Pariwisata sedang booming, hampir 1 juta orang merencanakan perjalanan - WisataHits
Jawa Barat

Pariwisata sedang booming, hampir 1 juta orang merencanakan perjalanan

JAKARTA (ANTARA) – Dunia pariwisata kini kembali bergerak seiring pelonggaran aturan perjalanan akibat COVID-19.

Pekan promosi platform perjalanan dan gaya hidup di Asia Tenggara, Traveloka, yakni “Traveloka Travel Fair 11.11”, yang digelar mulai 4 hingga 11 November 2022, tercatat hampir satu juta orang menghadiri acara tersebut. Hampir satu juta orang merencanakan perjalanan ke tujuan nasional dan internasional pada akhir tahun 2022.

“Saat kondisi global pulih dari pandemi, minat untuk bepergian semakin meningkat. Sepanjang tahun kita sudah mendengar istilah tersebut perjalanan balas dendam di mana orang-orang di seluruh dunia, serta masyarakat Indonesia, memiliki keinginan kuat untuk kembali berwisata,” kata Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer, Traveloka, dalam siaran persnya, Senin.

Tidak hanya untuk tujuan domestik, konsumen Traveloka, kata Shirley, juga memikirkan tujuan internasional.

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme konsumen terhadap ‘Reisemesse 11.11’ menyambut liburan akhir tahun bersama Traveloka. Karena itulah Traveloka akan tetap berkomitmen untuk selalu menjadi yang terdepan dalam menghadirkan solusi yang tepat bagi konsumen untuk merencanakan perjalanan dengan lebih mudah, baik untuk tujuan domestik maupun internasional.”

Berdasarkan data United Nations World Tourism Organization (UNWTO), pariwisata internasional dikatakan menunjukkan pemulihan yang kuat. Sebanyak 474 juta wisatawan melakukan perjalanan internasional antara Januari dan Juli 2022, dibandingkan dengan 175 juta wisatawan untuk periode yang sama di tahun 2021.

Di Indonesia, liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta liburan sekolah di akhir tahun kerap dijadikan momen travelling oleh masyarakat. Hal itu tercermin dari data pemerintah yang menyebutkan potensi mobilitas masyarakat jelang Nataru 2022/2023 diperkirakan mencapai 22,4 persen dari total penduduk nasional.

Meningkatnya animo masyarakat terhadap perjalanan liburan menjelang akhir tahun turut menyukseskan “Traveloka Travel Fair 11.11”. Traveloka mencatat, animo masyarakat terhadap destinasi wisata domestik dan internasional terus tumbuh, khususnya di destinasi Asia Tenggara.

Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya animo masyarakat yang tumbuh hingga 40 persen selama Traveloka Travel Fair berlangsung, untuk berwisata ke destinasi internasional populer seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, dan Australia. Periode. 11,11″ dibandingkan dengan periode biasanya.

Beberapa negara tetangga Indonesia di Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia, tetap menjadi tujuan utama konsumen karena bebas visa perjalanan dan kemudahan akses dengan berbagai pilihan penerbangan langsung. Namun sejak kuartal ketiga tahun ini, minat masyarakat Indonesia untuk berwisata ke Jepang dan Korea Selatan meningkat signifikan seiring dibukanya perbatasan kedua negara.

Data dari “Traveloka Travel Fair 11.11” menunjukkan bahwa selain berwisata, minat konsumen terhadap aktivitas outdoor, mengunjungi objek wisata atau mengunjungi taman bermain juga menunjukkan tren yang positif.

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pemesanan tiket atraksi lokal Traveloka Xperience selama periode Traveloka Travel Fair 11.11 meningkat hingga 24 persen dibandingkan periode biasanya.

Jenis taman atau atraksi wisata yang disukai konsumen adalah destinasi yang menawarkan berbagai permainan untuk seluruh keluarga, seperti Dufan di Jakarta, Jatim Park di Kota Batu, dan Trans Studio di Bandung hingga Universal Studio di Singapura.

Dengan semakin banyaknya peminat destinasi luar negeri, destinasi domestik juga tetap menjadi primadona bagi pelanggan Traveloka. Destinasi kota besar favorit yang menjadi target Traveloka Travel Fair 11.11. yaitu Bali, Medan, Surabaya, Makassar dan Jakarta.

Menariknya, promosi Traveloka ini juga menunjukkan minat yang muncul terhadap destinasi wisata yang mulai berkembang, seperti Batam, Pekanbaru, Biak, Mando, Timika, dan Kendari.

Tidak hanya itu, tren mengunjungi booming pasca pandemi juga masih diminati oleh konsumen Traveloka. liburan di hotel merupakan bentuk short tour di berbagai jenis akomodasi, baik di dalam maupun di luar kota.

Wisatawan dapat mengakses Traveloka untuk mengetahui fasilitas dan objek wisata terdekat dengan akomodasi pilihan sesuai dengan minat dan kebutuhannya.

“ Traveloka Travel Fair 11.11 bertujuan untuk membantu konsumen merencanakan liburan impiannya dengan lebih mudah dan nyaman, baik untuk tujuan domestik maupun internasional. Komitmen ini mengukuhkan Traveloka sebagai platform perjalanan dan gaya hidup yang selalu hadir nilai terbaik atau harga yang memberikan kenyamanan lebih bagi konsumen dalam mewujudkan rencana perjalanannya,” kata Shirley.

Baca Juga: Destinasi Wisata Domestik Masih Menjadi Favorit Traveler Indonesia

Baca Juga: Tren Destinasi Perjalanan American Express 2023 Mengungkap Perjalanan Teratas untuk Setiap Traveler

Baca Juga: Empat Kota Ini Jadi Spot Populer Libur Lebaran

Reporter: Ida Nurcahyani
Penerbit : Alviansyah Pasaribu
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button