Pantai Surumanis Kebumen - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Surumanis Kebumen – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Surumani salah satu pantai yang eksotis dan indah keboumen. Pantai khas Laut Selatan yang memiliki spot-spot keren dan menggairahkan.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Beta, Sable, Kec. Ayah, Lingkungan. Kebumen, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Panorama kawasan Pantai Selatan terkenal dengan keindahannya yang luar biasa. Apalagi pantai selatan juga dikenal memiliki ombak yang besar dengan pasir putih dan bebatuan yang eksotis. Nah, salah satunya adalah pantai Kebumen Surumanis ini. Lokasi pantai ini cukup tersembunyi di ujung selatan Kebumen dan tetap menjadi destinasi wisata baru dengan keindahannya yang selalu terjaga.

Seiring berjalannya waktu, objek wisata ini bermunculan dan terkenal di kalangan masyarakat milenial. Memang banyak orang yang memposting foto dengan latar belakang keindahan khas pantai berbatu di pantai selatan.

Meski destinasi wisata tepi laut ini terkesan sangat baru di Kebumen, namun eksotisme pantai mampu membius siapa saja yang datang mengunjunginya. Pantai Surumanis memiliki panjang sekitar 600 meter dengan tebing hijau yang indah dengan karang yang tersebar di sepanjang garis pantai.

Atraksi Pantai Surumanis

Aktivitas Pantai SurumaniKredit gambar: Google Maps Yulia Angelina

Pantai ini memiliki pantai eksotis yang tersembunyi yang sangat menakjubkan. Di sini Anda akan merasakan surga tersembunyi dengan segala keindahannya. Semuanya selalu terlihat sangat indah dan alami. Dengan sedikit pengunjung, pantai ini masih sangat bersih dari sampah.

Dengan keadaan pantai yang masih sepi, inilah yang membuatnya begitu megah dengan keindahan dan kealamiannya. Di situlah letak daya tarik Pantai Surumanis bagi para wisatawan.

1. Tempat foto pojok

Disini anda akan melihat beberapa spot photo corner yang sengaja disediakan oleh pengelola untuk para wisatawan untuk berfoto selfie. Spot foto pojok ini pasti menyediakan foto-foto yang instagramable.

Tidak hanya sudut foto, bagian lain dari pantai ini juga bisa dijadikan spot foto menarik. Dengan mengambil sudut foto yang tepat dan konteks yang begitu eksotik pasti akan menghasilkan foto yang sangat keren.

Banyak wisatawan yang datang ke pantai dan berfoto selfie di sudut foto ini kemudian mempostingnya di halaman media sosial mereka. Hal inilah yang membuat pantai Surumani mulai dikenal masyarakat luas karena keindahannya yang masih sangat alami dan asri.

2. Bentuk pantainya seperti teluk

Tahukah kamu kalau bentuk pantai ini menyerupai teluk? Ya, itulah yang membuat tempat ini memiliki ombak yang kecil dan jinak. Sebab, ombak sudah terlanjur pecah dengan adanya bebatuan yang berserakan di sepanjang pantai.

Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik yang membuat wisatawan datang kembali ke tempat wisata ini.

3. Bukit Hijau

Atraksi Pantai SurumanisKredit gambar: Google Maps Umi N. Triana

Di sekitar pantai terdapat perbukitan yang masih tampak hijau. Keberadaan bukit-bukit tersebut menambah indahnya suasana pantai. Dengan kondisi wisata yang masih tenang, Anda merasa nyaman dan tenang berada di sini. Dengan demikian, Anda akan merasa lebih rileks saat menikmati liburan di pantai Surumanis ini.

Berwisata ke Pantai Serumanis sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Meski untuk mencapai pantai ini membutuhkan usaha yang lebih, namun ketika Anda tiba nanti, segala penat akan terbayar dengan keindahan pantai yang memesona.

4. Batu karang yang eksotis

Tidak hanya itu, di sepanjang pantai Anda akan disuguhi pemandangan eksotisme hamparan batu karang khas batu karang pantai selatan. Anda juga dapat membuat batu-batu ini selain foto Anda. Apalagi hamparan pasir hitam pantai ini juga sangat indah jika dijadikan sebagai background foto anda.

