Pantai Pasir Panjang Singkawang, pesona keindahan pantai pasir putih yang eksotis - WisataHits
wisatahits

Pantai Pasir Panjang Singkawang, pesona keindahan pantai pasir putih yang eksotis

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pasir Panjang No.89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat; Kasus: Cek lokasi

Singkawang merupakan kota yang memiliki banyak objek wisata menarik. Salah satunya adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini memiliki keindahan yang begitu mempesona. Panorama alam yang tercipta dari jernihnya air laut dan hamparan pasirnya mampu memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Dinamakan Pasir Panjang karena pantai ini terletak di daerah yang terbentang begitu panjang dan mengelilingi laut lepas, hamparan pantai berpasir ini membentang sejauh 3 kilometer. Tidak hanya itu, pantai ini juga dikelilingi oleh pohon pinus yang memanjakan mata.

Melihat keindahan pantainya, Anda juga akan melihat pulau-pulau kecil di dekat pantai ini, yaitu Pulau Kabung, Pulau Lemukutan dan Pulau Randayan. Pengunjung juga bisa melihat kehidupan perkampungan nelayan yang terletak tidak jauh dari pantai. Berikut beberapa hal menarik tentang pantai hits di Singkawang.

Atraksi Pantai Pasir Panjang

Daya tarik Pantai Pasir PanjangKredit gambar: Google Maps Yusuf Ahmad

1. Keindahan pasir putih

Pantai yang terkenal dengan pasir putihnya ini benar-benar dapat menarik pengunjung yang menghabiskan liburannya di pantai yang eksotis ini. Area di sekitar pantai pasir putih ini akan terlihat lebih bersih dan indah jika dilihat. Selain itu, pasir putih yang ada akan terlihat lebih bagus saat terkena sinar matahari di siang hari.

2. Pemandangan Matahari Terbenam

Selain keindahan pasir yang ada, Pantai Pasir Panjang juga menyuguhkan momen-momen romantis yang bisa Anda dapatkan saat melihat sunset di pantai. Lokasi pantai ini juga sangat cocok untuk menikmati detik-detik sunset.

3. Air laut yang bersih dan jernih

Ketika Anda mengunjungi suatu kawasan wisata dan merasa kotor, tentu Anda ragu untuk beraktivitas di sana karena merasa tidak nyaman. Namun hal tersebut tidak akan Anda alami saat berkunjung ke pantai ini, karena pengelola sangat menjaga kebersihan yang ada, sehingga Anda tidak perlu khawatir merasa tidak nyaman dengan kebersihan pantai.

4. Ombak Pantai yang Tenang

Atraksi pantai berpasir panjangKredit gambar: Google Maps Putrie Silalahi

Pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang, yang bisa Anda gunakan untuk bermain air di pantai. Bagi anda yang suka berenang di pantai, anda bisa mengunjungi pantai ini karena ombaknya tidak terlalu kuat, sehingga sangat cocok untuk berenang dan permainan air di pantai.

5. Ditumbuhi pohon cemara

Daya tarik lain dari pantai ini adalah ditumbuhi banyak pohon pinus. Ini adalah hal yang sangat menarik yang bisa Anda temukan di pantai ini. Angin sepoi-sepoi dari pantai dan pepohonan pinus akan semakin menambah kesejukan suasana.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat pantai pasir panjangKredit gambar: Google Maps Willy Rizkiyan

Pantai Pasir Panjang terletak di selatan Singkawang, di kota Singkawang, di provinsi Kalimantan Barat. Pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Singkawang, yaitu sekitar 20 menit atau 17 kilometer. Dari Kota Singkawang, Anda bisa menggunakan jalan darat untuk menuju pantai ini.

Sedangkan jika berangkat melalui ibu kota provinsi Kalimantan Barat, Pontianak, memakan waktu sekitar 5-6 jam. Anda juga dapat memulai perjalanan melalui Bandara Supadio, Kubu Raya. Dari kota Pontianak, menuju ke Singkawang. Namun, waktu tempuhnya lebih lama, sekitar 3 jam.

Anda bisa menggunakan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil untuk mencapai destinasi wisata pantai ini. Namun, Anda yang datang secara rombongan dengan bus harus berhenti dan turun di tempat parkir khusus. Bus atau kendaraan besar lainnya harus parkir di tempat parkir agar pantai tidak terlalu penuh.

Untuk menuju kawasan wisata ini, Anda tidak perlu khawatir dengan akses jalan dan rute yang akan Anda tempuh. Karena tempat ini mudah diakses melalui jalan darat dan terdapat banyak rambu-rambu jalan yang dapat membantu Anda menemukan pantai ini.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga tiket Pasir PanjangKredit Gambar: Google Maps Willrosan resmi #07

Setiap kali Anda mengunjungi suatu tempat wisata, tentunya Anda akan dikenakan biaya untuk memasuki kawasan tersebut. Sama halnya di Pasir Panjang, namun Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk ke tempat wisata ini, karena di pantai ini biaya masuknya relatif murah.

