Pekan Kajian Budaya Baralek Gadang 2022 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tanah Datar - WisataHits
Jawa Tengah

Pekan Kajian Budaya Baralek Gadang 2022 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tanah Datar

Infosumbar.net – Pekan Tinjauan Budaya (PBG) Baralek Gadang 2022 resmi dibuka pada Kamis sore (18 Agustus) oleh Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian.

Richi memberi lampu hijau, tahun depan PBG akan dimasukkan sebagai program unggulan Kabupaten Tanah Datar yaitu Event Satu Nagari Satu.

Pembukaan PBG 2022 dihadiri oleh tokoh adat, tokoh masyarakat, intelektual, unsur Nagari dan generasi muda Paninjauan yang memimpin kegiatan tersebut.

Turut hadir Kepala Parpora Tanah Datar, Hendri Agung Indrianto, dan Kepala Koperindag, Hendra Setiawan untuk mendampingi Richi Aprian. Juga dipamerkan Camat X Kota dan elemen Forkopimcam X Koto dan seluruh Walinagari di Kecamatan X Koto.

Di panggung utama Rumah Gadang Nagari, Jorong Balai Satu, Richi Aprian dan para tamu undangan disuguhi jamuan Bajamba sebelum acara pembukaan di Rumah Gadang.

IKLAN

Dalam sambutannya, Richi memberikan penghormatan kepada Nagari Paninjauan yang mampu menyelenggarakan acara yang penuh nuansa dan nilai. Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi kalender tahunan Nagari.

Bahkan ia secara terbuka menyatakan bahwa Kajian Barelek Gadang ini bisa masuk dalam program unggulan Pemkab, One Nagari One Event, untuk tahun 2023. Untuk Kecamatan X Koto, hanya satu Nagari yang berkesempatan mengikuti program acara Satu Nagari Satu yaitu Desa Pandai Sikek yang mengangkat tema Festival Pandai Sikek.

Richi juga menyebut Paninjauan sebagai Nagari yang kaya akan potensi. Selain potensi wisata alam yang indah dan padatnya seni budaya Minangkabau, juga memiliki keunggulan di sektor lain seperti pertanian dan pendidikan.

Pembukaan PBG ditandai dengan pemukulan genderang oleh Richi, yang didampingi pejabat lainnya.

Sebelum pembukaan resmi, PBG pagi ini diawali dengan parade alegoris yang diikuti oleh sekitar 2000 peserta. Peserta pawai bertajuk “Arak Iriang” diawali dengan drum band TPA dari tujuh masjid, sekolah, komunitas, Bundo Kanduang, PKK dan lain-lain.

“Alhamdulillah parade kita semarak dan peserta yang 100 persen anak Nagari kita juga sangat antusias,” kata Firdaus, ketua Harian Panpel.

Meski pawai serupa juga digelar di Kota Padang Panjang dalam waktu bersamaan, warga Paninjauan memilih mengikuti pawai di desanya sendiri.

“Biasanya setiap parade 17 Agustus, warga pergi ke Padang Panjang. Tapi sekarang mereka ada di sini, tidak hanya sebagai penonton tetapi juga sebagai bagian dari peserta parade.”

“Setidaknya salah satu tujuan kami dalam menjalankan acara seperti ini adalah agar masyarakat tetap terhibur dan senang serta bahagia,” lanjut Firdaus.

Pada hari pertama, PBG 2022 akan diakhiri dengan kegiatan Tabligh Akbar yang akan berlangsung di Masjid Al Wustha bersama Ketua BKMT Tanah Datar, Ustadz Drs. H. Maswardi.

Berikut Agenda Reviu Baralek Gadang 2022

Kamis (18/8)
08.00 – 12.30 WIB: Parade alegoris
13.00 – 14.30 WIB : Makan Bajamba
15.00 – 17.00 WIB : Pembukaan (oleh Wakil Bupati Tanah Datar)
19.00 – Selesai: Tablight Akbar

Jumat (19/8):
14.00 – 18.00 WIB : Kuliner (Lomba Masak Cangkuak)
16:00 – 18:00 WIB: Panjat Pinang
19.00 – Selesai: Pertunjukan Seni (Randai)

Sabtu (20/8)
08.00 – 12.00 WIB : Lomba Melukis dan Lagu Solo
14.00 – 18.00 WIB : Pertandingan sepak bola Badunsanak
10.00 – Selesai: Song Kim (Penutup)

Source: infosumbar.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button