PANTAI TANJUNG KELAYANG Tiket, Lokasi & Atraksi - WisataHits
wisatahits

PANTAI TANJUNG KELAYANG Tiket, Lokasi & Atraksi

PANTAI TANJUNG KELAYANG Tiket, Lokasi & Atraksi

Harga tiket masuk Pantai Tanjung Kelayang : Rp 8.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung, Indonesia, 33212.

Pantai Tanjung Kelayang salah satu dari sekian banyak deretan pantai istimewa di Bangka Belitung. Tak heran jika masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Pantai ini dikembangkan sebagai tempat wisata khusus, bahkan masuk dalam 10 Bali Indonesia. Dengan pemandangan yang sangat indah khas pantai di negara tropis.

Pantai ini terletak di antara Selat Karimata dan Selat Gaspar. Lokasinya juga berada di lepas pantai timur Sumatera yang menawarkan keindahan matahari terbit. Pasir putih dan birunya laut menjadi daya tarik utama pantai ini. Belum lagi berbagai macam wahana dan hiburan yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Kelayang

Berwisata ke Pantai Tanjung Kelayang tidak akan menguras kantong Anda. Karena tiket masuknya sangat terjangkau, meski ada resor dan hotel yang mahal. Namun, pengunjung yang datang hanya untuk melihat-lihat tetap diperbolehkan dan hanya membayar tiket masuk.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 8.000

Baca: TANJUNG HIGH BEACH Belitung Tiket dan Berbagai Aktivitasnya

Jam Buka Pantai Tanjung Kelayang

Tempat wisata ini buka sepanjang hari, wisatawan bisa menikmati pantai dari pagi hingga sore hari. Waktu yang ideal untuk menikmati pantai dan bersantai adalah pagi dan sore hari. Pada siang hari, wisatawan bisa mencoba lompat pulau di sekitar pantai.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Keindahan Pantai Tanjung Kelayang yang menakjubkan

Pantai Tanjung KelayangPantai Tanjung Kelayang. Foto: Gmap/Tjan Sanak Huma

Pantai Tanjung Kelayang memang pantas menyandang predikat pantai indah negeri tropis. Di sini, wisatawan akan disuguhi pemandangan samudra biru yang luas. Dari biru kehijauan di pantai, biru muda dan biru tua di tengah lautan. Jika diperhatikan dengan seksama, airnya tampak begitu jernih hingga dasar pantai terlihat jelas.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang sangat halus. Wisatawan dapat dengan nyaman berjalan di sana tanpa alas kaki. Butiran pasir halus begitu lembut membelai kaki. Dan terasa hangat berjalan di atas pasir yang kering.

Di sekitar pantai tersebar batu-batu granit dengan berbagai ukuran. Batuan coklat muda hingga hitam ini diperkirakan telah ada 65 hingga 200 juta tahun yang lalu. Seolah tak termakan usia, batu-batu ini menahan ombak. Bahkan, permukaannya terlihat mulus, seolah tak pernah tergerus oleh ombak yang setiap saat menerpa.

Baca: Tiket, Atraksi dan Fasilitas Pantai Parai Tenggiri Bangka

Jelajahi kesenangan dengan lompat pulau

Mercusuar Pulau LengkuasMercusuar Pulau Lengkuas. Foto: Gmap/Muhammad Iftor

Salah satu aktivitas seru di Pantai Tanjung Kelayang adalah pulau ke pulau. Ini adalah kegiatan menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitar pantai. Beberapa pulau bisa dikunjungi, termasuk Pulau Kepayang. Berbeda dengan Tanjung Kelayang, di Pulau Kepayang tidak terdapat batuan granit.

Di pulau ini wisatawan bisa berjemur, bersantai atau bermain pasir pantai. Kemudian Anda bisa pergi ke Pulau Lengkuas yang menjadi favorit banyak wisatawan. Di sini terdapat mercusuar setinggi 50 meter yang usianya sudah ratusan tahun. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang mercusuar.

