Pantai Semeti Lombok, Pesona Alam Tersembunyi Di Balik Bukit - WisataHits
wisatahits

Pantai Semeti Lombok, Pesona Alam Tersembunyi Di Balik Bukit

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Mawi, Seulg Belanak, Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Meski belum setenar Bali, pulau Lombok perlahan menjadi tujuan liburan. Keindahan yang ditawarkan pulau ini akan membuat siapapun jatuh hati, terutama wisata baharinya. Jika Anda ingin menghabiskan liburan di pantai yang unik, Pantai Semeti di Lombok Tengah bisa menjadi pilihan. Pantai ini memiliki keunikan dan keindahannya yang tidak bisa diabaikan oleh siapapun, terutama keunikan tebing batunya. Simak ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Pantai Semeti

Tentang Pantai SemetiKredit gambar: Twitter Detik perjalanan

Pantai ini terletak di pulau Lombok yang memiliki keunikan tersendiri. Jika Anda mencarinya di mesin pencari, Anda mungkin akan menemukan Pantai Mawi. Hal ini karena Pantai Semeti terletak di Jl. Pantai Mawi. Dan kedua pantai ini masih saling berdekatan namun masih berbeda dari segi bentang alamnya.

Pantai yang indah ini diberkahi dengan pasir putih dan juga dekat dengan destinasi pantai lainnya. Yang membuat pantai ini unik adalah adanya bebatuan karang yang memanjang. Beberapa bebatuan juga bertumpuk membentuk tebing-tebing yang indah. Batuan ini dikenal sebagai Kryptonite Coral, sebuah batu dari cerita fiksi Superman.

Pantai ini sebenarnya adalah pantai yang sedikit dikenal. Lokasinya cukup terpencil dengan akses yang masih sulit. Hingga seiring berjalannya waktu, nama wisata tepi laut ini mulai dikenal sebagai destinasi wisata. bahkan kini menjadi salah satu pantai favorit para pengunjung. Rasanya belum lengkap jika belum mengunjungi pulau Lombok di pantai eksotis ini.

Pemandangan Pantai Semeti

Aktivitas di Pantai SemetiKredit gambar: Twitter Mencari

1. Pantai yang masih alami

Daya tarik utama pantai ini adalah suasananya yang lebih tenang dengan alam yang indah. Dengan begitu, pengunjung bebas melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Airnya yang jernih dengan tebing-tebing yang indah akan membuat siapa saja betah berlama-lama.

Dan tentunya setiap sudut pantai selalu sangat bersih dengan pemandangan yang akan memukau siapa saja. Sayang sekali jika singgah di Lombok tanpa menikmati keindahan pantai ini. Pantai Semeti Lombok memang sangat cocok untuk anda yang tidak terlalu suka keramaian.

2. Batuan Eksotis yang Indah

Daya tarik selanjutnya tentu saja bebatuan yang membuatnya begitu unik. Sebenarnya nama pantai ini sendiri baru banyak diadopsi pada tahun 2017. Namun keunikan inilah yang membuatnya begitu terkenal. Pantai yang indah ini juga dikenal sebagai Pantai Kryptonite. Makanya karena julukan tersebut membuat wisatawan semakin penasaran.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bebatuan yang tersusun di tebing-tebing di pantai ini memang mirip dengan bebatuan dalam cerita Superman. Namun, tonggak pada kisaran ini tidak hijau seperti seri. Namun abu kehitaman yang semakin menambah eksotisme pantai di Lombok ini.

3. Memiliki akuarium alami

Selain dijuluki Pantai Kryptonite, pantai ini juga dijuluki Nature Aquarium. Dan tentunya julukan ini memiliki alasan, dimana pantai ini memiliki aquarium di antara tebing-tebingnya. Anda bisa menemukan biota laut yang hidup di antara tebing-tebing ini. Panorama ini bisa kamu temukan saat air surut.

4. Airnya sangat jernih

Tempat Wisata Pantai SemetiKredit gambar: Twitter Informasi perjalanan dan promosi

Pesona Pantai Semeti belum habis, Anda bisa melihat jika air di pantai ini begitu jernih. Memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan bawah laut hanya dari permukaan. Tebing tepinya mampu menahan ombak. Menjadikan pantai ini perairannya tenang, sangat cocok untuk bersantai.

5. Menghadirkan panorama yang indah

Padahal, keindahan pantai ini tidak hanya terletak di lautnya saja, sebelum Anda tiba, Anda akan dimanjakan dengan panorama yang ada. Perjalanan menuju pantai melewati persawahan dengan medan yang cukup sulit. Memang tidak setajam sebelumnya, namun tetap akan menghadirkan pengalaman yang berbeda.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai SemetiKredit gambar: Google Maps Irsan AG

Pantai indah di Lombok ini terletak di Jl. Pantai Mawi, Selok Belanak, kawasan Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, NTB. Lokasinya dekat dengan pantai Seulg Belanak dan pantai Mawi. Untuk sampai ke sana, Anda harus menempuh jarak sekitar 85 km. Setidaknya akan memakan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke beberapa jalur yang bisa Anda pilih.

Rute pertama yang bisa digunakan adalah melalui Jalan Kuta Lombok. Butuh waktu lebih lama jika Anda menggunakan rute ini. Namun Anda bisa menikmati pemandangan deretan pantainya hingga akhirnya tiba di Pantai Semeti. Atau bisa juga menggunakan jalan pantai Menurutg Belanak yang menggunakan jalan Menurutg Belanak.

