Pantai Ngupload, permata tersembunyi di wilayah barat Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Pantai Ngupload, permata tersembunyi di wilayah barat Gunungkidul





Panggang, (pidjar.com) – Pernah mendengar atau mengunjungi Pantai Ngupload yang terletak di Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul? Mungkin belum banyak yang tahu tentang objek wisata ini. Pantai Ngupload bisa dibilang sebagai hidden gem Bumi Handayani, yang bisa menjadi tempat relaksasi bagi mereka yang merasa lelah dari sekolah, kuliah atau bahkan beban kerja.

Sabtu ini Pidjar.com akan sedikit membahas tentang Pantai Ngupload yang terletak di Klepu Padukuhan, Desa Giriwungu, Kapanewon Panggang. Pantai ini adalah tempat yang tersembunyi, tenang dan tidak banyak yang dilakukan. Yang datang, hanya yang suka petualangan. Biasanya para pelajar atau masyarakat tertentu ingin menikmati ketenangan pantai selatan.

Terletak di sisi barat, pantai ini didominasi oleh tebing. Dari atas Anda bisa melihat laut biru. Jika Anda mengunjungi Pantai Ngupload dalam waktu satu atau dua jam, sayang sekali, biasanya mereka yang datang ke sini untuk berkemah bersama teman-temannya.

Untuk menuju Pantai Ngupload membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 1 jam lebih lama karena jaraknya yang cukup jauh. Jika Anda dari arah Wonosari, ambil jalan JJLS Saptosari-Panggang. Ikuti jalan saat sampai di pertigaan SD Giriwungu atau Padukuhan Pejaten, belok kiri untuk memasuki kawasan pemukiman.

Jalan setapak mendominasi jalan menuju kawasan pantai ini. Ikuti saja jalan tersebut, setelah melewati pemukiman, Anda akan melewati areal persawahan dimana biasanya masyarakat setempat menggarap lahannya dari pagi hingga petang. Jalur yang sempit membutuhkan kehati-hatian ekstra, terutama jika Anda mengemudi.

Perjalanan melewati jalan beton dan cast heels memakan waktu sekitar 15-20 menit, lama tapi Anda akan dihadiahi dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Anda harus berhati-hati dengan beberapa tanjakan dan belokan karena cukup curam. Saat Anda mendekati area pantai, Anda akan disambut dengan daun kelapa yang bergoyang dan suara ombak yang semakin jernih. Dan Anda akan sampai di Pantai Ngupload, kekayaan Gunungkidul yang belum terjamah perkembangan berbagai pihak.

“Di Desa Giriwungu, kami memiliki 3 pantai dan salah satunya adalah Pantai Ngupload. Dari 3 pantai tersebut, 2 merupakan tebing yang tidak memiliki pantai dan satu memiliki pantai pasir putih,” kata Kepala Desa Giriwungu, Tulus.

Di sisi timur terdapat pantai berpasir putih yang bisa digunakan untuk beraktivitas. Tetapi untuk mencapai pantai membutuhkan energi ekstra, karena Anda harus melacak medan yang layak.

Perlahan-lahan, pemerintah desa dan masyarakat mulai memperhatikan pengembangan dan pengembangan potensi daerah ini. Mereka menyadari potensi yang luar biasa dan mampu menarik pengunjung, jika tidak diimbangi dengan infrastruktur yang memadai pasti akan sia-sia. Komunikasi dengan sejumlah pihak, baik pemerintah kabupaten, perwakilan rakyat atau anggota dewan, serta investor, juga dilakukan untuk bisa membangun kawasan yang bisa disebut sebagai hidden eye.

“Pengembangan tentu akan dilakukan untuk menarik lebih banyak pengunjung. Selama ini pengunjung umumnya memancing, berkemah dan memotret. Tapi alhamdulillah trails dan cast diskon tidak terlalu menyulitkan pengunjung dan masyarakat di sini dengan kondisi geografis seperti itu,” jelasnya.

Rasanya pengen banget menginap di pantai ini, suasananya begitu tenang dan benar-benar bisa merilekskan pikiran yang semrawut atau sibuk. Apalagi jika Anda bisa melihat betapa indahnya matahari terbit dan terbenam di tempat ini pada sore atau dini hari. Bermalam di pantai, bersahabat dengan alam yang masih sangat asli dan asri.

“Beberapa pertunjukan seni dan kegiatan lainnya akan digelar untuk merevitalisasi pantai ini,” pungkas Tulus.


Source: pidjar.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button