Pantai Turki Terre de Mer, Menikmati Panorama Pantai yang Menakjubkan dari Rumah Pohon - WisataHits
wisatahits

Pantai Turki Terre de Mer, Menikmati Panorama Pantai yang Menakjubkan dari Rumah Pohon

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Turki, Desa Swarangan, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Kasus: Cek lokasi

Pantai Turki merupakan destinasi wisata bahari yang sukses di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pantai ini adalah milik pribadi dan dikelola oleh keluarga Triswanto. Sebelumnya, pantai yang menjadi milik pribadi itu tidak dibuka untuk umum. Namun, ada pengunjung yang mulai berdatangan, akhirnya pantai ini bisa dinikmati oleh masyarakat.

Meski mendengar namanya, pengunjung bisa langsung membayangkan Turki. Namun, nama ini sebenarnya tidak ada hubungannya dengan negara Ottoman. Pantai Turki berasal dari singkatan Tungkaran Kiri yang merupakan sebuah desa di kecamatan Jorong, tepatnya di kabupaten Tanah Laut.

Destinasi wisata ini cocok untuk liburan keluarga. Selain harga tiket masuk yang murah, pemandangan pantai yang indah dan fasilitas yang memadai akan memanjakan pengunjung. Saat liburan tiba, pantai ini akan ramai dikunjungi pengunjung.

Atraksi pantai Turki

Atraksi Pantai Turki Tanah LautKredit Gambar: Instagram Irfan

Pantai Turki awalnya tidak terbuka untuk umum karena merupakan milik pribadi. Namun, seiring berjalannya waktu, pengunjung yang datang semakin banyak. Hal ini tidak dapat dipisahkan karena pantai ini memiliki daya tarik sebagai salah satu pilihan wisata bahari untuk berlibur di Sea Country yang pada akhirnya mengarahkan pemiliknya untuk mengelola dan membuka pantai ini agar para pengunjung juga dapat menikmati kepribadiannya yang berbeda-beda.

1. Pemandangan pantai

Pantai ini memiliki sedikit perbedaan dengan wisata pantai di Kalimantan Selatan. Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan disambut dengan pasir putih. Jika pengunjung sangat berhati-hati, sebenarnya warna pasirnya tidak sepenuhnya putih, melainkan ada yang berwarna kekuning-kuningan. Perpaduan warna pasir ini menyerupai emas saat terkena sinar matahari.

Tak hanya pasir, laut biru yang bersih dan jernih juga membentang memanjakan mata. Ditambah lagi dengan pepohonan yang sebenarnya merupakan hutan di wilayah Kalimantan Selatan. Justru uang menjadi daya tarik utama pantai di pesisir selatan Kalimantan ini. Keindahan alam yang berbeda ini sering dijadikan background foto, hasilnya selalu memukau.

2. Rumah pohon

Rumah pohon di pantai Turki menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Memang tidak semua pantai memiliki rumah pohon, sehingga bangunan ini menjadi ciri khas yang ingin dialami banyak pengunjung saat melihat pantai di atas rumah yang dibangun di antara dahan pohon yang tidak terlalu tinggi.

Rumah pohon unik ini dibangun di atas dua lantai. Jika pengunjung memasukinya, akan ada kursi yang terbuat dari ban mobil bekas. Ada juga pot bunga agar lebih menarik. Rumah pohon ini juga dicat dengan warna berbeda untuk memberikan tampilan yang lebih meriah. Dari luar, rumah pohon ini sangat menarik. Tak heran jika pengunjung mengubahnya menjadi spot foto.

3. Monumen pantai Turki

Salah satu daya tarik utamanya adalah adanya bangunan kayu sederhana namun dengan corak yang khas. Salah satunya adalah monumen kayu bertuliskan Pantai Turki. Dihiasi dengan kayu yang ditata apik, serta bentuk bintang di atasnya, monumen ini sering menjadi spot foto yang banyak digunakan pengunjung.

Ada juga gubuk-gubuk kecil dengan bentuk etnik, terutama atapnya yang berbentuk kerucut tinggi sehingga terlihat seperti bangunan tua yang ada di luar negeri. Beberapa gazebo yang tersedia juga memiliki bentuk yang sama. Bangunan-bangunan ini sendiri memang dibuat oleh pengelola sendiri untuk menambah daya tarik destinasi wisata tepi laut yang baru ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Lokasi pantai TurkiKredit gambar: Instagram Sientia Fazari

Pantai indah ini terletak di Jalan Pantai Turki, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Untuk mempermudah, Anda bisa pergi ke distrik Jorong terlebih dahulu. Jarak antara kota Pelaihari dan kabupaten Jorong sekitar 45 kilometer. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, roda dua atau roda empat.

Nantinya, jika perjalanan Anda sudah sampai di kabupaten Jorong, Anda bisa langsung menuju SPBU kemudian mengambil arah yang benar. Kemudian langsung menuju pintu dengan tulisan “Turkish Beach”. Setelah melewati pintu ini, Anda dapat mengambil jalur kiri dan terus mengikuti jalan tersebut hingga mencapai lokasi.

