Pasar Minggu pagi digagas di kantor kecamatan Jatiyoso Karanganyar Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Pasar Minggu pagi digagas di kantor kecamatan Jatiyoso Karanganyar Solopos.com

SOLOPOS.COM – Bupati Karanganyar Juliyatmono membunyikan gong sebagai tanda pengenalan wisata jeep di Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar, Selasa (15/11/2022). Dalam kesempatan tersebut, Juliyatmono juga menginisiasi diadakannya pasar Sabtu atau Minggu untuk mendorong perekonomian masyarakat setempat. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar akan menggelar pasar di halaman kantor kecamatan setempat pada Minggu pagi.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono saat mengawali wisata jip di Jatiyoso pada Selasa (15/11/2022). Saat itu, Juliyatmono meminta Pemkab Jatiyoso melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satunya bazaar sabtu malam atau minggu pagi.

Iklan Daihatsu Rocky Mobil Harga Rp 200 Jutaan Hanya Rp 99.000

“Saya pesan hari Sabtu atau Minggu pakai komplek kantor kecamatan ini dodolan [berdagang] apapun,” katanya.

Pesertanya adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan warga Jatiyoso yang berminat berjualan. Tujuannya agar perekonomian warga Jatiyoso tetap berjalan. Bupati mengajak warga untuk berjualan atau berjualan sebulan sekali atau dua minggu sekali.

Ia mencontohkan di Kecamatan Kerjo, ada Sarmijo, yakni pasar Minggu Kerjo yang berlangsung setiap Minggu pagi. “Di sana biar pedagang bilang untung Rp 50.000 atau Rp 20.000, yang penting ekonomi bergerak. Begitu juga di Jatiyoso,” imbuhnya.

Baca Juga: Diresmikan, Agrowisata & Water Park Tunggulrejo Karanganyar Diserbu Pengunjung

Untuk memeriahkan kegiatan, pemerintah kecamatan dapat mengikutsertakan pengisi acara untuk tampil di tengah-tengah kegiatan.

Sementara itu, Camat Jatiyoso, Heru Joko Sulistyono, siap mewujudkan gagasan Bupati tersebut. Namun, menurutnya pasar Minggu pagi adalah yang paling mungkin saat ini.

“Saat ini kami memiliki data UMKM atau dealer yang akan berjualan di sana. Dan kemungkinan itu bisa kita lakukan untuk pembukaan pasar pada Minggu pagi. Sabtu malam sepertinya tidak mungkin,” ujarnya, Senin (21/11/2022).

Konsep pasar Minggu pagi adalah PKL berada di dalam dan sekitar kawasan kantor kecamatan tanpa ada penutupan jalan. Mengingat jalan di depan kantor kecamatan merupakan satu-satunya pintu masuk utama bagi masyarakat Jatiyoso.

Baca Juga: Bisa Dicoba! Wisata jeep di kabupaten Jatiyoso Karanganyar

Untuk memeriahkan kegiatan tersebut, didatangkan kelompok senam dan pentas seni oleh seniman Jatiyoso. “Nanti kami akan undang sekelompok pesenam dan seniman untuk mengisinya. Nantinya juga akan dijadikan shelter untuk wisata jip agar suasana semakin semarak,” imbuhnya.

Implementasi rencana pasar Minggu pagi, sementara itu, paling cepat Desember 2022 karena pihaknya masih melakukan pendataan dan persiapan.

“Paling cepat Desember karena kita butuh persiapan termasuk sumber pendanaan untuk kegiatan ini,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button