Parade kesenian tradisional memeriahkan peringatan Grebeg Suro di Tawangmangu - WisataHits
Jawa Tengah

Parade kesenian tradisional memeriahkan peringatan Grebeg Suro di Tawangmangu

Klikwarta.com, Karanganyar – Parade kesenian tradisional memeriahkan peringatan upacara adat Grebeg Suro yang digelar Paguyuban Pedagang dan Andong Tawangmangu di Taman Wisata Balekambang Baru, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (22/08/2022).

Ratusan pengunjung sangat antusias melihat sederet rombongan kesenian menampilkan berbagai pertunjukan seperti Tari Gunung Gugur, Tari Rampak Buto Galak, Reyog Ponorogo, kesenian Kenthong Tek – Tek dan Karawitan,

Selain pentas seni, upacara adat Grebeg Suro juga dimeriahkan dengan hajatan dan doa bersama di tempat ini.

Ketua Paguyuban Turangga Karya Karwadi mengatakan, upacara adat ini tidak hanya meminta keselamatan tetapi juga dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas rahmat dan limpahan makanan yang diberikan kepada masyarakat Tawangmangu oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Kegiatan ini sempat terhenti selama dua tahun sejak pandemi Covid-19 terakhir. Namun, kami bersyukur karena tahun ini bisa melakukannya lagi,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela acara.

Karwadi menambahkan, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mengembangkan potensi seni budaya yang ada, sehingga diharapkan dapat menarik wisatawan.

“Selain itu, keberadaan seni budaya di masyarakat Tawangmangu dapat dipertahankan agar dapat kita kembangkan dan lestarikan bersama-sama,” ujarnya.

(Wartawan: Persetan Legowo)

Source: www.klikwarta.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button