Pantai Widodaren, surga tersembunyi bagi pecinta kemping - WisataHits
Yogyakarta

Pantai Widodaren, surga tersembunyi bagi pecinta kemping

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Gunungkidul memiliki banyak “surga tersembunyi”. Salah satunya adalah Pantai Widodaren yang terletak di Desa Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul.

Karena letaknya yang tersembunyi, Pantai Widodaren menjadi salah satu pantai tempat Anda bisa bersenang-senang. Menghadap tebing bergelombang berpadu pasir putih, pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat menyenangkan.

Pantai Widodaren berjarak sekitar lima kilometer sebelah timur Pantai Ngobaran yang juga berada di Desa Kanigoro. Akses menuju lokasi tidak begitu bagus, karena masih ada jalan berbatu sepanjang sekitar dua kilometer.

DIDUKUNG:

YouGov: Tokopedia jadi brand yang paling direkomendasikan untuk orang Indonesia

Namun pengunjung tidak perlu khawatir saat berjalan di pantai ini karena sudah ada rambu-rambu yang dipasang oleh warga sekitar agar tidak tersesat.

BACA JUGA: Lahan bekas pabrik batu kapur di Gunungkidul akan dibersihkan

Selain sepi, Pantai Widodaren memiliki keindahan tersendiri. Pasalnya, lokasi tersebut tak hanya memamerkan keindahan pasir putih yang menjadi ciri khas pantai Gunungkidul.

Namun ada juga tebing-tebing berbukit di tempat ini yang masih asri dan bersih. Pengunjung yang tidak ingin bermain air bisa menikmati pemandangan birunya air laut dari atas bukit.

Di akhir pekan, Pantai Widodaren juga banyak dikunjungi wisatawan untuk berkemah di malam hari. Salah satu penjual di pantai ini, Gemi mengatakan, objek wisata Pantai Widodaren baru dibuka sejak tahun 2019.

Namun, belum banyak orang yang mengetahuinya hingga saat ini, sehingga jumlah kunjungannya masih berkisar belasan orang per hari. “Hanya akhir pekan dan kebanyakan dari mereka adalah pecinta kegiatan berkemah,” kata Gemi, Senin (19/9/2022).

Dia mencontohkan: akhir pekan lalu ada sekitar 200 orang yang berkemah menikmati keheningan malam di pantai. Untuk lokasi ada yang di atas tebing dan juga di dekat pantai.

“Jadi Pantai Widodaren merupakan perpaduan antara tebing yang bergulung dan pantai berpasir putih. Tebingnya juga aman karena tidak tinggi dan datarannya luas,” ujarnya.

Kepala Desa Kanigoro Suroso saat dihubungi kemarin membenarkan bahwa Pantai Widodaren masih dalam tahap pembangunan. Namun, dia tidak memungkiri bahwa jumlah kunjungan mengalami peningkatan.

“Tidak seramai kawasan pantai Ngobaran, tapi pengunjung datang setiap hari yang hanya ingin bersantai di pendopo atau bermain air di pantai,” ujarnya.

Saat ditanya soal nama Widodaren, Suroso tak mau berspekulasi karena nama itu sudah ada sejak lama. “Memang, sejak kakek-nenek memiliki nama itu. Bukannya salah, saya juga kurang tahu karena dari awal namanya Widodaren,” ujarnya.

Source: wisata.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button