Pantai Rajagwesi, pantai dengan hutan tropis yang hijau dan asri - WisataHits
Jawa Timur

Pantai Rajagwesi, pantai dengan hutan tropis yang hijau dan asri

Pantai Rajagwesi terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Selain Pantai Rajagwesi, ada beberapa objek wisata lain di kawasan ini. Diantaranya Pantai Teluk Hijau, Pantai Sukamade dan lainnya.

Pantai Rajagwesi, BanyuwangiPantai Rajagwesi, Banyuwangi. Google Maps. Sumber: Venom Neo

Pantai Rajagwesi memiliki panorama pantai yang sangat bagus. Dikelilingi oleh hutan tropis hijau alami yang masih asri. Pasir pantainya berwarna coklat karena lumpurnya terbawa arus sungai yang mengalir ke pantai.

Ombak di pantai ini umumnya lebih kecil dan lebih tenang dibandingkan pantai-pantai lain di Pasifik Selatan. Kondisi ini membunuh banyak orang yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Di pantai ini Anda akan menemukan perahu-perahu nelayan berlabuh berjajar di tepi pantai.

Di pagi hari kawasan pantai ramai dengan kegiatan pelelangan ikan. Pembeli dapat membeli ikan segar yang ditangkap langsung dari nelayan. Selain tempat wisata, Pantai Rajagwesi juga menjadi pusat perdagangan ikan bagi warga dan desa-desa di sekitar pantai.

Wisata Pantai Rajagwesiwisata pantai rajagwesi. Google Maps. Sumber: Anick Rrrr

Alamat Pantai Rajagwesi

  • Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Biaya masuk

Tiket masuk Taman Nasional Meru Betiri

  • Hari biasa Rp.5000,-
  • Akhir Pekan Rp.8.000,-
  • Berkemah Rp 5.000,-
  • Sewa Kapal ke Pantai Teluk Hijau Rp 35.000

jam buka

  • Setiap hari. Buka 24 jam.

Rute Menuju Pantai Rajagwesi

Jarak dari kota Banyuwangi ke Pantai Rajagwesi sekitar 83 km. Sedangkan jarak dari Jember ke Pantai Rajagwesi sekitar 127 km.

Jalur yang sering digunakan wisatawan adalah jalur dari Banyuwangi atau dari Jember. Baik Banyuwangi maupun Jember berlanjut ke Desa Jajag. Sesampainya di desa Jajag, lanjutkan perjalanan menuju tempat utama yaitu Pantai Rajagwesi.

  • Dari Banyuwangi / Dari Jember: Desa Jajag – Pesanggaran – Desa Sarongan – Pantai Rajagwesi.

mengangkut

Cara terbaik untuk mencapai Pantai Rajagwesi adalah dengan kendaraan pribadi. Dengan sepeda motor atau mobil. Menuju Pantai Rajagwesi, wisatanya terbilang mudah. Tempat wisata ini berada di pinggir jalan dan biasanya dilalui kendaraan.

Kondisi jalan cukup mulus sampai ke desa Sarongan. Setelah daerah Sarongan, medan mulai menantang. Naik turun dengan banyak tikungan dan jalan bergelombang. Sebagian jalan belum beraspal dan berbatu.

Ada apa di pantai Rajagwesi

Pantai RajagwesiPantai Rajagwesi. Google Maps. Sumber: lalu debby

Pantai Rajagwesi menawarkan pemandangan pantai yang indah dan mempesona. Menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Di pantai ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik.

Berenang & Snorkeling

Berenang di Pantai RajagwesiBerenang di Pantai Rajagwesi. Google Maps. Sumber: topan entop

Setiap pantai memiliki ukuran ombak yang berbeda-beda. Dan tidak semua pantai bisa digunakan untuk berenang atau snorkeling. Di Pantai Rajagwesi pengunjung diperbolehkan untuk berenang, bermain air atau snorkeling.

Dengan ombak yang cukup tenang, pantai ini terbilang aman dan nyaman untuk berenang. Hal ini dikarenakan terdapat terumbu karang yang tinggi dengan ukuran yang besar di pantai ini. Terumbu karang tersebut dapat menghalangi besarnya gelombang yang datang.

