Pasca pasang ikan banyak, pemancing menyerang Dawuan Peusing Ciamis - WisataHits
Jawa Barat

Pasca pasang ikan banyak, pemancing menyerang Dawuan Peusing Ciamis

hoperakyat.com,- Sejumlah tambak tergenang air yang mengakibatkan banyak ikan terbawa arus air menuju Dawuan Peusing di Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Ini menyebabkan pemancing gila dari berbagai daerah berbondong-bondong ke Dawuan Peusing. Sejumlah pemancing mengaku penasaran dengan Dawuan Peusing yang terkenal kaya populasi ikan.

Salah satunya adalah Ili, nelayan asal Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku. Ili mengaku hampir setiap hari datang ke Dawuan Peusing untuk memancing.

“Tempat mancingnya bagus, ikannya banyak. Tiap kali mancing selalu dapat ikan,” kata Ili, Minggu (27/11/2022).

Menurut Ili, jenis ikan yang sering tertangkap pancingnya adalah nilem dan nila. “Ikannya hanya nilem dan nila, ukurannya kecil. Tapi karena ikannya banyak di sini, memancing di sini jadi ketagihan (Dawuan Peusing),” ujarnya.

Baca juga: Mitos yang Masih Dipercaya di Objek Wisata Situwangi Ciamis

Sementara itu, nelayan lain, Didi mengatakan, nelayan yang datang ke Dawuan Peusing Ciamis tidak hanya warga sekitar. Namun ada juga pemancing yang berasal dari luar desa dan kecamatan.

“Bahkan mereka sudah punya tempat sendiri. Oleh karena itu, tidak heran jika nelayan di sepanjang pesisir Dawuan banyak ditempati oleh para pemancing,” ujarnya.

Didi menambahkan, jumlah pemancing yang datang ke Dawuan Peusing tidak hanya saat tambak tergenang air atau setelahnya. Namun, pemancing hampir setiap hari ada di Dawuan Peusing.

“Tidak pernah berakhir, selalu ada pemancing. Bukan hanya saat air pasang atau setelah air pasang. Tapi tiap hari dipadati pemancing,” kata Didi. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button