Pantai Pelang Trenggalek - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Pelang Trenggalek – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – pantai pelangi salah satu pantai yang indah ada di Trenggalek. Pantai ini menjadi tujuan untuk bermain air, memasak dan menikmati air terjun yang menawan di dekat pantai.

Harga tiket: Rp 8.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Pelang merupakan salah satu objek wisata pantai yang terkenal di Trenggalek. Pesona keindahan pantai ini tersaji dalam kehidupan nyata dengan hamparan laut yang tampak biru menyegarkan mata. Memiliki ombak yang cukup besar yang semakin menambah keindahan panorama alam di pantai ini.

Pantai ini merupakan objek wisata unggulan yang sering dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan atau hari libur nasional. Pengunjung dapat menikmati pantai, hutan pinus, air terjun, muara sungai di kawasan wisata. Pesona keindahan ini menjadi daya tarik bagi wisatawan masa depan.

Objek wisata tepi laut yang menarik untuk dikunjungi ini juga menjadi salah satu tempat terbaik bagi anda yang ingin menikmati sunset. Memiliki fasilitas penunjang yang memadai agar Anda dapat berlibur dengan nyaman di Pantai Pelang. Nikmati pesona keindahan pantai dan beberapa fasilitasnya berikut ini.

Atraksi Pantai Pelangi

Atraksi Pantai PelangiKredit gambar: Google Maps koko trisilo

Pantai indah ini merupakan salah satu destinasi wisata di Trenggalek yang tidak pernah sepi pengunjung. Menawarkan sejuta pesona dengan berbagai atraksi seperti berikut ini.

1. Panorama indah di pantai

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pelang Trenggalek akan langsung disuguhkan dengan pemandangan laut yang tampak biru. Deburan ombak yang mencapai pantai semakin menambah keindahan panorama alam tempat wisata tersebut.

Meski tidak terlalu besar, ombak di pantai ini begitu bagus sehingga akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Pada musim-musim tertentu atau saat air laut mengalami pasang, ombak yang mencapai pantai ini akan semakin tinggi. Wisatawan harus selalu berhati-hati dan memperhatikan ketinggian ombak di pantai ini.

2. Pantai landai

Pengunjung bisa bermain sepuasnya di kawasan pantai yang cukup landai ini. Hamparan pasir putih kecoklatan yang cukup luas bisa diapresiasi oleh wisatawan yang datang. Kondisi pasir pantai cukup bagus dan bersih sehingga pengunjung lebih nyaman saat bermain pasir.

Pantai yang luas ini tentunya membuat wisatawan lebih leluasa bermain ke pantai. Meski mengunjunginya di akhir pekan atau saat ramai pengunjung, wisatawan tetap bisa menikmati pemandangan dan bermain di pantai dengan leluasa dan leluasa.

3. Dikelilingi perbukitan

Destinasi wisata tepi pantai yang wajib dikunjungi ini menawarkan pemandangan pantai dan perbukitan hijau yang menyegarkan mata. Pantai Pelang dikelilingi oleh banyak bukit yang menjulang tinggi dengan vegetasi atau pepohonan yang cukup rindang. Menambah indahnya pemandangan di pantai, apalagi dengan langitnya yang biru.

Pesisir pantai ini juga ditumbuhi pepohonan yang menambah kesan asri. Angin sejuk akan terasa saat Anda berteduh di sekitar pepohonan di pantai ini. Wisatawan juga bisa memanfaatkan rindangnya pepohonan di sekitar pantai untuk berteduh dari panas terik di lokasi wisata.

Tidak jauh dari pantai, wisatawan juga bisa melihat pulau karang kecil. Namun pulau tersebut tidak bisa dikunjungi karena hanya berupa gugusan karang yang tidak terlalu besar dan tidak mungkin dikunjungi wisatawan.

