Pasokan Darah Utuh di PMI Boyolali 332 Kantong, Cek Daftar Lengkap Ini - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Pasokan Darah Utuh di PMI Boyolali 332 Kantong, Cek Daftar Lengkap Ini – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Lambang PMI Boyolali. (Khusus/PMI Boyolali).

Solopos.com, BOYOLALI — Stok darah trombosit di Palang Merah Indonesia (PMI) Boyolali akan dipantau keamanannya hari ini, Kamis (29/12/2022). Total suplai darah kurang lebih 332 kantung untuk semua golongan.

Berdasarkan Instagram @pmiboyolali, Rabu sore golongan darah TC atau Trombosit minimal golongan A dan AB masing-masing 4 kantong. Data akan diunggah ke halaman Instagram resmi @pmiboyolali, pada hari Kamis pagi.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Data stok darah lainnya di PMI Boyolali adalah sebagai berikut:

Golongan darah berdarah murni atau whole blood (WB) sebanyak 17 kantong, dikemas sel darah merah atau sel darah merah (PRC) 79 kantong dan TC hanya 4 kantong. Sedangkan golongan darah B WB hanya berisi 25 sachet, PRC 28 sachet dan TC 5 sachet.

Baca Juga: Bulan Ramadan, Stok Darah PMI Karanganyar Turun 50%

Ada pula golongan darah O WB 20 sachet, PRC 125 sachet dan TC 6 sachet. Terakhir, golongan darah AB WB 09 kantong, PRC 9 kantong dan TC 4 kantong.

Pelaporan dari PMI terkait persediaan darah di PMI Boyolali berdarah murni merupakan bahan baku untuk mengolah darah menjadi komponen darah lainnya. WB ini digunakan untuk transfusi tanpa proses lebih lanjut kecuali diperlukan.

Selain itu, WB juga digunakan pada orang yang mengalami kecelakaan di mana mereka kehilangan banyak darah. Namun, saat ini penggunaan WB terbatas karena transfusi darah lengkap ini diberikan kepada pasien dengan perdarahan akut.

Kemudian dosis yang diberikan harus berdasarkan kondisi klinis pasien, perkiraan kehilangan darah dan tindakan lain yang diambil untuk menjaga stabilitas hemodinamik.

Sedangkan PRC mengandung satu protein yaitu hemoglobin. Hemoglobin adalah protein yang berasal dari sel darah merah dan berfungsi untuk mengangkut makanan.

Baca Juga: Harian Donor Darah Jogja Berhasil Mengumpulkan 56 Kantong

Orang dengan Hb rendah atau anemia biasanya menerima transfusi darah PRC.

Terakhir, TC adalah komponen darah yang mengandung trombosit. Trombosit memiliki fungsi menghentikan pendarahan dan berperan dalam pembekuan darah.

Orang yang menerima transfusi TC biasanya adalah orang yang menderita trombositopenia (jumlah trombosit darah rendah), seperti kasus demam berdarah dan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus.

Masih berdasarkan informasi Instagram @pmiboyolali Terkait darah bank PMI Boyolali, donor darah dapat dilakukan dalam empat langkah.

Langkah pertama adalah melengkapi pendaftaran dan mengisi formulir donatur. Langkah kedua adalah pemeriksaan kesehatan pendonor. Langkah keempat adalah mendonorkan darah. Langkah kelima istirahat sejenak dan menikmati menu donatur sebelum pulang.

Baca Juga: PMI SEMARANG: Begini Ketersediaan Darah Selama Libur Akhir Tahun…

PMI Boyolali juga menyampaikan bahwa pelayanan darah dan donor darah buka 24 jam setiap hari di kantor PMI Boyolali.

Pelayanan donor darah di Boyolali dapat dilakukan di kantor PMI Boyolali atau dengan menghubungi 087077922341. Permintaan darah dapat dilakukan 24 jam sehari di UTD PMI Boyolali atau dengan menghubungi 081392242808.

Selain itu, PMI Boyolali melayani poli umum dan poli gigi yang terbagi dalam dua jadwal, pagi dan sore, setiap hari Senin hingga Sabtu. Jam buka pagi dari jam 08.00 WIB sampai jam 11.00 WIB. Sementara itu, jam buka sore adalah pukul 17.00 WIB hingga 20.00 WIB.

PMI Boyolali juga melayani posko Bencana dan Ambulans 24 jam sehari di nomor telepon kantor 0276 321104. Alamat PMI Boyolali adalah Jl Randu Asri, Ngebong, Boyolali.

Masyarakat yang merasa sehat dan memenuhi syarat donor dianjurkan untuk mendonorkan darahnya guna menjaga suplai darah di PMI Boyolali.

Baca Juga: Penyebaran PMR Genjot Pencegahan Covid-19 di Sukoharjo

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button