Untuk mencapai tempat wisata tepi laut ini, rute yang Anda tempuh sudah dapat dijangkau dengan baik dan mudah ditemukan. Jalannya beraspal dan cukup lebar untuk dilalui bus. Jika takut tersesat, Anda juga bisa mencari tempat di GoogleMap. Tapi kita harus hati-hati, karena meski jalannya lebar, banyak pelari yang tiba-tiba melewati kita.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga tiket di Pantai TurkiKredit Gambar: Instagram Farina Amelia

Untuk memanfaatkan pesona alam di sekitar pantai ini, pengelola menetapkan biaya masuk kawasan dan cukup terjangkau. Pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Sedangkan untuk anak di bawah umur gratis sama sekali alias gratis.

Ada juga pajak sebesar Rp 2.500 untuk pembangunan fasilitas pantai. Sedangkan parkir kendaraan dilepas sebesar Rp 10.000 untuk semua jenis kendaraan yang dibawa pengunjung.

Hal-hal menyenangkan untuk dilakukan di pantai Turki

Kegiatan menarik di pantai TurkiKredit gambar: Instagram Wiwid A’R

Pantai Tanah Laut ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk liburan keluarga. Beberapa aktivitas yang begitu menarik untuk dilakukan akan membuat liburan menjadi lebih menyenangkan. Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan agar tidak bosan berlama-lama di pantai ini.

1. Permainan air

Ombak di pantai Turki cukup tenang, sehingga aman untuk bermain air. Anda bisa mengajak anak-anak bermain air atau berenang di pantai dengan air yang dangkal. Anda bisa menyewa peralatan untuk berenang, ada juga kamar mandi untuk membersihkan diri. Air lautnya yang sejuk sayang untuk dilewatkan begitu saja jika berkunjung ke pantai ini.

2. Piknik

Anda bisa menggelar tikar di area pantai ini. Duduk bersama keluarga sambil menikmati pemandangan laut pasti akan menghilangkan rasa lelah Anda. Bisa juga mengisi perut jika membawa bekal dari rumah. Bersantai di kawasan pantai yang eksotis ini juga menenangkan karena suasana sejuknya banyak pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

3. Ambil gambar

Kegiatan menyenangkan di pantai Turki Tanah LautKredit Gambar: Cerita Instagram Banjar

Ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu gunakan sebagai background untuk mengabadikan momen. Jika Anda menginginkan suasana yang alami, keindahan pantai dan birunya laut akan terkesan eksotis, menambah keindahan bidikan Anda. Jika ingin spot foto yang unik, Anda juga bisa berfoto di spot-spot yang sudah disediakan pengelola.

4. Wisata kuliner

Jika tidak membawa bekal, Anda juga bisa berwisata kuliner di kawasan Pantai Turki. Terdapat warung dan kafe yang menawarkan berbagai menu seafood yang bisa Anda coba. Bahan-bahannya juga sangat segar karena langsung dari laut, masakan ini juga memiliki rasa pedas yang khas, jadi patut untuk dicoba.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantai TurkiKredit gambar: Ikan Teri Lezat Google Maps

1. Hotel Sabumi

Hostel ini terletak di kawasan Tanah Laut, sehingga dekat dengan pantai Turki. Kamar yang disediakan cukup nyaman dengan fasilitas yang lengkap. Harga per malamnya hanya Rp 250.000 hingga Rp 400.000. Anda nantinya akan mendapatkan fasilitas seperti AC, TV, WiFi gratis, kulkas kecil dan juga sarapan pagi.

2. Hotel Deghan

Hostel ini sangat cocok untuk pelancong solo. Dengan harga yang terjangkau, pengunjung dapat beristirahat dengan tenang dan dilengkapi dengan fasilitas seperti AC, WiFi dan sarapan. Pelayanan yang diberikan juga baik dan ramah. Harga per malamnya sendiri mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per malam.

3. Hotel Duta

Hotel dengan konsep bangunan artistik ini sudah cukup tua, namun bisa menjadi alternatif untuk menginap. Hotel ini berada di lokasi yang strategis dan cukup dekat dengan pantai. Perlengkapan yang ditawarkan juga cukup lengkap. Anda juga mendapatkan sarapan dan layanan yang ramah. Area parkir yang disediakan juga sangat luas.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di wilayah Pantai TurkiKredit gambar: Twitter Sheila

Meski baru dibuka untuk umum, fasilitas di pantai Turki cukup memadai. Tempat umum seperti toilet dengan biaya kebersihan Rp 2.000 dan juga kamar mandi dengan biaya kebersihan Rp 5.000. Selain itu, ada juga tempat ibadah beserta fasilitasnya yang dapat digunakan pengunjung secara gratis.

Di sekitar pantai juga terdapat delapan gazebo. Pengunjung dapat menggunakannya secara gratis. Dengan gazebo-gazebo tersebut, pengunjung bisa beristirahat dan berteduh dari terik matahari. Pengunjung juga bisa memanfaatkannya untuk berkumpul bersama keluarga, teman atau berkelompok.

Selain itu, fasilitas lain juga tersedia bagi pengunjung untuk menikmati liburannya. Misalnya ada juga spot foto, payung besar untuk berteduh di pinggir pantai. Jika pengunjung ingin mengisi perut, juga terdapat kafe dan warung yang menawarkan banyak menu seafood dengan cita rasa bumbu yang khas.

Pantai Turki baru saja dibuka, namun berpotensi menjadi destinasi wisata unggulan di Sea Country, sangat cocok sebagai tempat berkumpul keluarga untuk berlibur. Pemandangan pantai yang indah berpadu dengan bangunan kayu yang unik menjadikannya tempat wisata yang semakin populer.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button