Pantai Ngurbloat, pantai pasir putih eksotis yang indah di Maluku - WisataHits
wisatahits

Pantai Ngurbloat, pantai pasir putih eksotis yang indah di Maluku

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Wisata Ngilngof, Kec. Manyeuw, Kab. Maluku Tenggara, Maluku; Kasus: Verifikasi lokasi

Berlibur ke Maluku belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi destinasi pantai yang terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya, yaitu Pantai Ngurbloat di Maluku Tenggara. Pantai indah ini dikenal sebagai pantai dengan pasir putih terbaik di Asia bahkan dunia. Maka tak heran jika pantai pasir putih ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi.

Pantai yang terkenal dengan butiran pasir seperti tepung ini dijuluki Pantai Pasir Panjang. Nama “Ngurbloat” berasal dari bahasa Kei yang berarti pasir panjang. Dikatakan panjang karena hamparan pasir putih pantai ini mencapai hingga 5 KM. Lokasinya berada di kawasan desa Ngilngof, sekitar 17 km dari kota Langgur.

Selain keindahan pantainya, ada beragam wisata yang ditawarkan oleh pantai eksotik ini, yaitu keindahan alam, kuliner yang nikmat, kesenian tradisional masyarakat setempat dan juga budayanya. Penasaran dengan kecantikannya? Sudah tidak sabar untuk bermain di pasir? Simak ulasan Pantai Ngurbloat berikut ini

Daya tarik yang dimiliki Pantai Ngurbloat

Objek Wisata Pantai NgurbloatKredit gambar: Google Maps Rikhardus Tanlain

1. Pasir putih seperti tepung

Daya tarik utama Pantai Ngurbloat adalah keindahan pasir putihnya yang membentang sepanjang pantai sepanjang 5 kilometer. Pasir putih ini begitu terkenal karena tekstur pasirnya yang sangat halus sehingga dianggap tepung. Pengunjung dapat berjalan-jalan santai di sepanjang pantai sambil menikmati keindahan laut.

2. Spot foto yang menarik dan ikonik

Spot foto juga disediakan oleh pihak pengelola dan menjadi daya tarik pengunjung untuk mengabadikan momen di pantai. Spot foto tersebut antara lain tulisan “NGURBLOAT Beach” dengan warna merah dan kuning yang kontras dengan warna background pantai dan langit, serta tulisan “I Love Kei”.

3. Menunggu matahari terbenam yang indah

Pemandangan matahari terbenam di pantai Ngurbloat tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Keindahan sunset berpadu dengan jernihnya air laut dan indahnya hamparan pasir putih akan membuat Anda serasa melihat sunset yang jelas berbeda. Di pinggir pantai juga terdapat dermaga yang akan menambah kesan indah saat sunset.

4. Air laut yang landai dan ombak yang tenang, sangat cocok untuk berenang

Pergi ke pantai tidak lengkap jika Anda tidak menikmati berenang. Daya tarik selanjutnya dari pantai hits ini adalah air lautnya yang landai hingga ratusan meter dengan ombak yang sangat tenang. Kondisi air laut yang surut akan membuat pasir pantai yang basah seperti hamparan luas dengan pantulan sinar matahari.

5. Mudah mendapatkan air tawar

Setelah bermain di air laut yang asin, tubuh Anda akan terasa tidak nyaman dan perlu segera dibilas. Daya tarik selanjutnya dari pantai menawan ini adalah mudahnya pengunjung menemukan sumber air di sekitar pantai. Sumber air ini memiliki air yang lembut dan tentunya sangat segar.

6. Pantai bersih dengan penduduk yang ramah

Kepekaan warga sekitar terhadap kebersihan harus diapresiasi. Selama mata memandang ujung tak akan melihat sampah berserakan. Apalagi penduduk setempat juga sangat ramah terhadap wisatawan. Kedepannya, manajemen akan menyelenggarakan perjalanan yang terorganisir secara langsung ke desa Ngilngof. Di mana wisatawan bisa tinggal bersama penduduk.

7. Akomodasi bergaya tropis kelas dunia

Sebagai wisata pulau, akomodasi adalah suatu keharusan. Pengelolaan pantai terus berkembang berkaitan dengan struktur akomodasi ini.

Dahulu yang hanya berupa vila atau rumah panggung bergaya tropis kini telah menjadi penginapan berstandar internasional yang tidak ada bandingannya dengan penginapan lain di pesisir pantai Dunia.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pantai NgurbloatKredit Gambar: Google Maps Octovianus Salipadang

Alamat Pantai Ngurbloat secara administratif terletak di Desa Wisata Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Pantai indah ini masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Wisatawan dari luar Kepulauan Maluku atau Sulawesi harus terlebih dahulu transit melalui Bandara Kota Ambon, Maluku atau Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Setelah itu wisatawan dapat melanjutkan penerbangan menuju Bandara Langgur yang terletak di Desa Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Pulau Kei Kecil.

