Pantai Wartawan, pantai indah dengan sumber air panas di Lampung - WisataHits
wisatahits

Pantai Wartawan, pantai indah dengan sumber air panas di Lampung

Harga tiket: Rp 2.500, Jam operasional: 08.00-18.00 WITA, Alamat: Waymuli, Kec. Rajabasa, Kab. Lampung Selatan, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Lampung merupakan daerah Indonesia yang direkomendasikan untuk dikunjungi sebagai tujuan wisata. Provinsi Pulau Sumatera ini sangat terkenal dengan tempat wisata yang bernama Way Kambas. Wisatawan yang berkunjung ke Lampung dan ingin mencari tempat wisata disana tidak hanya bisa ke Way Kambas tapi juga ke Pantai Wartawan.

Lampung sendiri memiliki beragam tempat wisata menarik dengan daya tariknya masing-masing. Tempat wisata ini memiliki konsep yang berbeda-beda mulai dari yang menampilkan suasana alam, peninggalan sejarah, hingga yang bernuansa modern dan kontemporer. Pantai ini menyuguhkan suasana alam yang begitu indah dan mempesona.

Dari namanya memang tidak begitu populer di kalangan wisatawan. Namun, nama tempat wisata ini terkesan unik sehingga membuat banyak wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Tak hanya penasaran dengan sejarah penamaan pantai, wisatawan juga penasaran dengan panorama alam yang disuguhkan pantai unik yang diberi nama ini.

Atraksi yang disarankan oleh jurnalis pantai

Atraksi Pantai WartawanKredit gambar: Google Maps Bang Donie

1. Memiliki sumber air panas

Daya tarik utama tempat wisata ini adalah adanya sumber mata air panas berupa mineral dengan campuran air laut.Lokasi sumber air panas berada di pinggir pantai yang dikelilingi bebatuan dan hanya ada saat air laut surut. . Seperti namanya, air panas mengeluarkan uap panas terus menerus.

Suhu air laut di pantai wartawan bisa mencapai 80-100 derajat Celcius. Pemandian air panas yang hanya terjadi saat air laut surut ini dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit dan rematik atau gangguan tulang sehingga bisa sembuh. Saat air laut pasang, mata air panasnya tertutup air laut.

Yang menarik dari pemandian air panas ini adalah lokasinya yang berada di pesisir pantai. Biasanya wisatawan akan menemukan sumber air panas di kawasan gunung berapi yang masih aktif. Wisatawan akan menemukan air hangat dan air laut di sini sehingga fenomena alam tersebut menarik perhatian wisatawan.

Air panas dapat terjadi melalui proses yang disebabkan oleh posisi pantai yang terletak dekat dengan lokasi Anak Gunung Krakatau yang masih aktif. Dapat disimpulkan bahwa kemunculan belerang dari anak-anak Gunung Krakatau inilah yang menyebabkan terjadinya air panas. Uniknya, air panasnya tidak asin.

2. Ada tempat wisata lainnya

Daya tarik lain yang bisa didapatkan saat berkunjung ke Pantai Wartawan adalah adanya spot wisata lainnya seperti Bukit Botak, Gunung Krakatau Anak, Gua dan Makam Prajurit. Untuk Bukit Botak, lokasinya tidak begitu jauh dari lokasi pemandian air panas. Ketinggian bukit ini hanya 50 meter.

Wisatawan bisa melihat keindahan alam pantai dari bukit ini. Selain Bukit Botak, ada anak Gunung Krakatau yang statusnya selalu aktif sehingga sering terjadi letusan. Wisatawan pasti tahu nama gunung yang menyimpan legenda ini. Tidak hanya wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Kemudian wisatawan juga akan menemukan tempat wisata lainnya yaitu gua dan Makam Prajurit. Lokasinya masih di kawasan Perbukitan Botak dan Pantai Wartawan. Dinamakan Gua dan Makam Prajurit karena di sana terdapat gua dan makam pendekar legendaris Banten bernama Tubagus Sulaiman.

3. Asal usul nama dan pemandangannya yang indah

Sedikit wisatawan yang penasaran dengan pantai ini karena memiliki nama yang agak unik. Kata ‘jurnalis’ disematkan pada nama tempat wisata ini bukan tanpa alasan. Ada nilai sejarah yang tidak akan lepas dari pantai. Dinamakan ‘wartawan’ karena profesi penduduk setempat yang tinggal di dekatnya.

Orang-orang yang tinggal di sekitar pantai bekerja sebagai jurnalis yang mencari dan menulis berita. Merekalah yang mengelola pantai sehingga kami menyebutnya “wartawan”. Selain dari keunikan namanya, pantai ini juga menarik karena pemandangan alam yang ditawarkannya.

