Parade Topeng Malang, Upaya Bangkitkan Pariwisata Di Kota Malang - Lentera Today - WisataHits
Jawa Timur

Parade Topeng Malang, Upaya Bangkitkan Pariwisata Di Kota Malang – Lentera Today

MALANG (Prapaskah) – Berbagai upaya terus dilakukan untuk membangkitkan antusiasme wisatawan yang berkunjung ke Malang. Salah satunya dengan digelarnya pawai topeng Malang di desa topeng Desa Kumenanti, Desa Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Sabtu (9/3/2022).

Lita Irawati, Direktur Industri Destinasi dan Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Malang, mengatakan Parade Topeng Malang digelar untuk menarik minat pengunjung ke salah satu destinasi wisata Malang.

“Acara ini digagas untuk merevitalisasi destinasi wisata Kampung Topeng Malang. Acara ini juga menampilkan berbagai seni tari seperti tari bapang, tari tradisional malang, tari sabrang, tari merak dan tari jaipong. Acara ini diharapkan bisa menarik perhatian banyak orang,” kata Lita Irawati.

Selain itu, kata Lita, ada potensi lain yang dimiliki Desa Topeng Kumenanti, seperti pemandangan alam yang asri dan masih asri. Lalu ada ikon kota Malang berupa dua patung raksasa, replika topeng Malangan, lalu ada juga arena bermain anak-anak. Harapannya dengan potensi yang dimiliki, desa ini bisa menjadi daya tarik setelah vakum cukup lama selama dua tahun.

Pertunjukan Tari Bapang khas Malang

“Selain itu ada rencana membangun wahana flying fox, ada juga taman bermain. Jadi mari kita bawa keluarga Malang ke sini bersama-sama,” katanya

Lita juga berharap acara ini dapat memberdayakan warga Kampung Topeng di Desa Kumenanti. “Penjaja makanan di sini banyak, warung kuliner juga banyak, jadi semoga bisa menambah pendapatan warga,” imbuhnya.

Sebagai informasi, sebelum acara inti Parade Topeng Malang digelar, acara dibuka terlebih dahulu dengan penampilan tarian khas Malang yaitu tari Bapang, kemudian tari Merak yang mewakili PSM Bumiayu, tari Sabrang dan akhirnya tari Jaipong.

Wartawan: Santi Wahyu | Penerbit: Lutfiyu Handi

Source: lenteratoday.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button