Pantai Widarapayung Cilacap – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Widarapayung Cilacap – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Widarapayung Wetan, Sawah, Sawah, Sidayu, Kec. Binanguun, Kab. Cilacap, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Kita patut bersyukur berada di Indonesia, karena negara kita diberkahi dengan keindahan yang tak terlukiskan. Anda dapat menemukan lautan luas, gunung yang menjulang tinggi, air terjun dan berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Pantai ini menjadi destinasi wisata yang tidak pernah kekurangan peminat, seperti halnya Pantai Widarapayung di Cilacap. Meski tidak dibalas dengan pasir putih, keindahannya tidak boleh dilewatkan. Periksa ulasan.

Atraksi Pantai Widarapayung

Objek Wisata Pantai WidarapayungKredit gambar: Google Maps Zulmy Heru

Saat berada di Cilacap, singgah dan luangkan waktu untuk mengunjungi objek wisata alam ini. Begitu liburan tiba, pantai yang menjadi andalan Cilacap ini tak pernah sepi pengunjung. Tidak hanya cocok untuk wisata keluarga, banyak anak muda juga menghabiskan waktu di pantai ini. Keindahan pantai ini bisa menjadi penghilang penat yang efektif bagi anda yang berlibur di Cilacap.

Memang pantai tunggal ini tidak memiliki garis pantai yang luas, namun disitulah letak keunikan pantai tunggal ini. Pasir di pantai ini bukan pasir putih tapi pasir di pantai ini bersih. Jadi Anda bisa leluasa bermain pasir atau lari-lari di pantai. Mengingat khas pantai selatan, terasa begitu kental di pantai ini. Ombak yang menyambut Anda seolah-olah memanggil kesenangan sesaat.

Di sekitar pantai Anda dapat menemukan berbagai tanaman yang memberikan kesan teduh. Maka bersantai di pantai pasti bisa menjadi pilihan yang tepat. Meski tidak begitu luas, ternyata Pantai Widarapayung melewati 3 desa sekaligus, jadi jika ingin memasuki kawasan pantai bisa melewati salah satu desa tersebut. Di pinggir pantai terdapat gubuk yang terbuat dari daun kelapa, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat peristirahatan.

Selama bulan Sura, di pantai Widarapayung akan diadakan upacara adat yaitu sedekah bumi. Dimana ritual ini dilakukan sebagai tanda syukur atas segala nikmat yang diberikan. Jika Anda datang bulan ini, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk melihat tradisi yang berlanjut hingga hari ini. Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga sangat cocok untuk aktivitas selancar yang begitu menantang dan seru.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Widarapayung

Alamat Pantai WidarapayungKredit Gambar: Google Maps Muhammad Arief Rahman

Pantai ini terletak di Desa Widarapayung, Kec. Binangun, Cilacap, Jawa Tengah. Jarak dari pusat kota sekitar 35 km dan bisa menggunakan kendaraan roda dua atau tiga. Karena pantai indah ini membentang di tiga desa, rasanya tidak adil menyebut satu jalur saja. Setiap desa masih memiliki cara untuk menuju pantai Widarapayung ini. Namun, pintu masuk utama berada di Desa Widarapayung Wetan.

Bisa dikatakan akses menuju pantai Widarapayung mudah dijangkau. Meski tidak membawa kendaraan sendiri, Anda tetap bisa berkendara ke pantai yang indah ini. Pertama, Anda perlu naik kereta untuk sampai ke stasiun Kroya. Jika Anda memilikinya, Anda bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju pantai. Karena lokasinya tidak begitu jauh dari stasiun Kroya dan ada angkutan umum.

Jika Anda bepergian dari Purwokerto, Anda bisa mengambil jalan Jl. Banyumas Kroya. Dari jalan ini, silahkan berkendara ke pasar Kato dan masuk melalui pintu gerbang pantai ini. Jika Anda masih ragu, Anda bisa memanfaatkan GPS di smartphone Anda. Penduduk setempat juga mengetahui keberadaan pantai satu-satunya ini, sehingga sangat mudah untuk menanyakan lokasinya.

Harga Tiket Masuk Pantai Widarapayung

Harga Tiket Masuk Pantai WidarapayungKredit gambar: Google Maps Mutiara Karna Asih

Liburan ke pantai Widarapayung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Mengingat Anda hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 7500. Harga tersebut tentunya bukan harga yang mahal untuk melihat keindahan pantai ini. Sebenarnya sangat murah, jadi wajar saja jika banyak orang menghabiskan waktu di tempat ini. Tentunya harga tersebut belum termasuk parkir kendaraan.

