Patung Nyi Roro Kidul Menjadi Salah Satu Ikon di Wonogiri - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Patung Nyi Roro Kidul Menjadi Salah Satu Ikon di Wonogiri – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi Kabupaten Wonogiri. Patung di kawasan Krisak, Singodutan, Selogiri, Wonogiri ini dianggap sebagai salah satu ikon Wonogiri. Foto diambil pada Jumat (21/1/2020). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRI — Patung Nyi Roro Kidul Wonogiri terletak di jalan raya Krisak, Singodutan, Selogiri. Hingga kini, keberadaan patung tersebut menjadi ikon di kabupaten yang dilanda gempa tersebut.

Solopos.com tidak pernah menyelidiki keberadaan patung itu. Mayoritas warga memberi nama patung Nyi Roro Kidul Wonogiri karena patung tersebut menggambarkan sosok perempuan yang sedang menaiki kereta emas yang ditarik oleh empat ekor kuda. Keberadaan arca tersebut dibangun pada saat pemerintahan Wonogiri dipimpin oleh Begug Purnomosidi.

Iklan Nimo Highland, wisata hits Bandung mirip Santorini, Yunani

Kepala Desa (Kades) Singodutan, Selogiri, Karsanto saat bertemu Solopos.comJumat (21/8/2020) mengaku belum mengetahui nama resmi patung Nyi Roro Kidul Wonogiri tersebut.

Sejauh yang dia ingat, tidak ada yang memberikan nama resminya sejak awal. Selain misteri namanya, patung tersebut menurut Karsanto menjadi salah satu ikon Wonogiri.

“Seingat saya, dibangun pada masa pemerintahan Bupati Pak Begug . [Begug Purnomosidi]. Jika saya tidak salah, periode kedua [Begug menjadi Bupati Wonogiri 2000-2010]kata Karsanto.

Baca Juga: Belum Banyak Yang Tahu Kemegahan Air Terjun Jurug Kemukus di Wonogiri

Dilaporkan oleh bookpintarkabupatenwonogiri.blogspot.comMinggu (10/2/2022), Kabupaten Wonogiri menjadi salah satu tempat yang dipilih oleh raja-raja Jawa untuk meningkatkan kemampuan spiritual, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan berusaha mewujudkan impian dan cita-cita.

Banyak Petilasan di Kabupaten Wonogiri yang dulunya digunakan sebagai tempat bertapa, mulai dari gunung, goa, daerah pantai hingga hutan belantara. Salah satunya adalah Wisata Alam Surga.

Menurut legenda yang ada, dahulu kala Surga adalah tempat Panembahan Senopati, seorang petinggi di Mataram, yang bertapa atau bertapa dengan keinginan menjadi raja.

Setelah dipenjara beberapa lama, Panembahan Senopati akhirnya bisa menjalin hubungan dengan penguasa Laut Selatan yang dikenal sebagai Kanjeng Ratu Kidul.

Baca Juga: 131 Desa Wisata di Jateng Terima Bantuan Rp 18,5 Miliar. Berikut rinciannya

Sejarah membuktikan bahwa setelah bertapa di surga, Panembahan Senopati berhasil mengambil alih kepemimpinan sebagai raja pertama Mataram tanpa pertumpahan darah.

Selain langit, ada beberapa tempat wisata lain yang disebut-sebut sebagai tempat berkomunikasi dengan Ratu Kidul. Kemungkinan besar, inilah alasan dibangunnya patung Nyi Roro Kidul di Wonogiri.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button