Jalur kedua lebih banyak dijadikan pilihan, karena lebih cepat. Hanya saja Anda tidak akan sangat menghargai pemandangan yang indah. Untuk memudahkan pengunjung, Anda bisa menggunakan Pantai Mawi sebagai landmark. Karena keduanya memiliki meteran yang sama dan jaraknya juga dekat.

Anda harus berhati-hati jika menggunakan mobil, Anda harus menggunakan mobil yang tinggi. Karena jalan menuju pantai cukup berbatu, pengendaraan mobil juga berpengaruh. Jika Anda menggunakan sepeda motor, Anda tidak boleh menggunakan sepeda motor matic. Jalurnya sulit, tapi tidak terlalu berbahaya.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Pantai Lombok SemetiKredit gambar: Google Maps Tenar Indahti

Untuk menikmati keindahan pantai ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal sekitar Rp 5.000 jika naik roda dua. Sedangkan jika membawa mobil, harga tiketnya sekitar Rp 10 ribu. Harga tiket masuk ini tentunya dapat berubah sewaktu-waktu dan wisatawan asing akan menerapkan harga dua kali lipat.

Anda bisa berkunjung kapan saja, karena jam buka Pantai Semeti adalah Senin hingga Minggu. Pantai indah di tengah Lombok ini juga bisa dikunjungi selama 24 jam. Namun, karena pantai ini masih sangat alami, sebaiknya Anda tidak datang terlambat. Meski keindahan sunset di pantai ini memang sayang untuk dilewatkan.

Berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Semeti

Aktivitas di Pantai Lombok SemetiKredit Gambar: Google Maps Mazmazaharhar Har

1. Nikmati suasana pantai

Ada juga banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai ini sendirian. Satu hal yang pasti akan diapresiasi pengunjung adalah keindahan pantainya. Menikmati angin sepoi-sepoi khas pantai dengan suara deburan ombak tentunya akan menghilangkan segala penat. Apalagi meski kini sudah dikenal luas, pantai yang satu ini masih sangat sepi.

Anda tidak bisa mengabaikan keindahan yang dimilikinya. Sesampai di sana, Anda bisa menikmati hamparan pasir putih luas yang berkilauan diterpa sinar matahari. Pasirnya juga sangat lembut, sehingga banyak yang memilih untuk berjemur di atas pasir. Anda juga bisa bermain di pasir atau bermain di pantai.

Membawa bahan makanan dari rumah dan kemudian menggelar permadani dengan piknik juga bukan ide yang buruk. Kegiatan ini tentu akan lebih menyenangkan jika Anda pergi sekeluarga. Suasananya yang tenang dengan pemandangan yang indah, dijamin akan membuat Anda ragu untuk meninggalkan pantai yang satu ini.

2. Memancing

Anda harus tahu bahwa Pantai Semeti memiliki tempat memancing yang terkenal. Memang berbagai ikan hidup di kawasan pantai ini, bahkan warga sekitar juga sering menghabiskan waktu untuk memancing. Hanya saja pengunjung yang pergi memancing harus membawa peralatan memancing sendiri. Karena masih belum tersedia persewaan alat tangkap.

3. Mendaki

Aktivitas Lainnya Pantai Semeti LombokKredit gambar: Google Maps Sylvester Dueloke

Tebing batu Kryptonite di pantai ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Dan Anda dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menantang secara bersamaan. Apalagi saat mendaki tebing. Dengan mendaki tebing ini, Anda bisa memiliki pemandangan dari ketinggian yang lebih menawan. Namun tentunya harus hati-hati, karena bebatuannya cukup tajam.

Namun, mendakinya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan. Apalagi bagi anda yang suka berburu gambar-gambar indah, sambil mendaki tebing ini tentunya anda juga bisa berburu gambar. Batuan unik ini sebenarnya juga bisa ditemukan di pantai lain seperti Pantai Gigi Hiu misalnya.

4. Perburuan foto yang bagus

Aktivitas selanjutnya yang harus dilakukan adalah berburu foto-foto keren. Dengan alam yang begitu indah seperti Pantai Semeti, Lombok, tentu sayang jika Anda tidak mengabadikan setiap momen hidup Anda di pantai yang indah ini. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa kamera terbaik Anda. Selain itu, setiap sudut pantai ini sangat Instagramable.

Fasilitas yang bisa anda temukan di Pantai Semeti Lombok

Fasilitas Pantai Lombok SemetiKredit Gambar: Baki Kaki Google Maps

Meski pantai ini masih merupakan pantai yang tenang dan indah, bukan berarti Anda tidak akan menghargai fasilitas pendukungnya. Saat ini fasilitasnya masih minim, dimana fasilitas resminya adalah gazebo. Namun Anda sudah bisa menemukan warung makan yang menjual makanan dan minuman di sekitar pantai.

Cepat atau lambat penambahan fasilitas pasti akan dilakukan. Seperti tempat ibadah dan toilet. Anda bisa menemukan hotel dan homestay di sekitar kawasan Kota Praya dan kawasan Pantai Kuta. Harga yang ditawarkan untuk setiap hostel tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Menghabiskan liburan mengunjungi pantai yang masih asri tentunya sangat menyenangkan. Apalagi jika Anda datang bersama rombongan orang tersayang. Pastikan menjadi pengunjung yang bijak, termasuk tidak membuang sampah sembarangan agar pesona Pantai Semeti di Lombok Tengah tetap terjaga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button