pantai Panjang - WisataHits
wisatahits

pantai Panjang

pantai Panjang

pantai Panjangpantai pasir putih yang kini menjadi favorit wisatawan di kawasan Gunungkidul Jogja.

Jika Anda berkesempatan datang ke Gunung Kidul, pastikan untuk mampir dan menikmati indahnya perpaduan antara pasir putih dan birunya lautan di pantai ini.

Ada berbagai hal menarik dan aktivitas wisata seru yang bisa dilakukan di pantai yang konon mirip dengan Pantai Kuta di Bali ini.

Lebih jelasnya, berikut kami sajikan ulasan lengkapnya Pantai panjang Jogja.

Tinjauan jangka panjang

pantai-sepanjang-gunung-kidul

Kawasan Gunungkidul, Jogja merupakan tempat yang akan sangat ramai saat liburan.

Ada banyak objek wisata yang bisa kita kunjungi di kabupaten yang berjarak sekitar 46 kilometer dari pusat kota Jogja ini.

Jika Anda adalah tipe orang yang lebih menyukai liburan pantai, Gunungkidul juga memiliki beberapa pantai yang indah, salah satunya adalah pantai Panjang.

Pantai yang terletak di kecamatan Tanjungsari ini mungkin tidak seramai pantai Indrayanti. Atau mungkin tidak seramai Pantai Nglambor.

Namun jika dibandingkan keindahannya, Pantai Sepanjang tidak kalah indahnya.

Pantai Sepanjang memiliki pantai yang sangat luas. Hal inilah yang mendasari penggunaan kata “asalkan” sebagai kata benda.

Begitu menginjakkan kaki di pintu masuk, Anda akan langsung disuguhi hamparan pasir putih yang luas sejauh mata memandang.

Pantai ini berbeda dari kebanyakan pantai gunungkidul. Jika di pantai lain umumnya terdapat banyak batu karang, sebenarnya pantai ini sangat langka.

Pasirnya halus. Untuk membersihkan. Tidak ada bebatuan sehingga sangat nyaman untuk diduduki atau tidak melukai telapak kaki dengan menginjaknya.

pantai-sepanjang-jogjainstagram.com/elsaprasepti87

Pantai Sepanjang juga menawarkan pesona keindahan bawah laut yang dihiasi dengan berbagai spesies ikan dan biota laut.

Airnya bersih dan jernih, sehingga kita bisa menikmati keindahan ini langsung dari permukaannya.

Namun karena di pantai ini ombaknya sangat besar seperti tipikal kebanyakan orang pantai selatan Yogyakartajadi untuk berenang harus hati-hati bahkan sangat tidak disarankan.

Namun liburan di Pantai Sepanjang bisa kita isi dengan kegiatan lain yang lebih seru dari sekedar berenang.

Di bawah ini kami akan membahas beberapa kegiatan wisata yang bisa kita lakukan di pantai ini.

Mitos Pantai Panjang

Belum ada cerita dari masyarakat atau wisatawan tentang mitos yang ada di pantai ini. Hanya saja di sekitar pantai ini terdapat situs sejarah bernama Banyusepuh.

Situs ini pernah dikatakan sebagai tempat permandian peninggalan orang-orang suci kuno.

Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak, tetapi keberadaan situs ini sekarang sulit ditemukan karena tidak didukung oleh masyarakat atau pengelola Pantai Sepanjang.

Namun menurut beberapa orang, situs tersebut bisa ditemukan sekarang jika ingin bertanya kepada masyarakat di mana letaknya.

Masih menurut beberapa sumber, situs tersebut tak lebih dari kawasan kering yang ditumbuhi tumbuhan atau pepohonan liar.

Atraksi dan aktivitas wisata

Seperti yang kami tulis di atas, pantai ini bukanlah tempat yang aman untuk berenang. Padahal di sana kita bisa melakukan aktivitas lain yang tak kalah seru.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang tidak boleh dilewatkan selama kunjungan Anda Menyusuri Pantai Gunung Kidul :

tempat foto

sepanjang pantai yang indahinstagram.com/zhee_fatimah

Ada banyak tempat gambar yang kami dapat mengeksplorasi di pantai ini. salah satunya adalah tempat foto kursi yang dihiasi ornamen berbentuk hati ini.

Jumlahnya tidak satu melainkan tersebar di beberapa tempat di pantai sehingga Anda tidak perlu mengantri untuk mendapatkan giliran berfoto.

Santai

Duduk santai menikmati deburan ombak di Pantai Sepanjang juga tidak terlalu buruk.

Anda bisa memilih tempat yang sedikit teduh, misalnya di bawah pohon sambil bercengkrama dengan teman ditemani oleh beberapa snack dan minuman non alkohol.

Berkemah

Seperti dalam Pantai Wediombodi pantai ini juga terdapat area berkemah yang cukup luas. Jika Anda memiliki waktu liburan yang cukup lama, Anda bisa bermalam di kawasan tersebut berkemah dengan turis lain.

Kegiatan malam hari di kawasan tersebut berkemah biasanya dilewati wisatawan yang sedang membakar api unggun.

Berjalan di pantai

berkemah di pantaiinstagram.com/febriantoyoga23

Garis pantai yang panjang dan pasir yang lembut cukup menggoda untuk dijelajahi.

Cobalah untuk menikmati belaian lembut angin sepoi-sepoi saat Anda berjalan-jalan santai di sepanjang pantai.

