Pantai Sadeng Gunung Kidul - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Sadeng Gunung Kidul – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Tempat dan Harga Tiket – Pantai Sadeng merupakan salah satu tempat wisata pantai yang menawan di Gunung Kidul, Jogja. Pantai ini dilindungi oleh tebing kapur dan dikenal sebagai surganya para pemburu ikan laut.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Songbanyu, Kecamatan. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Yogyakarta memiliki beberapa tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu pantai yang paling populer di Gunung Kidul, Yogyakarta adalah Pantai Sadeng. Pantai ini merupakan pantai surga bagi para nelayan pesisir. Pantai ini penuh dengan spesies ikan yang tidak pernah dilewatkan oleh para pemancing.

Pantai Sadeng merupakan salah satu dari deretan pantai indah di Gunung Kidul yang memiliki keindahan dan panorama alam yang luar biasa. Dari perjalanan menuju tempat wisata pantai ini, anda akan mendapatkan banyak sekali keindahan yang memanjakan mata.

Pantai Sadeng adalah pantai yang sangat istimewa di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki sejarah dan sejarah yang unik, dimana masyarakat sekitar menganggap bahwa pantai ini dulunya adalah sungai Bengawan Solo Purba yang menjadi pantai saat ini.

Atraksi Pantai Sadeng

Tempat Wisata di Pantai Sadeng Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Totok Dwi Hermawan

1. Pelabuhan Perikanan Terkenal di Desa Nelayan

Pantai Sadeng sudah dikenal sebagai desa nelayan sejak tahun 1983. Pantai ini menjadi salah satu penopang perekonomian rakyat. Dimana di kampung nelayan Yogyakarta yang terkenal ini, mereka melakukan beberapa kegiatan seperti pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan dan kegiatan lainnya.

Pantai ini digunakan sebagai kawasan pelabuhan bagi para nelayan. Dengan demikian, di pantai ini, Anda akan melihat perahu-perahu nelayan berjejer rapi di tepi pantai. Deretan perahu nelayan ini menambah eksotisme pemandangan pantai ini. Keberadaan desa nelayan ini menjadi salah satu daya tarik pantai ini.

2. Banyak spot foto

Daya tarik yang sangat menarik bagi wisatawan muda dan muda datang ke pantai ini adalah karena banyaknya spot foto. Spot foto yang bagus selalu menjadi pilihan tempat liburan bersama teman-teman.

Jalan-jalan dan hunting foto, seru-seruan bareng teman selalu dilakukan di pantai ini. Keindahan pantai dan pasir putihnya, selain pemandangan alam pantai ini juga dijadikan sebagai tempat berfoto bersama wisatawan.

3. Danau Seruling

Di dekat Pantai Sadeng, Gunung Kidul, ada sebuah danau bernama Telaga Suling. Danau ini memiliki sejarah sejarah. Menurut beberapa cerita, danau ini menyimpan sisa aliran air Sungai Bengawan Solo Purba.

Hal ini terlihat dari adanya bukit kapur dan lembah di tengah danau ini. Lembah ini merupakan tempat pertanian bagi masyarakat setempat. Lembah dengan luas 7 km ini sangat subur dan selalu menghasilkan banyak hasil bumi.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Sadeng

Alamat Pantai SadengKredit gambar: Google Maps Itsnan Riyadi

Pantai menawan ini terletak di Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul, Girisubo, tepatnya di Song Banyu. Jarak pantai ke kota Yogyakarta cukup jauh yaitu 83,2 km. Waktu tempuh dari kota Yogyakarta ke pantai ini sekitar 2 jam atau lebih.

Jalan yang harus ditempuh untuk menuju Pantai Sadeng dimulai dari kota Yogyakarta. Jika Anda menggunakan kendaraan roda dua, Anda bisa sampai di sana dengan cepat, tetapi jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, akan memakan waktu sedikit lebih lama karena kemacetan di jalan raya.