5. Lanskap Lanskap di Bukit

Di pantai ini Anda bisa melihat panorama pantai yang indah dengan perspektif yang berbeda dari bukti di atas. Di sini Anda bisa leluasa menikmati panorama alam pantai yang indah.

Alamat dan Petunjuk Arah Lokasi Pantai Surumani

Kredit gambar: Google Maps Endah Yuwatiningsih

Tahukah Anda bahwa alamat wisata pantai Surumani ini memiliki nama kecamatan yang unik? Ya, wisata bahari ini terletak di kecamatan Ayah. Tepatnya di Desa Pasir, Kebumen, Jawa Tengah. Lokasi wisata pantai ini kebetulan berdekatan dengan wisata lain di bagian timur yaitu Pantai Paddyan.

Untuk sampai ke destinasi tepi pantai ini, Anda harus melalui jalur berbukit yang cukup terjal. Jika Anda memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi, pastikan terlebih dahulu kendaraan dalam kondisi baik agar tidak ada masalah saat perjalanan menanjak dan menurun.

Perjalanan ini akan sangat melelahkan dan sulit, karena perbukitan yang sangat curam dan kondisi jalan yang kurang baik. Tidak hanya kondisi kendaraan yang harus diperhatikan, tetapi juga kondisi kesehatan tubuh Anda. Karena kursus yang penuh dengan acara seperti ini membutuhkan fisik yang prima.

Untuk mengakses lokasi wisata, ada beberapa rute yang harus Anda ikuti. Jika anda datang dari kota Kebumen, maka anda langsung ambil jalan menuju Pantai Petahanan, lalu ke Pantai Suwuk, lalu ke Pantai Karang Bolong.

Perjalanan dilanjutkan ke Pantai Ayah, lalu ikuti saja jalan menuju Pantai Pasir. Nah, di sini, jika Anda menemukan lereng yang sangat curam dan menonjol, Anda akan melihat gerbang menuju pantai Pacoran.

Dari sana Anda harus berjalan kaki hingga 1 km untuk mencapai pantai Surumanis. Benar-benar perjalanan yang melelahkan dan melelahkan, bukan?

Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis Kebumen

Harga Tiket Masuk Pantai Surumanis KebumenKredit gambar: Google Maps Allief Fajar Jundan

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan surgawi pantai ini, Anda bisa membeli tiket masuk terlebih dahulu. Untuk tiket masuk sebagai hadiah, Anda hanya perlu membayar 5.000 rupee.

Nah, bagi Anda yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir. Untuk motor, biaya parkirnya hanya 2000 rupiah. Sedangkan untuk mobil, biaya parkirnya 5.000 rupee.

Biaya masuk wisata pantai digunakan oleh pengelola untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di wisata pantai. Tak hanya itu, uang tersebut juga digunakan untuk biaya kebersihan tempat wisata.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Surumanis

Aktivitas Menarik di Pantai SurumanisKredit gambar: Google Maps Masriyanti

Berlibur di Pantai Surumanis, Anda bisa melakukan banyak aktivitas menarik. Kegiatan ini kurang lebih sama seperti saat anda berlibur untuk wisata pantai pada umumnya.

1. Berfoto di Spot Corner

Disini kamu bisa berfoto dengan berbagai sudut foto yang telah disediakan. Hal ini dimaksudkan agar tempat-tempat wisata lebih semarak dan mudah dikenal masyarakat luas saat dipublikasikan di jejaring sosial manapun.

Apalagi masih banyak daerah lain dengan spot foto yang tak kalah menarik. Asalkan kamu pintar mencari spot yang Instagrammable dan angle yang pas.

2. Bermain di pantai berpasir

Sama halnya dengan liburan pantai, disini kamu juga bermain pasir pantai. Mulailah dengan membangun istana, membenamkan diri di pantai, dan banyak lagi.

3. Nikmati pemandangan di atas bukit

Di sekitar pantai terdapat sebuah bukit yang bisa Anda seberangi untuk sampai ke puncak bukit. Di atas bukit, Anda bisa menikmati pesona keindahan pantai Surumani dari atas. Di sini Anda bisa menikmati keindahan alam wisata tepi laut dengan segala cara.