4. Air terjun yang menakjubkan

Atraksi di Pantai PelangiKredit gambar: Google Maps l2k purwanti

Pesona keindahan Pantai Pelang yang menjadi daya tarik dan keunikan dari objek wisata ini adalah air terjun yang ada di sekitar pantai. Jaraknya hanya sekitar 300 meter, Anda bisa menemukan air terjun Pelang yang memiliki debit air yang cukup besar.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dapat menggunakan jalan setapak yang sudah tersedia untuk mencapai lokasi air terjun. Pada ketinggian sekitar 25 meter mengalir begitu baik di sepanjang tebing karang.

Air Terjun Pelang masih sangat alami dengan aliran air yang sangat sejuk. Lokasinya yang sangat dekat dengan pantai ini, menjadikan tempat wisata ini unik dan menarik banyak wisatawan untuk datang.

5. Sungai

Aliran air terjun ini menghasilkan sungai kecil yang mengalir ke laut, aliran sungai ini cukup dangkal dan membelah satu sisi pantai yang eksotis ini. Wisatawan bisa menyeberangi aliran sungai yang unik di pantai ini. Jika tidak ingin basah, Anda bisa menggunakan jembatan yang tersedia untuk menyeberangi sungai.

6. Hutan pinus

Selain air terjun, keunikan wisata Pantai Pelang juga terkenal dengan hutan pinusnya yang berada di sepanjang jalan menuju pantai. Pepohonan pantai ini memberikan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk.

Pemandangan hutan pinus yang hijau dengan pepohonan yang menjulang tinggi memberikan keindahan tersendiri bagi pantai ini. Selain mempercantik panorama di sekitar pantai ini, hutan pinus di pantai ini juga sering dijadikan sebagai area camping.

7. Jembatan

Sebuah jembatan kayu di sekitar pantai menjadi salah satu daya tarik dari objek wisata ini. Ujung jembatan adalah bangunan dengan atap berbentuk limas seperti rumah joglo.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai dari jembatan ini. Jembatan kayu yang mengelilingi Pantai Pelang juga sering dikunjungi wisatawan untuk berfoto.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Pelangi

Alamat Pantai PelangiKredit gambar: Google Maps Avisena TV

Lokasi pantai ini cukup terpencil, sekitar 25 km dari pusat kota Trenggalek di Jawa Timur. Jika Anda datang dari arah ini, ambil jalan Jarak – Karangan. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 hingga 2,5 jam dengan kendaraan.

Kondisi jalan menuju pantai ini cukup baik dan beraspal. Namun, beberapa jalan curam dan berkelok-kelok. Pastikan kendaraan yang digunakan baik dan selalu berhati-hati saat melintasi jalan yang berkelok-kelok.

Arahkan kendaraan Anda ke jalan yang mengarah ke Dongko – Karangan. Sekitar 8 km dari jalan ini, belok kiri atau menuju Jalan Sudirman di Dongko. Belok kanan ketika Anda menemukan kantor pos di persimpangan jalan menuju Waluhtowo.

Di perempatan berikutnya, belok kanan menuju Jalan MT Haryono dan terus lurus sejauh kurang lebih satu kilometer. Kemudian belok kiri menuju Jalan Pantai Pelang. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 3 km dari perempatan.

Bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum dapat menggunakan bus untuk menuju Terminal Trenggalek. Setelah itu naik bus jurusan Trenggalek – Pacitan. Anda bisa turun di kawasan Panggul dan melanjutkan perjalanan menuju pantai menggunakan ojek.

Pantai Pelang memiliki tiket masuk yang cukup murah, sekitar Rp 8.000 per orang. Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur, harga tiket masuknya Rp 10.000 per pengunjung. Harga tiketnya tentu cukup terjangkau bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Rainbow Beach

Aktivitas Menarik di Pantai PelangiKredit gambar: Google Maps Rheino Arie

1. Berenang

Salah satu kegiatan yang mengasyikkan bagi pengunjung Pantai Pelang adalah berenang. Anda bisa menikmati air laut sambil mandi di pantai. Namun, wisatawan disarankan untuk tidak pergi terlalu jauh karena ombak di pantai ini cukup besar.