Dari kota, Anda bisa melewati Pertambahan Jalan Senopati dan menuju ke Tol Yogyakarta. Setelah itu bisa melalui Jalan Kusumanegara, setelah sampai di perempatan, ikuti jalan menuju Gedong Kuning.

Anda akan menemukan persimpangan untuk kedua kalinya, lalu pilih jalur yang mengarah ke timur menuju Jalan Wonosobo. Setelah itu, ikuti jalan menuju Jalan Nasional 3. Kemudian Anda akan sampai di Jalan Kyai Legi dan langsung menuju Jalan Judodiningrat.

Akhirnya Anda akan menemukan jalan Sadeng dan ikuti jalan ini dan lurus sampai Anda menemukan pintu masuk ke pantai Sadeng. Anda akan tiba di lokasi dan meninggalkan kendaraan Anda di tempat parkir sebelum memasuki pantai.

Rute lain menuju lokasi pantai ini bisa ditempuh dari arah Kelaten. Rutenya mengikuti jalan menuju Giripanggung, Semanu. Kemudian Anda akan melewati Jalan Culen, Pasar Jepitu.

Setelah itu, ikuti rambu petunjuk arah menuju pantai. Jalur Kelten adalah cara mudah untuk menemukan lokasi pantai indah di Gunung Kidul ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng Gunung KidulKredit gambar: Google Maps Ibzi Afra

Di Pantai Sadeng, harga tiketnya murah yaitu Rp 5.000 untuk satu orang. Dengan harga tiket yang murah, Anda sudah bisa menikmati keindahan dan segala fasilitas yang ada di pantai ini.

Untuk parkir berupa sepeda motor, Anda akan dikenakan biaya parkir hanya sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor. Sedangkan untuk kendaraan roda empat seperti mobil dan lain-lain tarifnya Rp 10.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sadeng

Aktivitas di Pantai Gunung Kidul SadengKredit Gambar: Catur Google Maps Rudy Atmoko

1. Mandi pantai

Jika Anda memilih tempat liburan pantai, aktivitas utama dan paling menarik untuk dilakukan adalah berenang di pantai dan permainan air. Air pantai yang jernih di pantai ini membuat Anda nyaman untuk berenang dan berendam.

Pantai Sadeng terletak di teluk yang terlindung dari deburan ombak besar dan keras. Oleh karena itu pantai ini aman jika Anda ingin berenang dan bermain air.

Selain itu, Anda bisa bermain air di pantai bersama anak-anak. Jika tidak ingin berenang, Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan duduk di tepian pasir putih yang lembut.

2. Tangkap berbagai jenis ikan

Selain para nelayan, pantai ini juga ramai dikunjungi para nelayan. Dikenal sebagai penghasil ikan paling maju, pantai ini mampu membantu masyarakat sekitar dari hasil tangkapan ikan. Ikan yang banyak ditangkap oleh pemancing di sini adalah ikan tuna, kerapu, kakap, dan jenis lainnya.

Bagi wisatawan yang berkunjung dan ingin bergabung. melakukan aktivitas memancing di sekitar pantai, bisa meminjam alat tangkap dari warga sekitar pantai. Masyarakat di sekitar pantai ini tidak hanya baik tetapi juga sangat ramah dengan para pengunjung yang datang.

Jika ingin memancing lebih banyak lagi, Anda bisa menyewa atau meminjam perahu nelayan untuk kemudian memancing di laut lepas.Selain memancing di laut lepas, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai-pantai di sekitar Gunung Kidul.

3. Cicipi lezatnya seafood hasil tangkapan nelayan

Di pinggir pantai ini terdapat warung-warung yang menawarkan kelezatan kuliner berupa makanan laut.Berbagai macam makanan laut yang disediakan di tempat ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga sambil menikmati keindahan laut Pantai Sadeng.

