Pantai Widara Payung Cilacap – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Widara Payung Cilacap – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Fasilitas, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Payung Widara salah satu tempat wisata bahari favorit di Cilacap yang menambah pesona alamnya tetap asri dan didukung dengan fasilitas wisata yang memadai.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Widarapayung Wetan, Sidayu, Kec. Binanguun, Kab. Cilacap, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Nama pantai ini diambil dari nama desa tempat pantai ini berada yaitu Desa Widara Payung. Dibandingkan dengan pantai lainnya, wisata pantai ini tidak begitu luas. Namun, keindahan alamnya tidak kalah menarik dari wisata resort lainnya.

Pantai Widara Payung akan ramai dikunjungi wisatawan pada waktu-waktu tertentu, terutama pada awal bulan Ramadhan, pada akhir pekan dan pada saat hari libur. Jadi jika Anda ingin menghindari keramaian, Anda bisa berkunjung di luar jam tersebut.

Pantai ini memiliki pesona keindahan alam yang sangat menarik. Jadi, dengan liburan di Cilacap ini, kamu bisa mengisi ulang baterai sejenak dan rehat sejenak dari semua rutinitas yang kamu lakukan sebelumnya. Dengan berlibur, kamu bisa menemukan semangat baru untuk kembali menjalani rutinitas.

Atraksi Pantai Widara Payung

Aktivitas di Pantai Widara PayungKredit gambar: Google Maps Zulmy Heru

1. Wisata alam yang indah

Pantai Cilapcap yang indah ini merupakan wisata bahari yang memiliki banyak pohon kelapa yang berjejer di sekitar pantai. Pemandangan ini berada di sisi keindahan pantai ini. Selain pohon kelapa, masih banyak jenis tanaman hijau lainnya yang tumbuh di sekitar pantai.

Itulah yang membuat udara di pantai begitu segar. Tempat wisata ini juga masih tergolong bersih. Masyarakat di sekitar lokasi wisata juga sangat ramah terhadap pengunjung yang datang ke Pantai Widara Payung.

2. Mengunjungi Pulau Nusakambagan

Di depan pantai terdapat sebuah pulau yang cukup terkenal di kawasan ini. Pulau tersebut adalah Pulau Nusakambagan. Jika Anda ingin mengunjungi pulau tersebut, Anda dapat menggunakan perahu yang disediakan oleh pengelola wisata. Harga tour pulau nusakambagan cukup murah, dengan Rp 10.000 anda sudah sampai di pulau tersebut. Tarif adalah biaya transportasi dengan kapal. Kapal yang akan mengangkut penumpang ke Pulau Nusakambangan bahkan dikenakan tarif tersendiri saat parkir di sekitar pantai, yaitu sekitar Rp 12.000.

3. Acara Sedekah Bumi

Pada bulan Syura, di Pantai Widara Payung diadakan acara sedekah bumi. Acara ini sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat desa setempat yang sudah turun temurun. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah sebagai cara untuk mensyukuri limpahan makanan yang diperoleh selama menjalani hidup.

Dalam acara ini juga dipanjatkan doa agar Tuhan selalu mencurahkan berkah. Anda bisa menyaksikan seluruh prosesi acara Sedekah dari darat hanya saat Anda datang ke bulan Syura.

Alamat Pantai Widara Payung, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk

Alamat Pantai Widara PayungKredit Gambar: Google Maps Muhammad Arief Rahman

Wisata pantai ini termasuk dalam wilayah kabupaten Binangun. Jika dari pusat Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pantai ini berjarak 35 kilometer. Untuk menuju Pantai Widara Payung, Anda bisa menggunakan transportasi darat. Anda dapat menggunakan kereta api dan kemudian turun di Kroya, karena jaraknya juga tidak jauh dari Kroya.

Dari stasiun kereta api, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum hingga tiba di tempat wisata. Jika Anda memulai dari Purwokerto, Anda dapat mengambil Jalan Banyumas dan kemudian melewati Pasar Kato. Setelah itu Anda akan sampai di gerbang pantai. Selain menggunakan angkutan umum, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi.

Harga tiket masuk yang diharapkan untuk masuk ke kawasan Pantai Widara Payung sangat terjangkau yaitu Rp 2.500 untuk satu orang. Dengan biaya murah, Anda bisa menikmati berbagai keindahan alam di pantai.

Namun, tiket masuknya bisa mencapai Rp 5.000. Hal ini dikarenakan perbedaan antara pintu masuk dan lokasi pantai. Perlu Anda ketahui bahwa untuk menuju lokasi pantai terdapat tiga gerbang yang bisa Anda lalui, dimana setiap gerbang memiliki tarif masuk yang berbeda.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Widara Payung

Aktivitas di Pantai Widara PayungKredit gambar: Google Maps nefa merazana

1. Berselancar

Bagi Anda yang menyukai aktivitas pantai seperti berselancar, Anda bisa melakukannya di Pantai Widara Payung. Kondisi ombak di pantai ini sangat cocok untuk berselancar. Apalagi ditambah dengan pemandangannya yang begitu indah, menambah suasana liburan semakin menyenangkan. Bahkan pantai ini berstandar internasional untuk berselancar.

