Pelajari tentang pro dan kontra dari panel surya - WisataHits
Jawa Barat

Pelajari tentang pro dan kontra dari panel surya

TEMPO.CO, jakarta – Saat ini energi surya atau solar melalui panel surya semakin banyak digunakan sebagai pembangkit listrik. Hal ini terkait dengan upaya pemerintah untuk menggalakkan energi baru dan terbarukan.

Oleh karena itu, saat ini banyak perusahaan yang menawarkan teknologi dan jasa untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan panel surya.

Namun, sebelum menggunakan panel surya, tahukah Anda kelebihan dan kekurangan panel surya?

halaman peluncuran Bijak EnergiBerikut kelebihan dan kekurangan panel surya.

Manfaat panel surya

1. Sumber energi terbarukan

Energi surya merupakan sumber energi terbarukan dan ini penting karena sejalan dengan upaya pemerintah untuk menerapkan energi baru dan terbarukan (EBT). Energi matahari tidak akan habis seperti sumber energi lainnya karena matahari dapat digunakan setiap hari dan tersedia di seluruh dunia.

2. Kurangi tagihan listrik

Memasang panel surya diyakini dapat mengurangi tagihan listrik. Namun, penghematan dalam tagihan sangat tergantung pada ukuran panel surya dan konsumsi daya. Selain itu, saat menggunakan panel surya, kelebihan energi yang Anda miliki dapat diarahkan ke jaringan yang terhubung dalam satu area.

3. Dapat digunakan untuk berbagai tujuan

Panel surya dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, energi matahari dapat diterapkan ke area yang tidak memiliki akses ke jaringan listrik.

Baca juga: Memories Coffee menyajikan kopi bertenaga surya

Kekurangan panel surya

1. Biaya

Biaya awal pemasangan panel surya cukup tinggi karena Anda perlu membeli berbagai peralatan seperti inverter, baterai, dan kabel. Selain itu, jasa pemasangan panel surya juga memiliki harga yang cukup mahal.

2. Tergantung cuaca

Panel surya sangat bergantung pada sinar matahari, sehingga pada cuaca mendung atau hujan sepanjang hari, panel surya tidak dapat digunakan secara optimal.

3. Polusi

Meskipun energi matahari menyebabkan polusi lebih sedikit, energi matahari masih menyebabkan polusi. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa material pada panel surya yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, salah satunya pada pembuatan sistem fotovoltaik surya.

EIBEN HEIZIER
Baca juga: BNI Bantu Kalbe Farma Turunkan Karbon 2.104 Ton Per Tahun

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan di saluran Pembaruan Tempo.co Telegram. Klik disini untuk bergabung.

Source: tekno.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button