Pantai Tanjung Tinggi Belitung - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Tinggi Belitung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket – Pantai Tanjung Tinggi salah satu pantai menawan di pulau belitung, diapit oleh Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Pantai yang indah dihiasi dengan deretan batu-batu granit besar, pasir putih dan pemandangan pantai yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Ciput, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Hamparan pasir putih yang membentang di sepanjang Pantai Tanjung Tinggi menambah keindahan alam wisata ini. Laut biru dan langit cerah berawan akan mampu mengejutkan semua orang. Tak hanya itu, panorama bawah lautnya juga patut disyukuri.

Terletak di antara dua semenanjung, yang membuat pantai ini tidak terlalu luas. Namun meski hanya memiliki luas sekitar 80 hektar, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan dari luar kota setiap harinya.

Pantai yang pernah menjadi pelabuhan para nelayan ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Bangka Belitung. Fasilitas pengunjung sepenuhnya tersedia di kawasan Pantai Tanjung Tinggi.

Atraksi Pantai Tanjung Tinggi

Aktivitas di Pantai Tanjung TinggiKredit gambar: Google Maps Albert Setiajo

1. Batuan granit di sekitar pantai

Ada bongkahan besar granit di pantai ini. Batu karang yang didominasi warna putih dan abu-abu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Batu-batu granit yang terdapat di pantai ini muncul akibat aktivitas gunung berapi. Material dari gunung berapi tersebut kemudian terbawa arus, kemudian sampai ke pantai. Ukuran batuan ini bermacam-macam, ada yang kecil hingga ketinggian hingga 5 meter.

2. Matahari terbenam yang menakjubkan

Bukan rahasia lagi kalau pesona sunset menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang untuk berwisata pantai. Tak terkecuali pesona sunset yang disuguhkan di Pantai Tanjung Tinggi.

Matahari mulai turun ke arah barat, akan memperlihatkan siluet bebatuan dan pepohonan di sekitar pantai. Suasana ini sangat menenangkan, berpadu dengan suara deburan ombak yang lembut.

Pengunjung bisa duduk-duduk di bebatuan granit atau di pinggir pantai untuk melihat momen-momen indah tersebut.

3. Banyak spot foto

Berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi akan terasa kurang jika tidak berfoto. Pemandangan alam yang indah di sekitar pantai berasal dari bongkahan batu granit besar dan latar belakang laut yang biru.

Pengunjung bisa menggunakan dasar lautan yang luas atau bebatuan yang berukuran raksasa. Hasil akhir dari foto ini dijamin akan berbeda dengan pemandangan di pantai lainnya. Untuk itulah, pantai berpasir putih ini menjadi spot favorit untuk berfoto.

Untuk mendapatkan bidikan yang sempurna, pengunjung dapat mengambil foto di siang hari. Jangan khawatir dengan panasnya matahari yang terik, semilir angin pantai yang bertiup akan membuat tubuh Anda semakin sejuk.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Tanjung Tinggi

Alamat Pantai Tanjung TinggiKredit gambar: Google Maps Andini Maheswari

Pantai yang terletak di Kecamatan Sijuk ini berjarak 37 km dari pusat kota terdekat. Anda akan mengambil beberapa rute untuk sampai ke Pantai Tanjung Tinggi.

Jika Anda menggunakan jalur udara saat pertama kali datang ke Bangka Belitung, Anda bisa menggunakan angkutan umum untuk melanjutkan perjalanan. Setelah itu, Anda akan diantar oleh pengemudi kendaraan menuju kawasan wisata. Jarak tempuh 1 jam ini akan sedikit melelahkan Anda.

Kemudian, jika melewati jalur kendaraan air seperti kapal atau perahu. Sesampainya di pelabuhan kota, Anda bisa melanjutkan perjalanan masih menggunakan perahu menuju pelabuhan desa Keciput.

Tak butuh waktu lama, perjalanan dari pelabuhan kota ke pelabuhan kecil desa. Yang akan Anda lakukan selanjutnya setelah tiba di pelabuhan desa ini adalah mencari transportasi umum untuk menuju pantai.

Saat pertama kali dibuka untuk umum, pantai eksotis ini memungkinkan semua orang masuk tanpa harus membayar tiket. Namun setelah berjalan jauh, masyarakat setempat memberikan harga Rp 10.000 per orang untuk tiket masuk mengunjungi pantai tersebut.

Hasil penjualan tiket nantinya akan digunakan sebagai dana untuk perbaikan kawasan pesisir, serta untuk pembangunan fasilitas tambahan. Selain tiket masuk yang harus dibayar, biaya parkir kendaraan pribadi dikenakan antara Rp 2.000 hingga Rp 5.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Tanjung Tinggi

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung TinggiKredit gambar: Google Maps Lukasz Oio

1. Berenang

Merasakan sejuknya air laut di Pantai Tanjung Tinggi bisa dilakukan sambil berenang. Pengunjung pantai ini diperbolehkan untuk melakukan aktivitas tersebut.

Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan saat berenang di pantai ini. Ada musimnya ubur-ubur keluar untuk berenang di perairan pantai. Hewan ini dikenal dengan daya sengatnya yang cukup berbahaya.