Namun, disarankan agar Anda juga tetap waspada dan berhati-hati dengan bebatuan di area tersebut. Struktur batuan ini menyerupai besi dan memiliki kandungan besi yang cukup tinggi.

perlindungan penyu

Taman Nasional Meru Betiri terkenal dengan habitat dan penangkaran penyu langka. Seperti halnya Pantai Sukamade, Pantai Rajagwesi merupakan bagian dari habitat dan penangkaran penyu.

Di pantai ini, pengunjung dapat melihat berbagai spesies penyu langka. Seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing dan slengkrah. Anda juga bisa melihat penyu-penyu langka bertelur. Dan kesempatan untuk melihat tukik (anak penyu) yang dilepas ke pantai pada waktu-waktu tertentu.

berkemah / berkemah

Berkemah atau camping merupakan kegiatan yang seru, menyenangkan dan banyak diminati. Pantai Rajagwesi cukup diburu oleh wisatawan untuk dijadikan sebagai tempat perkemahan.

Sunset di Pantai RajagwesiSunset di Pantai Rajagwesi. Google Maps. Sumber: Rian Aviwah

Pantai Rajagwesi tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah, tetapi juga tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbenam atau sunrise.

perjalanan budaya

Pantai Rajagwesi tidak hanya terkenal dengan panorama alamnya yang indah tetapi juga wisata budayanya. Tidak jauh dari pantai Rajagwesi, Anda bisa mengunjungi desa Sarongan.

Di desa ini, Anda bisa mengamati aktivitas warga yang secara tradisional memproduksi gula jawa (nderes). Dari menelan air kelapa hingga proses pembuatan gula secara tradisional. Pengunjung juga dapat membeli beberapa gula merah sebagai oleh-oleh.

Nikmati keindahan wisata yang berbeda

Pantai Rajagwesi merupakan pintu gerbang destinasi wisata lainnya di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Seperti Teluk Hijau, Wedi Ireng dan destinasi lainnya yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Perjalanan perahu di pantai RajagwesiNaik perahu dari pantai Rajagwesi. Google Maps. Sumber: Eric Stevens

Untuk mengunjungi destinasi wisata lainnya dengan menyeberangi jasa perahu nelayan di sekitar pantai Rajagwesi.

  • Biaya sewa perahu Rp 35.000,-

selfie

Ada banyak spot foto keren dan instagramable di kawasan Pantai Rajagwesi ini. Anda bisa berfoto selfie dengan background pantai, bebatuan dan lain sebagainya.

Selfie di pantai RajagwesiSelfie di pantai Rajagwesi. Google Maps. Sumber: Fadila Wahyuni
foto pantai rajagwesifoto di Pantai Rajagwesi. Google Maps. Sumber: Gio Henku

Fasilitas di pantai Rajagwesi

Wisata Pantai Rajagwesi dilengkapi dengan fasilitas dan fasilitas umum yang cukup lengkap. Berikut fasilitas dan fasilitas yang tersedia:

  • Parkir kendaraan luas
  • stan wisata
  • ruang sholat
  • Toilet
  • Spot foto menarik
  • tempat perkemahan
  • gazebo dan tempat duduk
  • kapal pesiar
  • Tempat-tempat untuk makan

Hotel di sekitar Pantai Pantai Rajagwesi

Berikut beberapa akomodasi, hotel atau villa di sekitar Pantai Rajagwesi:

  • Java Turtle Lodge Meru Betiri
  • Rumah pantai Jessi Pulau Merah
  • Kamar yang nyaman di Homestay Tirta Arum
  • Satu vila butik Selatan
  • Wisma Pulau Merah
  • Rumah mertua di Pulau Merah
  • Vila di Pulau Merah

Video Pantai Rajagwesi

Video review berikut dikutip dari channel: Radhafi Ramadhan

Menyimpulkan

Pantai Rajagwesi menawarkan pemandangan pantai yang indah dan mempesona. Menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai yang indah ini dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau. Permukaan pasirnya berwarna coklat karena lumpurnya terbawa ke laut oleh sungai.

Pantai Rajagwesi menawarkan banyak tempat dan aktivitas seru. seperti berenang di pantai, snorkeling, camping, fine dining dan lain-lain. Tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga, teman atau pasangan. Liburan berkualitas di Pantai Rajagwesi dengan keindahan alam yang indah dan mempesona.

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button