Pantai Rambak, pantai indah dengan suguhan sunset yang luar biasa di Bangka - WisataHits
wisatahits

Pantai Rambak, pantai indah dengan suguhan sunset yang luar biasa di Bangka

Pantai Rambak, pantai indah dengan suguhan sunset yang luar biasa di Bangka
Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Verifikasi lokasi

Setiap destinasi wisata berupa pantai selalu menawarkan keindahan alam lautan, begitu juga dengan pantai Rambak. Lokasinya yang jauh dari kota membuatnya masih alami dengan panorama alam yang menakjubkan. Pantai ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan berlibur, terutama bagi mereka yang berada di dekat Kepulauan Bangka Belitung.

Nyatanya, tak hanya pantai cantik ini yang menjadi objek wisata di Pulau Bangka. Namun karena keindahan yang ditawarkannya, sebagian besar pengunjung memilihnya sebagai tempat bersantai untuk menghabiskan liburan. Pemandangan alam pepohonan pinggir pantai, bebatuan, pasir dan birunya air laut seolah menyatu dan sengaja memberikan pemandangan yang indah. Apalagi jika pasir di tempat ini jarang ditemukan di pantai lain, teksturnya lembut seperti tepung dengan warna kecoklatan.

Lebih menarik lagi jika posisi Pantai Rambak berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Anda akan dapat menikmati panorama laut lepas yang terpotong oleh garis fatamorgana. Anda tidak bisa mendapatkan pemandangan seperti ini di tempat lain, sekalipun itu pantai. Di pinggir pantai terdapat banyak bebatuan dengan berbagai ukuran yang juga menghadirkan keindahan. Uniknya, bukan berupa batu karang seperti pantai, melainkan berupa batu-batu granit yang tersusun rapi.

Daya Tarik Pantai Rambak

Objek Wisata Pantai RambakKredit gambar: Google Maps Onedes Sipahutar

Setiap pengunjung yang datang ke tempat wisata berupa pantai yang indah ini pasti terpesona dengan daya tariknya. Bukan hanya satu atau dua, tetapi ada beberapa yang harus Anda ketahui. Buat kamu yang ingin berkunjung tapi masih ragu, beberapa objek wisata Pantai Rambak di bawah ini mungkin bisa menjadi gambaran!

1. Keindahan alam Pantai Rambak

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, lokasi pantai ini jauh dari perkotaan sehingga masih alami. Beberapa bongkahan batu granit di pantai ini bahkan memiliki bentuk yang unik. Ada batu besar yang di atasnya ada batu lain, kemudian batu itu menopang batu lainnya. Dengan posisi ini, kedua batu tidak bisa jatuh karena seimbang.

Sedangkan pasir lembutnya terbentang hingga 2 kilometer untuk memuaskan semua orang yang memandangnya. Beberapa wisatawan meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di pantai dan menginjakkan kaki di atas pasir. Memang bibir Rambak Beach cukup panjang membuat penampilannya semakin eksotis.

Suasana semakin alami ketika pepohonan rindang di pantai berombak tertiup angin. Pohon kelapa merupakan tumbuhan khas pantai yang juga terdapat di pantai dengan pesona yang luar biasa ini. Jauh dari bibir pantai, juga ditemukan berbagai jenis tanaman berdaun dan warna hijaunya yang khas terlihat.

2. Pantai yang panjang

Singkat telah dibahas sebelumnya bahwa Pantai Kepulauan Bangka Belitung memiliki garis pantai yang sangat panjang, sekitar 2 kilometer. Dengan panjang tersebut, wisatawan bebas berjalan-jalan di sepanjang pantai. Apalagi jika ombaknya tidak begitu besar, sehingga Anda aman tanpa perlu khawatir dihantam ombak laut.

Hamparan bibir pantai semakin penuh dengan pasir yang indah. Terkadang pasir lembut tersapu ke laut oleh ombak yang kembali. Buih ombak saat menghantam pasir juga sangat indah dan menjadi pemandangan tambahan bagi siapapun yang berkunjung. Suasana ini kondusif untuk relaksasi dan kekosongan mental.

3. Tempat melihat matahari terbit dan terbenam

Pantai Rambak terbentang di sepanjang Pulau Bangka Belitung, menjadikannya tempat yang tepat untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Atraksi seperti ini tentunya mampu menarik wisatawan yang datang dari berbagai tempat, tidak hanya warga lokal tentunya. Bahkan sebagian besar pengunjung yang datang ingin menikmati panorama alam yang sangat indah ini.

Meski bisa dilihat setiap hari saat sedang asik, tetap saja tidak membosankan. Apalagi jika terkadang pemandangan yang didapat tidak sama, tergantung cuaca dan juga awan yang menghiasinya juga. Misalnya, jika awan mendekati matahari, gradasi warna yang dihasilkan sangat indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai RambakKredit gambar: Google Maps Fernando Lian

Pengunjung yang ingin menikmati panorama alam Pantai Rambak harus mendatangi Desa Parit Padang, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Jarak dari ibu kota Bangka Belitung, Pangkalpinang, sekitar 30 kilometer menggunakan kendaraan bermotor. Dengan jarak tersebut, akan memakan waktu sekitar 1 jam penuh dengan kecepatan sedang.