Anda hanya membayar tiket masuk sekitar Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 20.000 pada hari libur. Untuk jam buka yang di tentukan oleh pantai ini yaitu buka mulai pukul 08.00 pagi dan tutup sekitar pukul 18.00 WIB.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Pasir Panjang

Aktivitas di Pantai Pasir PanjangKredit Gambar: Google Maps Harwindra Yoga Prasetya

1. Bersantai di pantai

Pantai Pasir Panjang Singkawang menghadirkan kawasan dengan suasana yang tenang dan santai, jauh dari kebisingan. Menghabiskan waktu di pantai bisa menjadi pilihan kegiatan yang menarik saat Anda berkunjung ke pantai ini. Suasana tenang kondusif untuk relaksasi pikiran. Suara angin sepoi-sepoi dan deburan ombak akan melepaskan penatmu.

2. Main banana boat

Pantai ini juga menawarkan berbagai wahana yang bisa Anda coba. Diantaranya adalah wahana banana boat. Anda bisa berkeliling pantai bersama teman atau keluarga berkat wahana air ini. Kendaraan ini dapat dikendarai oleh sekitar lima orang, Anda akan merasakan sensasi melawan ombak pantai dengan ditarik oleh perahu berkecepatan tinggi.

3. Memancing

Pantai Pasir Panjang merupakan kawasan pemukiman berbagai jenis ikan. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda bisa mencoba aktivitas memancing di pantai ini. Lokasi memancing di lokasi ini berada di ujung jembatan pantai. Sambil menunggu untuk memancing, Anda bisa menikmati panorama pantai yang sangat indah.

4. Bermain pasir di area khusus

Aktivitas Seru di Pantai Pasir PanjangKredit gambar: Google Maps Dwi Akhmal Maulana

Sebagai destinasi wisata keluarga, pantai ini banyak dikunjungi oleh pengunjung yang memiliki anak-anak. Pantai ini pada dasarnya populer dengan segala usia, dari anak-anak hingga orang tua. Ada taman bermain khusus untuk anak-anak di sini. Daerah ini memiliki banyak permainan untuk anak-anak untuk bermain.

5. Kunjungan budaya

Pengunjung bisa melihat perkampungan nelayan yang tidak jauh dari pantai. Pengunjung bisa melihat bagaimana kehidupan nelayan. Banyak nelayan yang tinggal di dekat laut karena sebagian besar penduduk setempat bekerja sebagai nelayan.

6. Mengendarai speedboat

Jika Anda ingin merasakan sensasi menjelajah Pantai Singkawang Pasir Panjang, Anda bisa menaiki speedboat yang tersedia di pantai ini. Berkeliling pantai dengan speed boat sambil menikmati udara laut dan angin dapat menyegarkan kembali semangat Anda.

Penginapan murah dekat pantai

Kredit Gambar: Google Maps M Alma Arij

1. Hotel Pantai Palapa

Akomodasi pertama yang terdekat adalah Palapa Beach Hotel. Hotel ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari Pantai Pasir Panjang. Anda hanya perlu 2-3 menit untuk sampai ke hotel ini dari pantai. Fasilitas yang ditawarkan hotel ini juga cukup lengkap, seperti sarapan gratis, parkir, kolam renang, wifi gratis dan masih banyak lainnya.

2. Villa & Hotel Hrison Singkawang

Hostel lain yang dekat dengan pantai ini adalah Villa & Hotel Horison Singkawang. Hostel ini hanya berjarak sekitar 12 menit berkendara atau 950 meter dari pantai. Hostel ini bisa menjadi salah satu pilihan akomodasi yang ramah untuk Anda selama liburan di pantai yang indah ini.

3. Dayak Resort Singkawang

Hostel ini berjarak sekitar 6 menit dari pantai. Fasilitas yang tersedia di pantai ini juga cukup lengkap, mulai dari parkir, akses internet gratis, kolam renang, spa dan sarapan gratis. Hostel ini juga memiliki arsitektur bangunan yang indah. Kebersihan hostel ini juga sangat terjaga.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Pasir PanjangKredit gambar: Google Maps Putrie Silalahi

Fasilitas kawasan pantai Pasir Panjang antara lain pondok wisata, tempat pemancingan, kolam renang, toko souvenir, taman bermain dan masih banyak lagi. Dengan tersedianya berbagai fasilitas tersebut diharapkan pengunjung dapat merasa nyaman saat berkunjung ke pantai ini.

Pengunjung juga tidak akan kesulitan mencari makanan di sini, karena di kawasan pantai ini banyak terdapat warung makan, restoran, kafe bahkan pedagang asongan. Begitu juga bagi Anda yang ingin menginap di dekat pantai tidak perlu repot membawa tenda karena di dekat pantai banyak tersedia hostel.

Fasilitas bermain di pantai juga bagus untuk dicoba, seperti banana boat, speedboat, dan go-kart. Beberapa taman bermain ini seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Nah, itulah hal-hal yang berkaitan dengan pantai Pasir Panjang Singkawang, mulai dari atraksi, rute perjalanan, aktivitas menarik, hingga akomodasi terdekat dengan pantai. Pantai ini pasti menambah daftar pilihan wisata saat Anda berkunjung ke Kalimantan Barat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button