Pariwisata yang didukung Disporapar Pamekasan perlu peran masyarakat - WisataHits
Jawa Timur

Pariwisata yang didukung Disporapar Pamekasan perlu peran masyarakat

PAMEKASAN (Radar Jatim.id) — Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur memiliki 3 destinasi wisata yang layak dikunjungi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Ketiganya adalah Pantai Jumiang di Desa Tanjung, Kec. Pademawu, Ekowisata Mangrove di Desa Lembung, Kec. Pantai Galis dan Talang Siring di Dusun Pacanan, Desa Montok, Kec. melarang.

Ketiga destinasi wisata tersebut berada di bawah arahan Kementerian Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pamekasan. Disporapar masih membutuhkan peran masyarakat untuk lebih aktif dalam menjaga tempat wisata yang dikelola melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) masyarakat sekitar. Pentingnya peran masyarakat tersebut bersumber dari kenyataan bahwa tempat-tempat wisata tersebut seringkali menjadi tempat terjadinya perbuatan asusila atau tidak senonoh oleh sebagian wisatawan.

Kepala Disporapar Kusairi Kepala Dinas Pariwisata R Mohammad Zahri mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dan sosialisasi ke Pokdarwis untuk lebih intensif dalam pemeliharaan dan perawatan tempat wisata yang dikelola. Tujuannya agar tempat wisata tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain peran Pokdarwis, kata dia, peran masyarakat sekitar juga diperlukan untuk mengingatkan pihak-pihak yang menyalahgunakan potensi desa.

Sementara realisasi 3 destinasi wisata tersebut hanya 28,98 persen dari awal 90 persen pada 2022. Untuk mencapai target tersebut, Disporapar akan terus berinovasi dan memotivasi Pokdarwis untuk menarik wisatawan.

Zahri menambahkan, destinasi wisata di Pamekasan cukup banyak. Namun potensi tersebut belum sepenuhnya disadari oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Ini karena banyak atraksi yang dikelola secara pribadi. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama antara pemerintah kota dan pemerintah desa yang memiliki potensi wisata di desa dengan pemerintah dengan sistem bagi hasil.

“Ke depan selain meningkatkan sumber pendapatan desa yang memiliki potensi tersebut, juga akan memperkuat industri kreatif masyarakat sekitar dari berbagai sektor yang dikelola,” pungkasnya. (Rusia)

Source: radarjatim.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button