Tapi jangan khawatir, parkir kendaraan juga tidak mahal. Parkir mulai dari Rp 3 ribu saja, tergantung kendaraan yang Anda bawa. Untuk lokasi wisata, tarif tersebut sudah termasuk keramahan. Harga yang disebutkan di atas tentunya dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola. Harga juga dapat meningkat pada hari-hari tertentu, seperti hari libur nasional atau selama periode liburan tinggi.

Aktivitas Menarik di Pantai Widarapayung

Aktivitas di Pantai WidarapayungKredit gambar: Google Maps Bala Gadona

Banyak orang berpikir bahwa tidak banyak yang bisa dilakukan dalam perjalanan pantai. Meski setiap pantai tetap memiliki keunikan tersendiri dan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan. Seperti yang ada di pilar pantai Cilacap, selain bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, banyak hal yang bisa dilakukan. Berjalan di pantai dengan dokumentasi sesekali juga merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Pantai ini merupakan kawasan yang merupakan bagian dari zona selancar kelas dunia. Ombaknya yang menantang memang ideal untuk dijadikan sebagai potensi olahraga selancar. Jadi, bagi Anda yang memang jago berselancar, tidak ada salahnya mencoba aktivitas yang menantang ini. Dan bagi Anda yang tidak bisa berselancar, tidak perlu khawatir dan khawatir. Karena di pantai yang indah ini terdapat Surf Club yang bisa membantu Anda.

Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk berlatih. Anda juga tidak perlu membawa papan selancar, karena di pantai ini tersedia persewaan. Jika Anda tidak terlalu tertarik, menonton turis lain berselancar juga menyenangkan. Bagi anda yang menyukai fotografi, pantai ini sangat cocok untuk kegiatan hunting foto yang keren. Jadi Anda bisa mengasah keterampilan Anda nanti.

Kegiatan yang tidak kalah seru untuk dilakukan adalah menunggang kuda atau naik gerobak. Memang, di pantai ini saja ada kuda dan gerobak yang disewakan. Tentu akan menyenangkan naik kereta atau kuda bersama keluarga. Harga untuk kegiatan ini tidak mahal. Ibarat menunggang kuda yang harganya Rp 5 ribu hanya untuk bisa beraktivitas di pinggir pantai. Aktivitas naik kereta atau menunggang kuda selama ini menjadi daya tarik wisata.

Jika Anda kurang puas dengan aktivitas tersebut, berburu kepiting juga merupakan aktivitas yang menyenangkan. Pasir pantai ini memang menjadi habitat kepiting. Jadi Anda harus berhati-hati agar tidak menyerang kaki Anda. Namun, kepiting ini sebenarnya bisa diburu meski berukuran kecil. Bagi Anda yang akan berlibur bersama buah hati tentunya bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Akomodasi dan Fasilitas di Pantai Widarapayung

Fasilitas di Pantai WidarapayungKredit Gambar: Google Maps Eko Video

Bagi Anda yang ingin berlama-lama bisa mampir di sekitar pantai Widarapayung di Cilacap ini. Ada beberapa hostel dan hotel di kawasan Kroya yang bisa Anda manfaatkan. Jaraknya tidak jauh dari pantai, sekitar 1 km menggunakan kendaraan bermotor. Untuk tetap dekat dengan 3 desa, sampai sekarang belum ada hostel maupun hotel. Karena itu mereka hanya bisa bermalam di wilayah Kroya.

Pantai yang indah ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang akan memanjakan pengunjung. Pihak pengelola menyediakan fasilitas yang memadai agar pengunjung nyaman dan mudah. Misalnya, area parkir yang luas, sehingga pengunjung tidak bingung mencari tempat parkir. Apalagi saat musim perayaan, pantai yang mempesona ini selalu dibanjiri pengunjung dari berbagai kota.

Selain itu, untuk kebutuhan toilet juga disediakan dan dalam keadaan bersih. Bagi Anda yang ingin bersantai di pantai, Anda juga bisa memanfaatkan pondok pantai dan gazebo. Setelah lelah bermain, tentunya asyik duduk-duduk di gazebo sambil menikmati es krim kelapa muda atau jajanan lainnya. Karena di pantai ini Anda juga bisa dengan mudah menemukan penjual makanan dan minuman dengan harga bersaing.

Setiap pantai selalu memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik tersendiri. Meski terlihat sama, ada ombak, air dan pasir pantai, namun tetap ada keindahan tersendiri. Begitu juga saat Anda berkunjung ke Pantai Widarapayung yang menjadi favorit warga Cilacap. Di pantai ini Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tertarik mengunjungi pantai yang satu ini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button