Wisatawan bisa bermain air di sekitar pantai dan juga aliran sungai yang ada. Jika ingin berenang, pastikan ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi. Jika Anda mengunjunginya saat air pasang, aktivitas berenang ini tidak disarankan karena cukup berbahaya.

2. Nikmati air terjunnya

Tempat wisata ini menawarkan keunikan tersendiri yaitu air terjun. Pengunjung bisa menikmati pesona keindahan air terjun di pinggir pantai ini. Anda juga bisa bermain air di bawah air terjun dengan aman dan nyaman. Aliran Air Terjun Pelangi ini tidak jatuh ke genangan air melainkan ke bebatuan.

Wisatawan juga bisa duduk-duduk di bebatuan sambil menikmati cipratan air terjun yang menyegarkan. Gunakan sepatu yang nyaman agar tidak terpeleset. Jika Anda ingin melepas sepatu, Anda harus berhati-hati dengan setiap langkah Anda saat berada di bebatuan di bawah air terjun ini.

3. Bermain pasir

Bersantai dengan duduk di pasir pantai yang bersih sering dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pelang. Jika Anda membawa anak kecil atau ingin bersenang-senang, Anda bisa bermain pasir pantai ini seperti membuat bangunan pasir atau mengubur bagian tubuh Anda di pasir.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pantai ini sambil makan, disarankan untuk selalu menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah atau sisa kemasan makanan di area pantai agar tidak merusak keindahan pemandangan yang ada.

4. Perkemahan

Pantai yang memiliki areal hutan pinus yang cukup luas ini sering dijadikan sebagai tempat camping. Wisatawan bisa mencoba berkemah untuk bisa merasakan suasana malam di pantai ini.

Anda bisa menyewa peralatan camping untuk bisa bermalam di hutan pinus. Pastikan untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan agar lebih nyaman saat berkemah di area ini.

5. Perburuan Matahari Terbenam

Aktivitas seru yang tidak boleh dilewatkan adalah berburu matahari terbenam. Pantai Pelang yang terletak di pesisir barat kota Trenggalek menawarkan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang menawan.

Saat matahari mulai terbenam, lanskap hijau berubah menjadi kuning kemerahan. Suasana romantis pantai ini juga banyak dimanfaatkan oleh pasangan muda-mudi untuk menikmati sunset bersama.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pelang Trenggalek

Fasilitas Pantai Pelang TrenggalekKredit gambar: Google Maps Jay Suherwanto

Pengelolaan objek wisata ini dilakukan dengan cukup baik dengan menyediakan fasilitas seperti kamar mandi atau toilet. Wisatawan yang ingin berganti pakaian dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan biaya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 3.000.

Tempat parkir juga disediakan menggunakan area yang luas di sekitar Pantai Pelang. Tempat parkir mobil cukup luas dan dapat menampung kendaraan mulai dari roda dua hingga bus wisata.

Fasilitas lainnya adalah restoran di tepi pantai. Usai bermain dan berenang, pengunjung bisa mencicipi berbagai hidangan seafood yang dijual di warung makan. Menu ikan dan seafood yang ditawarkan di warung-warung sekitar pantai cukup terjangkau.

Beberapa tempat pengamatan juga disediakan sebagai fasilitas penunjang di Pantai Pelang. Wisatawan bisa menggunakan gazebo ini untuk duduk dan menikmati pemandangan pantai. Anda juga bisa makan berkelompok dari gazebo yang nyaman ini.

Fasilitas akomodasi seperti hotel terdekat akan sulit ditemukan. Anda dapat menemukan akomodasi di kota Trenggalek dengan berbagai pilihan hotel. Pemerintah setempat mengelola pantai ini dengan baik, termasuk menyediakan fasilitas camping. Wisatawan dapat menikmati kehidupan malam dengan berkemah di sekitar pantai.

Berikut beberapa informasi menarik tentang Pantai Pelang Trenggalek. Jika Anda sedang bosan di rumah dan perlu menyegarkan diri, pantai ini bisa menjadi alternatif untuk melepas penat dan kebosanan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button