Oleh karena itu, pengunjung yang hendak berenang harus tetap memperhatikan keadaan perairan. Untuk menghindari disengat ubur-ubur, pengunjung bisa memilih perairan dangkal di pantai.

2. Berjalan-jalan di perairan pantai

Mencoba berkeliling perairan pantai menggunakan sampan merupakan pilihan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Tinggi. Masyarakat sekitar pantai akan menyediakan sampan untuk mendukung kegiatan ini.

Setelah bisa menggunakan perahu dengan sistem sewa, Anda akan diajak untuk berwisata air pantai yang biru. Aktivitas ini menjadi pilihan yang tepat ketika Anda ingin merasakan kesejukan air namun takut untuk berenang.

Saat berkeliling pantai laut, tangan Anda bisa bermain di air yang dekat dengan tempat Anda duduk. Namun tetap perhatikan posisi duduk Anda, percikan air bisa membasahi pakaian Anda jika terlalu terselip saat memilih tempat duduk.

3. Memancing

Memancing merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi besar dalam pengelolaannya. Di wisata pantai ini, pengunjung bisa mencoba menjulurkan jorannya untuk memancing.

Pancing yang digunakan pun tidak sembarangan, karena langsung menghadap ke laut, Anda perlu menyiapkan joran khusus terlebih dahulu. Umpan yang digunakan juga harus ikan kecil yang memiliki bau amis yang menyengat.

Daerah yang tidak memiliki ombak, merupakan tempat yang ideal untuk memancing di pantai yang indah ini. Ikan akan lebih memilih perairan yang tenang untuk bersembunyi, dan ini adalah kesempatan bagi para pemancing yang ingin mencoba aktivitas menarik ini.

4. Nikmati keindahan bawah laut

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung TinggiKredit Gambar: Google Maps NeniEka Laura

Jangan lewatkan keindahan bawah laut saat Anda mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi di Belitung. Anda bisa melakukan aktivitas seperti snorkeling atau diving untuk melihat surga bawah laut ini.

Anda bisa mencari peralatan untuk mendukung kegiatan ini dengan menyewanya dari masyarakat sekitar yang menyediakannya. Kemudian, setelah keamanan tercapai, Anda bisa memulai aktivitas seru ini.

5. Berjemur

Saat Anda mengunjungi wisata pantai ini, tidak ada salahnya untuk mencoba dan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Selain dapat menggelapkan kulit, Anda akan mendapat manfaat dari sinar matahari yang mengenai permukaan kulit.

Vitamin D yang didapat dari sinar matahari langsung akan membantu menjaga kesehatan, sehingga dapat mencegah timbulnya kanker kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jam 7 pagi hingga 11 pagi adalah waktu terbaik untuk berjemur.

Penginapan murah terdekat dengan pantai Tanjung Tinggi

Akomodasi Pantai Tanjung TinggiKredit gambar: Google Maps Baron Sudharta

1. Villa Lor di Tanjung Tinggi

Hostel ini terletak dekat dengan Pantai Tanjung Tinggi. Hanya dalam 3 menit, pengunjung pantai dapat mencapai vila yang menampung kolam renang.

Lokasinya yang strategis membuat hostel ini menjadi pilihan para pengunjung luar kota maupun mancanegara. Pemandangan yang disuguhkan dari arah villa ini adalah pantai dengan pasir putih yang indah.

2. Resor Pantai Lorin

Berjarak 2,3 km dari pantai, dari hostel ini hanya membutuhkan waktu 4 menit untuk sampai ke tempat wisata tepi laut yang menawan ini. Tempat parkir mobil yang luas, yang dapat menampung beberapa kendaraan roda 4 bagi pengunjung.

3. Pelangi Lake Resort Belitung

Memiliki desain kamar yang modern dan minimalis, yang membuat beberapa kamar di resort ini terlihat sederhana dan bersih. Hostel yang terletak 2,5 km dari pantai ini memiliki suasana yang tenang. Pengunjung akan dapat beristirahat dengan nyaman saat memilih hostel.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Fasilitas di Pantai Tanjung Tinggi BelitungKredit gambar: Google Maps Syafira Putri Dewi

Pengunjung yang datang ke Pantai Tanjung Tinggi akan menikmati fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya, banyak restoran di daerah pantai, berbagai menu, terutama makanan laut, dapat dicoba oleh pengunjung.

Selain fasilitas yang menyediakan amunisi untuk mengisi perut, fasilitas seperti sampan untuk pengunjung juga disediakan oleh masyarakat sekitar. Jika ada pengunjung yang ingin berkeliling pantai bisa menyewa perahu karet ini dengan ditemani pendamping.

Untuk toiletnya sendiri, pantai ini menawarkan beberapa yang diletakkan di pojok. Cukup dengan membayar Rp 2000, pengunjung sudah bisa menggunakan fasilitas sanitasi.

Demikian informasi mengenai Pantai Tanjung Tinggi di Kabupaten Belitung. Anda bisa menikmati keindahan surga di daerah terpencil ini bersama keluarga atau teman. Biaya yang dikeluarkan untuk mengunjungi pantai ini pun tidak terlalu dalam.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button