Selain mercusuar, kekhasan Pulau Lengkuas adalah adanya kolam air alami di tengah pulau. Wisatawan bisa mencoba segarnya air kolam ini. Selain itu, wisatawan juga bisa pergi ke Pulau Berlayar. Karena di sini terdapat bebatuan yang bentuknya seperti layar kapal yang terbentang.

Baca: Harga Tiket Masuk PANTAI Bangka MATRAS, Aktivitas dan Lokasi

Serunya bermain air di pantai

Pantai Tanjung Kelayang memiliki karakteristik ombak yang tenang. Ditambah dengan yang ada di sekitar pantai, perairannya masih relatif dangkal. Tidak banyak bebatuan jadi lebih aman untuk berenang. Selain berenang di perairan dangkal, wisatawan juga bisa bermain di pasir pantai.

Jika ingin lebih seru, wisatawan bisa mencoba wahana jet ski. Dengan harga sekitar Rp 300.000 untuk satu sesi permainan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Pantai Batu Bedaun Bangka

Pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah

Senja di Tanjung KelayangSenja di Tanjung Kelayang. Foto: Gmap/KL ENZO

Fajar dan senja adalah waktu yang tepat untuk bersantai di sekitar pantai. Karena momen ini adalah saat matahari terbit dan terbenam. Wisatawan bisa duduk di pinggir pantai dengan atau bahkan tanpa alas duduk. Menghadap matahari dan melihat detik-detik kemunculan atau matahari terbenam.

Bagi yang menginap di resort atau hotel pantai, mungkin lebih mudah datang saat subuh. Bagi yang tidak menginap juga bisa langsung masuk karena pantai buka 24 jam sehari. Langit yang semula gelap, perlahan mulai terbelah oleh cahaya matahari. Diiringi kicauan burung pagi yang berkicau dengan semaraknya, seolah bergandengan tangan menyambut terbitnya matahari.

Saat sore hari, wisatawan bisa bersantai setelah beraktivitas. Sambil menikmati kuliner di sekitar pantai dan menyaksikan sunset. Suasana menjadi tenang, angin hangat berubah menjadi angin dingin, mengumumkan bahwa malam akan segera tiba.

Baca: PANTAI RAMBAK, Tiket & Atraksi Bangka

Lokasi kegiatan Sail Indonesia

Pada bulan Oktober, pantai ini menjadi tujuan kegiatan Sail Indonesia. Saat ini, perahu layar akan berlabuh di pantai ini. Suasana menjadi semarak, pemandangan pantai pun semakin ramai dengan perahu layar unik ini. Menjadi tontonan indah tersendiri dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat maupun wisatawan.

Baca: PANTAI TUING Tiket Murah ke Pantai Pasir Putih Menakjubkan

Sejarah Nama Pantai Tanjung Kelayang

batu berbentuk kepala burungBatu berbentuk kepala burung. Foto: Gmap/Peter Koster

Penamaan pantai ini pun tidak sembarangan, bahkan ada cerita yang dipercaya oleh masyarakat setempat. Pantai seluas 324,4 hektar ini memiliki batu karang yang jika dilihat dari sudut tertentu berbentuk kepala burung. Dalam bahasa Belitung, kepala burung disebut “kelayang”. Ini adalah konteks penamaan rentang ini.

Cerita lain menceritakan bahwa di kawasan pantai ini dulunya terdapat banyak layang-layang. Atau orang lebih familiar dengan nama walet. Karena banyaknya burung, orang menyebutnya Pantai Tanjung Kelayang.

Fasilitas Pantai Tanjung Kelayang

Obyek wisata ini sudah memiliki fasilitas umum yang memadai seperti tempat parkir, toilet dan mushola. Ada juga restoran, hotel, dan resor yang bisa disewa wisatawan. Lalu ada ampiteater sebagai tempat pertunjukan yang sering berlangsung di pantai ini.

Lokasi Pantai Tanjung Kelayang

Wisata pantai pasir putih ini berlokasi di Keciput, Sijuk, Kepulauan Bangka Belitung. Jarak dari kota Tanjung Pandan sekitar 28 kilometer. Dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button