4. Perkemahan

Aktivitas menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat liburan di pantai adalah berkemah. Berkemah di pantai selalu merupakan hal yang sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama teman atau keluarga.

Saat berkemah di tepi pantai, Anda akan merasakan sensasi tersendiri. Anda dapat menikmati angin laut di malam hari, untuk menikmati keindahannya matahari terbenam Di mana Matahari terbit di pagi hari. Jangan lupa bahwa Anda juga bisa membakar ikan dengan membuat api unggun di dekat perkemahan.

5. Berenang

Berenang adalah salah satu kegiatan paling menarik yang bisa Anda lakukan di pantai. Anda juga bisa bermain air dari samping. Namun perlu diingat bahwa tidak semua pantai bisa digunakan untuk berenang, ya. Pertama Anda perlu melihat apakah air laut dan ombaknya cocok untuk berenang atau tidak.

6. Olahraga pantai

Jika Anda sedang liburan pantai, hal yang paling seru untuk dilakukan bersama teman adalah bermain olahraga pantai. Bisa jadi voli pantai atau sepak bola pantai. Anda juga bisa bermain bola di pantai.

Penginapan murah dekat pantai Surumani

Penginapan murah dekat pantai SurumaniKredit gambar: Google Maps Wawan Triawan

Jika Anda merasa lelah dengan segala aktivitas selama liburan di Pantai Surumanis dan tidak ingin pulang atau berkemah di tepi pantai, Anda bisa menginap di hotel atau hostel yang dekat atau dekat dengan tempat wisata.

1. Bungalo Pantai dengan Pemandangan Sungai Suwuk

Akomodasi yang paling dekat dengan kawasan wisata di Kebumen ini adalah Pantai Suwuk pemandangan sungai Bungalo. Terletak di Kabupaten Tambakmulyo, Kebumen. Jarak antara hostel dan bungalo sekitar 4,63 km.

2.RedDoorz di dekat Gua Jatijajar

Rekomendasi akomodasi selanjutnya terletak di Kecamatan Ayah, Kebumen. pintu merah di dekat Gua Jatijajar berjarak sekitar 11,87 km dari kawasan wisata tepi laut.

3. Hotel dan Restoran Candisari

Untuk Candisari Hotel and Resto berjarak 21,81 km dari kawasan wisata Pantai Surumani, Kebumen. Lokasi hostel ini berada di Karanganyar, Kebumen. Harga untuk satu malam menginap adalah sekitar 380.000.

4. Maleo Kostel Swakarya

Maleo Kostel Swakarya adalah sebuah hostel yang agak jauh dari pantai, sekitar 23,92 km dari pantai. Maleo Hotel terletak di Selman, Yogyakarta. Untuk harga menginap per malamnya sekitar 190 ribu.

5. Hotel Garuda

Rekomendasi akomodasi terakhir adalah Hotel Garuda yang berjarak 26,1 km dari pantai ini. Hotel ini terletak cukup jauh yaitu di Purwokerto.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Suumanis Kebumen

Fasilitas Pantai Suumanis KebumenKredit gambar: Google Maps Katsiron Boement

Pantai Suumanis memiliki fasilitas penunjang yang cukup lengkap untuk memanjakan pengunjung yang datang berlibur.

1. Wahana baru

Jika Anda berlibur di pantai eksotis ini, Anda akan diperkenalkan dengan beberapa wahana baru seperti rumah pohon, jembatan setengah lingkaran, gua yang langsung menghadap pantai, dan wahana elang.

2. Tempat Foto Pojok

Tidak hanya itu, Anda juga bisa berfoto di area photo corner yang telah disediakan untuk menunjang foto Anda agar lebih instagramable.

Inilah keindahan Pantai Surumani di Kebumen. Bagi anda yang ingin berlibur di pantai ini, harap mempersiapkan fisik yang stabil dan kendaraan dalam kondisi baik. Karena mengingat perjalanan itu begitu ekstrim.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button