Panwascam Kabupaten Magetan Resmi Diresmikan, Ini Pesan Bupati Magetan - WisataHits
Jawa Timur

Panwascam Kabupaten Magetan Resmi Diresmikan, Ini Pesan Bupati Magetan

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Sebanyak 54 Orang Panwascam di Kabupaten Magetan resmi dilantik Kamis siang (27/10/2022) di Pendapa Surya Graha, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Ketua Bawaslu Magetan, Hendrad Subyakto mengatakan, 54 anggota Panwascam memiliki beberapa agenda setelah dilantik, seperti: B. Konsolidasi internal untuk melakukan rapat paripurna pembagian tugas.

“Dalam majelis akan ada pembagian tugas, seperti pemilihan ketua di masing-masing kecamatan dan divisi departemen. Kemudian mereka akan bertemu dengan camat untuk memperkenalkan diri dan kemudian mempersiapkan Sarpras di kecamatan,” ujarnya usai pelantikan dan pelantikan Panwascam di Kabupaten Magetan.

Bagi pengasuh yang hadir atau menjadi relawan, lanjutnya, masyarakat harus berperan aktif dalam mengawasi pelaksanaan pemilihan umum dan melaporkan setiap pelanggaran yang ditemukan, beserta bukti-bukti yang ada.

Peresmian-Panwascam.jpgAnggota Panwascam mengambil sumpah. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

“Sehubungan dengan pelanggaran, tidak hanya dipantau oleh jajaran kami. Pelaporan masyarakat juga akan lebih baik bagi Bawaslu karena kami berupaya mensosialisasikan pengawasan partisipatif yang luas, masyarakat dapat memahami pelanggaran dan melapor ke Bawaslu,” jelasnya.

Adapun prosesnya, pelapor perlu memastikan ada pelapor, lalu menyampaikan kronologis kejadian yang dilakukan dan pelanggaran yang dilakukan, serta melampirkan bukti, lalu melaporkannya ke Bawaslu, baru akan diproses dalam waktu 7 hari. .

“Kronologinya gimana, buktinya apa, biasanya kita proses 7 hari dan pelapornya dirahasiakan. Pendaftar Panwascam di Magetan sebanyak 409 orang, yang lolos verifikasi administrasi 400 orang, setelah itu dilakukan tes CAT online. Kemudian 6 orang lulus dan 3 diambil. Per kecamatan. Kami terus melihat keterwakilan 30 persen perempuan,” katanya.

Peresmian-Panwascam-Magetan.jpg

Sementara itu, Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, untuk memiliki pemimpin yang berkualitas, penyelenggaraan pemilu juga harus berkualitas dengan adanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara, Bawaslu sebagai lembaga pengawas dan pemerintah kota dengan partisipasinya.

“Kami meminta para pemangku kepentingan untuk mendukung Panwascam, baik Forkopimca maupun lainnya. Untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas, pemilu harus berkualitas, masyarakat harus berpartisipasi dan mengawasinya. Satu suara juga penting,” kata Bupati Magetan Suprawoto.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button