Partai Demokrat Tawarkan Pengganti Prodamas - WisataHits
Jawa Timur

Partai Demokrat Tawarkan Pengganti Prodamas

Bacaini.id, KEDIRI – Partai Demokrat meminta Pemkot Kediri untuk fokus pada pembangunan kawasan perkotaan. Hal ini sejalan dengan harapan Wali Kota Abdullah Abu Bakar menyambut baik megaproyek bandara dan jalan tol.

Adanya proyek strategis nasional ini menuntut Kota Kediri untuk berbenah. Masyarakat Kota Kediri seharusnya dapat merasakan manfaat dari pembangunan bandara dan jalan tol melalui konsep pembangunan yang direncanakan.

“Pembangunan mega proyek bandara, jalan tol, dan kawasan lingkar Wilis harus dimanfaatkan sebagai potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Infrastruktur yang memadai harus disiapkan agar Kota Kediri menjadi tujuan investasi, perdagangan, jasa, pariwisata, dan lainnya,” kata Sekretaris Fraksi Demokrat Ashari kepada Bacaini.id, Kamis, 27 Oktober 2022.

Baca Ini Ancaman Tidak Lulus Anggaran Prodamas 2023 Perlu Ditaksir

Sudah saatnya pemerintah menyediakan anggaran untuk kebutuhan yang lebih besar setelah Prodamas berhasil memperbaiki infrastruktur di tingkat Rukun Tetangga (RT).

Menurut Ashari, beberapa usulan pembangunan yang bisa dilaksanakan pada 2023 adalah revitalisasi jalan dan pejalan kaki di Kota Kediri. Hal ini tidak hanya akan menjamin kelancaran transportasi umum dan distribusi barang, tetapi juga dapat mengubah wajah Kota Kediri. “Kami melihat ini sangat mendesak mengingat kondisi jalan dan wajah kota tidak berubah sama sekali dalam 10 tahun terakhir,” katanya.

Selain itu, pembangunan kawasan Gedung Olahraga (GOR) Joyoboyo juga harus diprioritaskan. Menurut Ashari, pemerintah daerah telah memiliki rencana rinci pembangunan daerah di sana sejak 2012. Seperti membangun lapangan sepak bola, lapangan tenis dan kolam renang.

Kawasan ini juga terbukti menjadi magnet bagi pedagang kaki lima dan aktivitas masyarakat. Jika ditata dengan baik, akan menjadi destinasi wisata kuliner yang menarik. Hal ini sejalan dengan rencana Pemprov Jatim menjadikan kawasan GOR sebagai pusat ruko kabupaten Wilis. Platform akan dibangun untuk semua pemerintah daerah di wilayah Wilis.

Saran lain yang bisa dilakukan pemerintah adalah memperbaiki kantor yang rapi dan ramah. Seperti diketahui, kondisi Dinas Kota Kediri saat ini sudah tidak layak dan perlu ditingkatkan.

“Kami sedang menggalakkan pembangunan kompleks perkantoran pemerintah satu atap untuk memudahkan pelayanan publik,” kata Ashari. Saat ini lahan untuk pengembangan sudah tersedia di Desa Singonegaran, lebih tepatnya di sebelah utara Perumahan Permata Hijau.

Pembangunan jalan lingkar luar untuk mengatasi kemacetan awal juga menjadi fokus pembangunan pada 2023. Hal ini juga akan mengurangi risiko kecelakaan dengan mengalihkan arus kendaraan besar dari pintu masuk ke pusat kota.

“Semua program ini akan didanai melalui realokasi anggaran Prodamas. Kami yakin itu akan terwujud dalam dua tahun sisa kepemimpinan walikota,” kata Ashari. Karena itu, Partai Demokrat berharap Prodamas tidak lagi masuk dalam APBD 2023.

Pengarang : Hari Tri Wasono

Tonton video:

Cetak ramah, PDF & emailCetak ini

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button