Dari pantai, Anda akan melihat Anak Gunung Krakatau naik dengan megahnya. Selain pemandangan tersebut, birunya laut yang berpadu dengan pasir putih juga menambah indahnya pemandangan alam. Keberadaan sumber air panas yang muncul saat air laut surut juga tampak menarik.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat pantai wartawanKredit gambar: Saluran Google Maps Siger

Lokasi Pantai Wartawan terletak di kawasan Bandar Lampung tepatnya di selatan Kabupaten Lampung Lampung. Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai kabupaten Rajabasa di desa Waymuli dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Lokasinya tidak jauh dari lokasi pelabuhan Bakauheni, sekitar 31 kilometer.

Sedangkan dari pusat kota Kalianda, pantai ini hanya berjarak 18 kilometer. Letak pantai ini sangat strategis, tepatnya di pinggir jalan penghubung antara kota Kalianda dengan kabupaten Rajabasa. Akses jalan juga cukup baik. Namun, lokasinya juga berada di tepi jalan sempit antara laut, lereng gunung, dan pepohonan.

Rute menuju lokasi dapat ditempuh dari Bundaran Arca Raden Intan di Kalianda. Wisatawan dapat melewati Jl.Kolonel Makmun Rasyid-Jl. Raden Intan. Di pertigaan Jl. Lubuk Timbangan belok kiri lewat Jl. Serma M. Tamimi Rahman. Kemudian, jika bertemu perempatan Jl Veteran Atas, ambil kanan. Ikuti jalan melewati Jl.Pesisir.

Di Jl. Di pinggir pantai, wisatawan akan melihat panorama pantai di sebelah kanan sepanjang jalan. Untuk sampai ke pantai, wisatawan cukup mengikuti Jl.Ctier. Lokasinya berada di kanan jalan, tepatnya di belakang Wartawan De Mansion Hostel dan Pantai Wartawan Lampung.

Tiket Masuk Pantai Jurnalis

Tiket Masuk Pantai JurnalisKredit gambar: Google Maps Qi Bale

Untuk menikmati keindahan yang tersaji di destinasi bahari di Lampung selatan ini, wisatawan hanya perlu menyiapkan bujet Rp 2.500 per orang. Kemudian, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa menyiapkan Rp 2000 untuk parkir motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil.

Mengenai waktu operasional, wisatawan bisa datang ke lokasi mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA. Datanglah di waktu yang tepat agar lebih leluasa mengeksplor keindahan pantai ini.

Aktivitas Seru di Pantai Jurnalis

Aktivitas menyenangkan Wartawan pantaiKredit gambar: Google Maps Yaqin 1989

1. Perburuan Foto

Panorama alam pesisir pantai yang indah sayang jika tidak diabadikan oleh kamera. Oleh karena itu sebaiknya wisatawan membawa kamera atau smartphone jika tidak ingin melewatkan momen liburan di tempat wisata ini. Setiap sudut pantai menyuguhkan panorama alam yang eksotis.

Pantai Wartawan menawarkan pemandangan anak-anak Gunung Krakatau, lautan biru, pasir putih, pepohonan hijau dan bebatuan dengan berbagai ukuran di pantai. Oleh karena itu, wisatawan dapat mengajak keluarga, teman, dan pasangannya saat berkunjung ke tempat wisata tersebut.

2. Gunakan sumber air panas

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di sana adalah menikmati pemandian air panas yang terletak di tepi pantai. Air panas tersebut berasal dari anak Gunung Krakatau yang masih aktif. Wisatawan bisa menyaksikan hangatnya air di pantai ini pada pagi atau sore hari. Saat air pasang, mata air panas tidak terlihat.

Mata air panas tidak terlihat karena tertutup oleh permukaan laut, sehingga mata air panas muncul saat air laut surut. Suhunya mencapai sekitar 80 hingga 100 derajat Celcius, yang tentunya mampu mengobati gatal-gatal, reumatik dan lain-lain. Bisa juga digunakan untuk merebus ikan, telur, udang dan membuat kopi.

3. Melihat matahari terbenam

Pemandangan Pantai Wartawan semakin indah saat matahari terbenam. Wisatawan bisa duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan alam yang disuguhkan. Warna langit berubah menjadi jingga dan jingga saat senja. Panoramanya sangat indah bila diambil menggunakan kamera.

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai

Fasilitas pantai untuk wartawanKredit gambar: Google Maps Bang Yodis

Fasilitas yang tersedia di Pantai Wartawan cukup lengkap, mulai dari lahan parkir yang cukup luas bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Kemudian ada juga pemandian air panas yang merupakan fasilitas alam di kawasan pantai. Namun, sumber air panas hanya terlihat saat air laut surut. Saat air pasang, mata air panasnya tertutup air laut.

Fasilitas umum seperti kamar mandi, mushola, warung makan juga tersedia disana. Wisatawan yang ingin bermalam dapat dengan mudah menemukan penginapan di kawasan pantai.

Pantai Jurnalis merupakan salah satu destinasi liburan yang direkomendasikan bagi wisatawan yang berkunjung ke Lampung. Selain Way Kambas, wisatawan juga dapat menjelajahi tempat wisata lainnya termasuk pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button