Pasca merebaknya pandemi, jumlah pengunjung objek wisata budaya Karangkamulyan Ciamis kembali meningkat - WisataHits
Jawa Barat

Pasca merebaknya pandemi, jumlah pengunjung objek wisata budaya Karangkamulyan Ciamis kembali meningkat

PESAN PRIBADI – Berbeda dengan tempat hiburan yang selalu ramai pengunjung, suasana sehari-hari di dalam objek wisata budaya tersebut adalah Situs Karangkamulyan, Jalan Raya
Ciamis-Banjar, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Prefektur Ciamis sepi.

Apalagi saat tidak ada hari libur Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional, yang ada hanya sekawanan kera yang berkeliaran di jalanan kompleks Karangkamulyan atau bergelantungan di pohon tua yang rindang.

Medan Karangkamulyan terbagi menjadi dua. Pertama, bagian luar merupakan rest area bagi pengguna lalu lintas jalan nasional.

Baca Juga: Usai Dibebaskan Bersyarat, Habib Rizieq Shihab (HRS) Siap Melanjutkan Misi Tertunda

Banyak pengguna jalan yang pergi dan pulang dari objek wisata pantai di wilayah Kabupaten Pangandaran dan Jawa Tengah memilih untuk beristirahat sejenak di Karangkamulyan. Suasana sejuk sangat cocok untuk bersantai.

Di kawasan ini terdapat tempat parkir yang cukup luas, mushola, warung-warung dengan berbagai jenis makanan. Ada juga gong perdamaian dunia yang agung. Makanannya cukup murah, dari nasi timah lengkap hingga minuman kepala muda.

Sedangkan interiornya merupakan hutan lindung dengan situs sejarah. Untuk masuk ke dalam, tiketnya seharga Rp 3.500/orang, kecuali untuk anak di bawah lima tahun tidak ada tiketnya.

Baca Juga: Robert Alberts Sebut Persib Bandung Bisa Kehilangan Dua Pemain Kunci di Laga Pertama Liga 1 Indonesia

Petugas ticketing situs Karangkamulyan terdiri dari tiga orang yaitu dua orang relawan dan seorang pejabat dari Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Kabupaten Ciamis. Selain itu, ada petugas dari Suaka Margasatwa dan Balai Konservasi Budaya Karangkamulyan, dan penjaga taman di pintu depan.

Salah satu petugas tiket di pintu masuk situs Karangkamulyan, Desi Lestari mengatakan, setelah pandemi Covid-19 melambat, jumlah pengunjung situs Karangkamulyan kini mulai meningkat lagi, meski masih jarang. Mulai dari Lebaran lalu, selalu ada pengunjung di hari biasa, meski jumlahnya minim.

Source: kabarpriangan.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button