Makanan ini dijual dengan harga yang cukup murah. Apalagi seafood yang disediakan juga masih segar, sehingga rasa asin dan manis dari berbagai seafood akan membuat Anda ketagihan. Anda bisa memesan olahan masakan seafood di tempat ini dengan berbagai pilihan seperti bakar, goreng, campur saus asam dan lain-lain.

Kegiatan wisata kuliner ini merupakan salah satu kegiatan utama bagi pecinta makanan berupa seafood dan ikan lainnya yang diolah dengan bumbu khas Indonesia. Kios-kios di sekitar pantai tidak pernah sepi pelanggan.

4. Berburu Foto

Berwisata ke Pantai Sadeng bisa membawa Anda ke lokasi hunting foto yang unik dan menarik. Bagi Anda yang mencari spot foto yang indah dan bagus, pantai yang menawan ini adalah pilihan yang tepat.

Anda bisa berfoto dengan latar belakang bebatuan dan pantai yang biru dan indah. Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang perahu nelayan yang tertata rapi, sangat eksotis.

Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang bukit hijau yang indah dipadukan dengan warna laut biru untuk menghasilkan foto yang bagus. Panorama alam yang mempesona di pantai ini membuat Anda tidak akan bosan berjalan-jalan dan mencari banyak spot foto.

Akomodasi Murah Terdekat Pantai Sadeng

Vila dan Pondok Radika ParadiseKredit gambar: Twitter Belanja online

1. Vila dan Pondok Radika Paradise

Hostel ini terletak di Gunung Kidul. Hostel ini terletak di lokasi yang strategis, dekat dengan beberapa pantai di Gunung Kidul. Anda akan membayar Rp 750.000 per malam untuk menginap dan menikmati fasilitas hostel ini.

Hostel ini menawarkan kolam renang luar ruangan untuk para tamu. Selain itu, Anda akan mendapatkan sarapan yang lezat dan nikmat. Terdapat beberapa fasilitas umum seperti wifi, parkir, sedangkan fasilitas pribadi antara lain perlengkapan mandi, fasilitas kamar lengkap dan layanan lainnya.

2. Rumah Bambo Sadranan

Penginapan Bambo ini terletak di Tepus, Gunung Kidul. Hostel bambu ini hanya menawarkan tarif Rp 600.000 untuk satu malam. Meski terlihat sederhana, ada beberapa fasilitas yang akan memuaskan Anda.

Di asrama ini tidak hanya bangunannya saja yang terbuat dari bambu, tetapi semua perlengkapan lainnya seperti meja, kursi dan lain-lain terbuat dari bambu. Hostel ini terlihat keren dan indah.

3. Kampoeng Guest House

Bagi Anda yang sedang mencari penginapan murah, Wisama Kampoeng adalah solusi yang tepat dan baik. Hostel ini terletak di Gunung Kidul, Tanjung Sari. Untuk menghabiskan malam di sana. Untuk hostel ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 150.000 untuk satu malam.

Hostel bertema desain dan suasana Bali ini sangat unik dan menarik. Meski murah, hostel ini menawarkan layanan dan fasilitas yang berkualitas dan lengkap.

Ada beberapa fasilitas berupa kamar mandi pribadi, kamar dengan AC, wifi, ada fasilitas kamar berupa kopi dan air panas, dan perlengkapan mandi cukup lengkap.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sadeng Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai Sadeng Gunung KidulKredit Gambar: Catur Google Maps Rudy Atmoko

Pantai Sadeng, objek wisata yang terkenal, menawarkan beberapa fasilitas yang memadai. Beberapa fasilitas berupa tempat parkir mobil dengan tambahan keamanan dan lokasi yang luas. Ada toilet, kamar mandi dan mushola. Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat warung-warung yang berjejer di pinggir pantai.

Kawasan wisata Pantai Sadeng di Gunung Kidul menawarkan segala fasilitas yang lengkap untuk liburan keluarga Anda. Pantai yang aman, nyaman, sejuk dan asri ini cocok dijadikan sebagai tempat liburan untuk melepas penat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button