Pantai Laskar Pelangi Lumajang, pantai yang asri dan indah menawan hati - WisataHits
wisatahits

Pantai Laskar Pelangi Lumajang, pantai yang asri dan indah menawan hati

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Talsewu, Wotgalih, Kec. Yosowilangun, Kab. Lumajang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Laskar Pelangi merupakan salah satu tempat wisata di wilayah Lumajang Provinsi Jawa Timur. Pantai ini pernah mengalami masalah penambangan pasir yang dilakukan secara bebas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan merugikan masyarakat sekitar. Kini, berbagai upaya sedang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk pengelolaan pariwisata.

Upaya yang dilakukan warga antara lain membuka hutan pinus, membersihkan anak sungai pantai untuk kegiatan wisata, dan menyiapkan kolam buatan yang nantinya akan dibangun sebagai taman bermain bagi pengunjung. Setelah itu, warga juga menyiapkan bambu yang bisa digunakan untuk tempat duduk sambil menikmati keindahan pantai yang sepi.

Meski proses penataan pantai Laskar Pelangi cukup panjang, pemerintah dan masyarakat setempat tetap bersikeras menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata. Pemerintah berharap tempat wisata ini nantinya menjadi tempat liburan yang nyaman bagi wisatawan. Anda wajib mengunjungi tempat wisata tersembunyi seperti pantai ini dengan berbagai keunikannya.

Atraksi Pantai Laskar Pelangi

Atraksi Pantai Pasukan Pelangi LumajangKredit gambar: Google Maps Mohammad Habibi

1. Suasana Pantai yang Tenang

Pantai ini merupakan tempat wisata yang sepi dan membuat hati anda tentram saat berkunjung. Pantai ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menenangkan diri setelah lelah bekerja seharian dan membutuhkan udara segar untuk bersantai. Banyak tanaman hijau mendominasi pantai, yang membuat suasana semakin rindang.

Ada juga kursi dan meja bernuansa alam yang menempel permanen di lantai. Bangku dan meja terbuat dari kayu dan bambu. Anda bisa mengobrol dengan teman sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang datang kesana kemari dan dihembuskan oleh ranting-ranting pepohonan. Anda juga bisa duduk sambil menikmati makanan yang Anda bawa saat liburan.

2. Air Terjun

Daya tarik kedua Pantai Laskar Pelangi di Lumajang adalah keberadaan air terjun. Air terjun ini terletak di antara pertemuan pantai dan jalur sungai. Tempat ini bisa digunakan oleh wisatawan yang ingin menikmati segarnya air pantai.

Selain itu, wisatawan bahkan dapat menggunakan air untuk mandi. Ada juga yang memanfaatkannya untuk jasa armada kapal. Di dekat air terjun ini tidak terdapat ombak yang besar, sehingga kondisi air terjun sangat tenang dan aman bagi wisatawan. Ombak yang masuk hanya akan mencapai batas selatan pantai ini.

Ombak juga dibatasi oleh bukit pasir yang tinggi dan menghalangi masuknya gelombang. Area ini juga dapat digunakan untuk permainan anak-anak yang tidak akan menimbulkan resiko apapun.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Laskar Pelangi LumajangKredit gambar: Google Maps Mohammad Habibi

Alamat lokasi Pantai Laskar Pelangi berada di sebuah desa bernama Talsewu, Desa Wotgalih. Wilayah tersebut merupakan bagian dari Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini banyak dikunjungi warga untuk melakukan berbagai aktivitas yang biasa dilakukan masyarakat. Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan mencari rute menuju tempat wisata tepi laut ini.

Untuk rute menuju lokasi wisata, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Karena di kawasan Lumajang banyak terdapat angkutan umum darat yang memadai. Anda hanya perlu naik bus atau angkutan umum lainnya dari pusat kota Lumajang ke tempat tujuan Anda. Anda juga dapat mengakses lokasi ini menggunakan transportasi online yang umum digunakan.

Harga tiket masuk wisata pantai

Tiket Pantai Laskar Pelangi LumajangKredit gambar: Google Maps Mohammad Habibi

Tiket masuk Pantai Laskar Pelangi tidak dipungut biaya alias gratis. Jam bukanya juga buka 24 jam sehari untuk semua wisatawan. Tentunya hal ini memudahkan para wisatawan yang hanya ingin berlibur seharian, bermalam atau berniat berkemah di tempat wisata ini.

Anda juga bisa datang pada pagi atau sore hari untuk menikmati panorama alam. Sedangkan untuk biaya liburan di tempat wisata ini setidaknya Anda harus menahan biaya hingga ratusan ribu rupiah. Ini hanya termasuk dalam biaya makanan dan transportasi.