Biar makin seru, kalau punya jangan lupa bawa kamera karena nanti pasti ketemu objek foto yang sayang kalau nggak diabadikan.

Berselancar

Kegiatan ini khusus bagi Anda yang memang memiliki hobi dan kemampuan berselancar. Ombak besar namun lembut di Pantai Sepanjang adalah surga bagi para peselancar.

Jadi jika Anda punya keterampilanjangan lupa bawa perlengkapan surfing dan taklukan ombak di pantai ini.

Baca juga : Pantai Parangtritis

Matahari terbenam

mitos-pantai-bersamainstagram.com/baby_cb234

Banyak wisatawan yang sengaja menunggu hingga sore hari untuk menikmati keindahannya matahari terbenam di pantai panjang.

Momen sunset ini biasanya banyak dicari sebagai objek foto dan juga sebagai background foto.

Saat hari mulai sore, para pemudik berkumpul dan mempersiapkan apa saja yang bisa digunakan untuk memaksimalkan momen tersebut.

Baca juga : Pantai Sundak

Kuliner

Berlibur di pantai belum lengkap tanpa mencicipi menu kuliner yang dijual di warung-warung yang bertebaran di sekitar pantai.

Selain harganya yang tidak terlalu mahal, pilihan menunya juga beragam dan tentunya didominasi menu seafood seperti ikan bakar dan ikan goreng.

Alamat di sepanjang pantai

Pantai ini terletak di Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk menuju tempat tersebut dari pusat kota Jogja, kita harus menempuh jarak minimal 59 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Arah ke lokasi

jalan-jalan-ke-pantai-sepanjang-jogjainstagram.com/rizkik.efendi

Saat ini berjalan ke pantai panjang cukup baik dan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk rute menuju tempat, Anda juga bisa menggunakan berbagai pilihan rute tergantung lokasi atau arah kedatangan Anda.

Misalnya, jika Anda datang dari kota Jogja, salah satu jalur yang bisa ditempuh adalah dari Jogja ke Piyungan kemudian akses ke desa Mulo melalui kawasan Patuk dan Wonosari.

Setelah sampai di desa Mulo, lanjutkan ke arah Tepus dan ambil jalan menuju Pantai Indrayanti dilanjutkan ke pantai Krakal dan akhirnya anda akan sampai di pantai Sepanjang.

Anda tidak perlu khawatir kesulitan menemukan lokasi ini di pantai, karena Anda akan menemukan banyak rambu jalan di sepanjang jalan.

Baca juga : Pantai Glagah yang indah di Jogja

Jam operasional

Pantai Gunungkidul umumnya buka setiap hari selama 24 jam. Begitu juga dengan Pantai Sepanjang yang bisa Anda kunjungi kapan saja dan kapan saja sesuai keinginan.

Hari Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Tiket masuk sepanjang pantai

tiket-masuk-ke-pantaiinstagram.com/attalajagad

Pantai ini bisa kita nikmati dengan biaya yang sangat murah yaitu hanya dengan membeli tiket masuk seharga Rp 10.000 saja.

Selain murah, tiket masuknya juga sudah termasuk tiket untuk menikmati dua pantai lain yang berada di kawasan yang sama dengan Pantai Sepanjang, yaitu Pantai Krakal dan Pantai Sundak.

Lalu di area parkir kita juga akan dikenakan biaya yang masih relatif murah yaitu Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp.10.000
Parkir hanya untuk sepeda motor Rp.3000
Tempat parkir mobil Rp.5000

Fasilitas umum

Fasilitas penunjang kenyamanan pengunjung juga cukup lengkap di pantai ini. Selain tempat parkir juga terdapat toilet, kamar mandi, mushola, tempat duduk, gazebo, warung makan dan toko. suvenir Mudah.

Penginapan di Pantai Sepanjang

akomodasi-pantaiinstagram.com/listyawidi

Selain tinggal di daerah tersebut berkemahwisatawan yang ingin menikmati malam di hunian yang lebih mewah juga bisa menyewa villa atau bentuk akomodasi lain yang tersebar di sekitar pantai.

Beberapa tempat menginap antara lain Villa Tentrem Sepanjang Beach, Indraprastha Inn, Embunsegoro Homestay dan Kalpilon Indah Cottage.

Selain harga sewa yang relatif murah yaitu berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per malam, penginapan di atas juga terletak hanya beberapa kilometer dari lokasi pantai.

Pantai yang dekat dengan Pantai Sepanjang

Di Gunungkidul masih banyak pantai lain yang terletak tidak jauh dari pantai Sepanjang. Yang terdekat adalah Pantai Krakal dan Pantai Sundak.

Selain itu di sekitarnya juga terdapat Pantai Indrayanti, Pantai Drini, Pantai Nglolang, Pantai Ngandong, Pantai Siungdan Pantai Baron yang bisa kita jelajahi.

pantai-dekat-pantaiinstagram.com/deliarevalabibah

Baca juga : Tempat Wisata Romantis di Jogja

Pantai panjang Jogja merupakan salah satu alternatif wisata pantai yang bisa anda pilih jika berlibur di kawasan Gunungkidul. Walaupun Anda masih belum puas dengan apa yang ditawarkan pantai ini, Anda masih memiliki banyak pilihan pantai lainnya tanpa harus menempuh perjalanan terlalu jauh.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button