2. Beli oleh-oleh

Di sekitar pantai, beberapa pedagang menjual makanan seperti ikan asin, kerupuk udang, terasi atau ikan segar. Anda bisa membelinya dan menjadikannya salah satu oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Harga yang ditawarkan oleh merchant juga relatif murah, jadi Anda tidak perlu khawatir jika budget Anda tidak mencukupi. Hal ini karena mereka mendapatkannya langsung dari para nelayan, sehingga mereka bisa menawarkan harga yang masih terjangkau.

3. Gunung Andong

Bagi Anda yang ingin berkeliling pantai tanpa harus berjalan kaki, Anda bisa menggunakan kereta kuda. Dalam bahasa lain, andong dikenal sebagai gerobak. Anda bisa menyewanya untuk menjelajahi pantai dengan lebih leluasa.

4. Berkuda

Di sekitar lokasi pantai juga disediakan tempat untuk menyewa tunggangan kuda. Anda bisa mengajak anak Anda untuk menunggang kuda sambil berjalan-jalan di pantai Cilacap ini. Kegiatan ini akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda bagi Anda dan keluarga.

Akomodasi Murah Dekat Pantai Widara Payung

Akomodasi di Pantai Widara PayungKredit gambar: Google Maps EW SAf

1. Atrium Premiere Hotel Cilacap

Hotel ini terletak di pusat kabupaten Cilacap. Karyawan di sini dikenal sangat ramah, sehingga pengunjung yang datang akan merasa betah. Makanan yang disajikan di sini juga sangat enak.

Banyak pengunjung telah mencobanya dan mereka menyukainya. Hotel ini masih baru di daerah cilacap dan lokasinya juga cukup strategis. Tarif menginapnya juga cukup terjangkau yaitu Rp 399.000.

2. Hotel Mutiara Cilacap

Lokasi hostel ini juga berada di pusat kabupaten Cilacap. Hotel ini sangat terkenal dengan kebersihannya yang sangat terjaga dengan baik. Jika Anda ingin menginap di hotel tersebut, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 285.000. Tarif tersebut sudah termasuk pajak, sehingga Anda tidak perlu lagi menambahkan biaya pajak tambahan.

Fasilitas hotel ini juga cukup lengkap, sehingga Anda akan merasa nyaman saat berada di hotel ini. Setiap kamar juga dilengkapi dengan AC. Bahkan hotel ini juga menawarkan lift. Jadi Anda tidak perlu lelah berjalan menaiki tangga untuk menuju kamar Anda, jika kamar Anda berada di lantai paling atas.

3. Hotel Permata Majenang

Lokasi hotel ini sangat strategis. Itu terletak di dekat alun-alun, jadi jika Anda keluar untuk beberapa alasan, Anda seharusnya tidak memiliki masalah. Harga tetap untuk satu malam menginap adalah Rp 330.000. Sudah ada restoran di hotel ini sehingga Anda tidak perlu memesan dari tempat lain hanya untuk makan.

Selain itu, hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti parkir, resepsionis 24 jam dan wifi. Dengan wifi, kamu bisa menggunakannya untuk menjelajah internet dengan lancar tanpa harus menghabiskan kuota internet yang kamu miliki. Jadi bisa sedikit menghemat kuota internet.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Widara Payung

Fasilitas Pantai Widara PayungKredit gambar: Google Maps Sheva Pahlevi

1. Parkir

Tempat parkir telah disediakan oleh pengelola wisata. Berbeda dengan tempat wisata lain yang mengharuskan Anda membayar biaya parkir, di sini Anda tidak lagi diharuskan membayar biaya parkir.

2. Toilet

Pantai Widara Payung juga dilengkapi dengan toilet. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi mencari toilet di tempat yang jauh dari lokasi wisata. Karena sangat mungkin Anda membutuhkan fasilitas ini baik itu untuk buang air besar maupun cuci kaki.

3. Mandi

Pemandian ini bisa Anda gunakan saat bermain di pantai hingga bermain air, sehingga pakaian Anda juga basah dan mengharuskan Anda untuk mandi. Selain itu, tempat pemandian ini juga sering digunakan oleh wisatawan untuk mencari selancar.

4. Tempat makan

Di sekitar pantai terdapat beberapa restoran yang menyajikan menu yang tidak kalah variatifnya. Karena lokasinya yang dekat dengan pantai, banyak restoran yang menawarkan menu seafood, selain itu ada juga beberapa tempat yang menyajikan makanan khas daerah Cilacap. Jadi jika Anda berasal dari luar Cilacap, Anda bisa mencobanya.

5. Kolam renang

Tidak semua pantai memiliki fasilitas kolam renang, hanya beberapa pantai yang menawarkan fasilitas ini. biasanya yang suka bermain di kolam renang adalah anak-anak. Usai bermain di sekitar pantai, biasanya anak-anak tertarik untuk berenang untuk menambah kesejukan tubuhnya.

Itulah beberapa tempat wisata di Pantai Widara Payung. Anda bisa mengunjunginya saat ingin berlibur ke pantai dan menikmati suasana pantai yang selalu asri. Atau ketika Anda kebetulan mendapatkan misi di Cilacap, Anda juga bisa mampir sejenak untuk merasakan kesegaran wisata bahari di Cilacap sambil mencicipi beberapa proposal gastronomi dari restoran tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button