhkan secara bertahap.

“Mungkin kedepannya kita bisa berkontribusi untuk promosi dengan digital marketing. Karena digital marketing adalah sarana yang paling efektif saat ini,” lanjut Yoana.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan, kegiatan seperti ini bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk unggulannya kepada masyarakat luas.

“Pelaksanaan UMKM Prambanan oleh Java Festival harus diapresiasi. Karena bisa menjadi platform pendukung bagi UKM di industri kreatif,” kata Singgih.

Yoana Rohma Astuti, Direktur Pemasaran Industri Kreatif Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, bersama Manajer Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo dan para tamu undangan Pujafest 2022. Foto: Eva.

Kemudian ketua panitia Taufan Ahmad mengatakan kegiatan festival puja merupakan agenda tahunan yang diadakan di Candi Prambanan.

“Kegiatan tahunan yang dilakukan di Candi Prambanan ini merupakan wadah jual beli dan wadah yang efektif untuk membantu teman-teman UMKM di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY,” ujar Taufan.

Sebagai informasi: 78 UKM dari Yogyakarta dan Jawa Tengah mengikuti kegiatan Festival Puja ini. (Malam)

Source: bernasnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button