Karena lokasinya masih tersembunyi dan belum ada akses transportasi umum, sebaiknya gunakan mobil sewaan atau kendaraan pribadi. Bagi yang menggunakan rental tentunya tidak kesulitan untuk menuju ke sana karena bisa langsung memberi tahu driver. Selain itu, bila menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi menggunakan Google Map. Pastikan titik awal Anda berada di pusat kecamatan Sungailiat untuk memudahkan Anda.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai RambakKredit gambar: Google Maps Fernando Lian

Seperti tempat wisata lainnya, ada biaya masuk yang harus Anda bayar. Namun di Pantai Rambak ini tergolong sangat murah, hanya 3.000 rupiah saja untuk seorang pengunjung. Harganya tentu sangat murah, belum lagi banyaknya amalan seru yang biasa didapatkan. Selain itu, pengunjung yang masuk juga bebas melakukan aktivitas apapun, asalkan keselamatan menjadi prioritas.

Selain membayar tiket masuk, biaya lain juga harus dikeluarkan. Biaya yang dimaksud adalah untuk parkir kendaraan jika menggunakan kendaraan pribadi. Cukup murah untuk kelas turis, hanya 5000 rupiah untuk mobil dan 2000 rupiah untuk yang menggunakan sepeda motor.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Rambak

Kegiatan di Pantai RambakKredit gambar: Google Maps Fauzi Bijak Permadi

Beragam aktivitas positif bisa Anda lakukan saat berkunjung ke objek wisata berupa pantai. Letaknya yang luas memungkinkan setiap pengunjung melakukan aktivitas layaknya berlibur. Namun, ada yang spesial saat mengunjungi Pantai Rambak, seperti kegiatan berikut ini!

1. Permainan renang dan air yang menyenangkan

Di pantai yang indah ini anda bisa berenang sesuka hati dengan hamparan air laut yang sangat luas, tidak perlu takut dengan ombak yang datang karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Batuan karangnya tidak terlalu banyak, lebih didominasi pasir halus dan bebatuan kecil. Jadi, tentunya kaki lebih terlindungi dari goresan tajam bebatuan.

Jika tidak memungkinkan untuk berenang, entah karena tidak tahu atau tidak menguasai, bermain air juga tidak kalah menarik. Anda bisa duduk santai di pinggir pantai menunggu ombak perlahan mendekat. Kegiatan ini semakin menyenangkan jika dilakukan secara berkelompok, baik bersama teman maupun keluarga.

2. Berjemur dan bersantai di pantai

Untuk mengunjungi Pantai Rambak, tidak perlu berenang atau bermain air. Kegiatan lain yang tak kalah menarik adalah berjemur dan bersantai sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Angin sepoi-sepoi dari pantai membuat suasana lebih tentram dan menyegarkan. Jika Anda tidak ingin bagian tubuh tertentu terkena sinar matahari, harap gunakan payung. Anda bisa mendapatkan payung dengan menyewanya dari pengelola, beserta semua kursinya.

3. Berjalan-jalan di sepanjang pantai

Hamparan pantai hingga 2 kilometer ini tentunya sangat cocok untuk aktivitas jalan kaki sesekali. Banyak wisatawan juga melakukan kegiatan ini karena cukup mengasyikkan. Ombak yang datang dari jauh perlahan merayap menuju bibir pantai dan menghantam kaki, memberikan sensasi tersendiri. Agar semakin seru, jangan biarkan sepatu Anda menghalangi nuansa pasir pantai yang lembut dan nyaman.

4. Menikmati keindahan matahari terbit

Aktivitas Menarik di Pantai RambakKredit gambar: Google Maps Ayu Wahyu

Salah satu daya tarik pantai Rambak yang juga bisa dijadikan aktivitas menarik adalah panorama matahari terbit dan terbenam. Kegiatan ini sangat menarik untuk dilakukan, meskipun hanya bersifat pasif. Matahari yang perlahan menghilang dari jangkauan mata seakan memberi kesan menyenangkan seharian penuh. Silahkan datang pada sore hari untuk menikmati panorama alam yang indah ini.

Bagi yang ingin menikmati matahari terbit setelah lama tidak muncul semalaman, pastikan untuk datang lebih awal. Anda akan merasakan sensasi keindahan berkat pancaran yang muncul perlahan tapi pasti. Itu tidak hanya menerangi tempat Anda melangkah saat itu, tetapi juga menghangatkan tubuh dan suasana Anda.

5. Cari spot foto dengan pesona alam

Baik Anda sedang berenang, berjemur, atau bahkan menikmati panorama matahari, jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut. Kegiatan seperti ini wajib dilakukan saat liburan. Percuma kalau ke tempat yang indah dan indah seperti pantai Rambak, tapi tidak ada oleh-oleh di dalamnya. Tempat lain yang bisa dijadikan background cantik adalah bebatuan granit di pinggir pantai cantik ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai TambakKredit gambar: Google Maps Erna Vitrawati

Meski biayanya sangat murah sebagai syarat masuk ke tempat wisata megah ini, namun fasilitas yang disediakan cukup memadai. Sebut saja keberadaan mushola sebagai tempat ibadah umat Islam ketika saatnya tiba. Ada juga toilet yang bisa digunakan untuk bersih-bersih atau berganti pakaian. Tempat parkirnya juga cukup luas bagi anda yang datang dengan kendaraan pribadi.

Saat lapar atau ingin menikmati kuliner lokal, tersedia banyak warung yang tak jauh dari pantai. Umumnya wisatawan berburu es kelapa muda di pantai cantik ini. Sayangnya, belum banyak tempat penginapan yang berada di dekat lokasi.

Inilah hal-hal menarik dari Pantai Rambak yang bisa kami sampaikan. Dengan semua informasi ini, kami harap Anda tidak lagi meragukan keindahannya dan segera mengunjungi tempat tersebut. Paling tidak, Anda bisa menggunakan informasi ini sebagai referensi untuk tujuan perjalanan Anda selanjutnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button