Jalan menuju lokasi pantai. Desa wisata Ngilngof berjarak sekitar 23 km dari Bandara Karel Sadsuitubun Langgur adalah ibu kota Kabupaten Maluku Tenggara. Pengunjung membutuhkan waktu sekitar 35 menit dari bandara untuk sampai ke lokasi pantai di Pulau Kei ini.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai NgurbloatKredit gambar: Google Maps Ronald Tethool

Untuk bisa menikmati keindahan pantai pasir putih ini, pengunjung dari luar Pulau Kei harus menempuh perjalanan darat untuk sampai ke pulau ini. Harga tiket pesawat ke Pulau Kei bervariasi tergantung pilihan maskapai yang digunakan.

Tarif masuk pengunjung pantai Ngurbloat hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang untuk hari itu. Sedangkan tarif parkir kendaraan Rp 5.000 per mobil dan Rp 3.000 untuk parkir sepeda motor. Harga tersebut tidak lagi dibebankan kepada pengunjung yang telah memesan paket wisata.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai dan sekitarnya dapat memutuskan untuk bermalam di vila atau kampus yang disediakan pengelola. Harga sewanya bervariasi sesuai dengan fasilitas yang akan didapatkan. Rasakan paket wisata lengkap di Pulau Kei saat Anda bermalam di sana.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Ngurbloat

Kegiatan Wisata Pantai NgurbloatKredit gambar: Google Maps Rikhardus Tanlain

1. Permainan pasir

Daya tarik utama dari pantai yang indah ini adalah pasirnya yang putih sehalus tepung, pengunjung bisa menikmati sensasi bermain pasir yang berbeda tentunya. Cobalah membangun istana pasir, mengubur diri di pasir, mengukir kata di pasir, dan aktivitas lain untuk menjelajahi pasir pantai yang halus.

2. Jalan-jalan sesekali

Jika tak ingin kotor dengan pasir pantainya, pengunjung bisa menikmati hembusan angin laut sambil berjalan-jalan di sepanjang tepian Pantai Ngurbloat. Angin sepoi-sepoi yang tenang, butiran pasir putih yang berkilau dan suara ombak yang tenang akan membuat pikiran Anda damai. Jalan-jalan di pantai juga bisa menjadi salah satu cara untuk berolahraga, lakukan di pagi atau sore hari.

3. Ambil foto Ria

Keberadaan spot foto yang telah disediakan oleh pihak pengelola tentunya tidak boleh dilewatkan. Cobalah berbagai gaya berpose unik untuk mengisi feed Instagram Anda agar semakin berkesan saat liburan. Manfaatkan juga momen sunset agar hasil foto menjadi aesthetic. Terdapat sebuah dermaga yang akan menjadi background foto saat anda berada di pantai Pasir Panjang.

4. Berenang

Berenang adalah kegiatan yang harus dilakukan pengunjung di pantai yang indah ini. Air laut yang landai dan ombak yang tenang menjadi kombinasi sempurna untuk berenang. Air pantai yang jernih tidak perlu diragukan lagi. Setelah berenang, jangan lupa bilas dengan air tawar yang segar.

5. Snorkeling dan Menyelam

Kegiatan snorkeling dan diving juga tidak boleh dilewatkan, pantai eksotik ini menjadi rumah bagi berbagai jenis biota laut yang unik dan menarik. Keindahan pantai bawah laut yang menjadi ikon wisata Maluku Tenggara tidak perlu diragukan lagi. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat biota laut yang indah di pantai yang menawan ini.

6. Kuliner

Wisata kuliner yang bisa dicoba di Pantai Ngurbloat. Ada berbagai jenis makanan enak di pantai cantik ini seperti pisang goreng, sayur lat, aneka olahan seafood, variasi minuman enbal dan ko haus yang akan menyegarkan tenggorokan.

7. Malam di tempat-tempat eksotis

Bosan dengan rutinitas sehari-hari dan ingin mencari ketenangan di pulau, pengunjung bisa bermalam di akomodasi yang disediakan. Perasaan damai dan tenang akan tercapai dengan sapaan ombak. Kebaikan masyarakatnya, kesegaran pantainya akan membuat betah berlama-lama di sana.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai NgurbloatKredit gambar: Google Maps Hauke ​​​​Fabian Kegler

Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang tersedia di pantai menawan ini. Seperti fasilitas pada umumnya, terdapat tempat parkir yang luas, kamar mandi bersih dengan air tawar yang segar, spot foto menarik yang bisa diputar, tempat duduk warna warni dan berbagai fasilitas yang terus dikembangkan.

Fasilitas untuk bermalam atau menginap di pantai Ngurbloat sudah tidak diragukan lagi. Jenis akomodasi yang ditawarkan mulai dari villa hingga cottage bergaya tropis berstandar internasional dengan suasana teduh berpadu dengan pepohonan rindang dan pantai pasir putih yang indah.

Fasilitas yang tak kalah menarik adalah akses internet Wi-Fi gratis di sepanjang pantai yang dapat digunakan oleh semua pengunjung. Tentunya dengan adanya koneksi internet ini pengunjung tidak perlu khawatir ketinggalan berita luar dan tidak akan terjadi masalah kesulitan sinyal.

Itulah beberapa objek wisata di Pantai Ngurbloat yang dinobatkan sebagai pantai pasir putih terlembut di dunia, sekaligus menjadi destinasi unggulan di Maluku. Daya tarik pantai ini juga didukung oleh fasilitas yang disediakan pengelola. Kedepannya, pantai indah ini akan terus berinovasi untuk menciptakan pengalaman baru bagi para pengunjungnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button