Sedangkan jika anda dari luar kota atau luar pulau jawa dan ingin menginap dekat dengan pantai akan dikenakan biaya tambahan. Untuk paket liburan selengkap itu, Anda akan dikenakan biaya hingga dua juta rupiah.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Laskar Pelangi

Aktivitas Pantai Pasukan Pelangi LumajangKredit gambar: Google Maps Mohammad Habibi

1. Ambil gambar

Berfoto merupakan hal yang wajib dilakukan oleh anak muda di era modern ini. Dimanapun pengunjung akan mengambil potret diri sebagai oleh-oleh bahwa anda pernah mengunjungi suatu tempat wisata. Selain berfoto sendiri, banyak pengunjung yang hanya memotret pemandangan alam yang indah sebagai upaya agar liburan lebih berkesan.

Saat liburan ke pantai, tentunya banyak spot foto di setiap sudut destinasi wisata. Anda dapat mengambil foto instan sambil menikmati gemericik air, mengambil foto saat matahari terbit, atau mengambil foto saat matahari terbenam. Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan hijau tinggi yang tumbuh di sekitar pantai. Anda juga dapat berbagi foto di jejaring sosial untuk menarik pengunjung lain.

2. Berenang

Menghabiskan liburan di Pantai Laskar Pelangi pasti tidak akan menyenangkan jika hanya duduk manis menikmati keindahan pantai. Anda harus berenang untuk menikmati deburan ombak dan jernihnya air laut. Anda bisa membawa perlengkapan renang yang lengkap dengan mempersiapkannya terlebih dahulu dari rumah sebelum pergi berlibur. Akan lebih menyenangkan jika Anda pergi berlibur berenang bersama keluarga dekat.

Anda juga bisa berenang bersama teman-teman yang membuat suasana liburan semakin seru. Namun, Anda harus menghormati aturan mandi yang berlaku di pantai. Anda hanya bisa berenang sampai batas tertentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berenang melindungi diri dari bahaya yang muncul di pantai.

3. Memancing

Aktivitas lain yang harus Anda lakukan di tempat wisata ini adalah memancing. Anda bisa memancing di pantai dan mendapatkan banyak tangkapan ikan secara gratis. Tentu Anda sangat menyukainya. Anda hanya perlu membakar ikan dan menikmatinya secara gratis sambil mengagumi keindahan pantai. Jadi Anda tidak perlu membeli jajanan di liburan pantai Anda.

Anda juga bisa berbagi dengan keluarga, teman atau wisatawan lain saat memasak ikan untuk dinikmati bersama. Aktivitas membakar ikan ini akan terasa lebih nikmat jika dilakukan pada malam hari.

Suasana udara yang dingin akan terasa hangat saat menikmati ikan bakar yang memiliki bau yang sedap. Liburan akan lebih bermakna ketika Anda melakukan kegiatan seperti ini.

4. Menonton Tari Barong

Pantai Laskar Pelangi wajib Anda kunjungi saat acara tahun baru, selain mengadakan pesta kembang api yang dinyalakan di sekitar pantai seperti biasanya, pantai ini juga menyelenggarakan acara-acara khusus. Anda bisa menyaksikan tarian barong khas Jawa Timur yang akan menghibur wisatawan. Acara tari barong ini biasanya diadakan oleh warga pada saat acara malam tahun baru di sekitar pantai.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar Pantai Laskar PelangiKredit gambar: Google Maps Melvin Z Firdaus

1. Hotel, Restoran, dan Kamar Gajah Mada

Gajah Mada Hotel ini terletak di kota Lumajang. Jarak antara hotel dan tempat wisata cukup jauh, sekitar 22 kilometer. Hotel ini memiliki bentuk yang sangat mewah dan bersih. Fasilitas yang tersedia di hotel ini antara lain kamar double, AC, toilet pribadi dan fasilitas umum lainnya. Anda bisa menginap di hotel ini jika ingin berlibur dengan fasilitas yang nyaman untuk beristirahat.

2. Dira Hotel Kencong

Dira Hotel Kencong adalah hotel dengan desain unik dimana Anda akan tinggal seperti di rumah dongeng. Bentuk hotel ini memiliki desain bangunan yang berwarna-warni yang membuat Anda semakin tertarik dan memilih untuk beristirahat di hostel ini. Hotel ini memiliki kamar deluxe yang besar, lemari pakaian, toilet dan tempat parkir yang luas.

3. Keluarga Griya Bunda

Griya Bunda Family merupakan hostel dekat pantai Laskar Pelangi berbentuk rumah sederhana dan bersih. Hostel ini memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan hostel lainnya. Walaupun tidak memiliki fasilitas yang lengkap seperti hotel, hostel ini memiliki harga yang sangat murah yaitu 150.000 rupiah untuk setiap malamnya.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas yang tersedia di area pantaiKredit gambar: Google Maps Fathur Rohman

Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai masih sederhana dan cukup umum untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung yang datang. Fasilitas umum tersebut antara lain tempat duduk untuk istirahat, toilet umum, dan warung-warung kecil yang menjual aneka jajanan kepada wisatawan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai lokasi wisata Pantai Laskar Pelangi yang ada di kota Lumajang. Jadi, ketika Anda berkunjung ke Jawa Timur, khususnya kota Lumajang, Anda wajib mengunjungi pantai yang selalu memiliki suasana asri ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button